• 25 September 2019, 10:00 am
  • Universitas Gadjah Mada

Yogyakarta (02/05) – YouSure Fisipol UGM bersama Kemenpora RI dan BRI kembali menyelenggarakan gelaran Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) UGM tahun ini. Tahun ini merupakan tahun keempat penyelenggaraan Soprema, sekaligus wujud nyata komitmen YouSure dalam memajukan serta mengembangkan potensi para sociopreneur muda Indonesia. Dengan tagline “Express Your Creative Passions”, Soprema UGM 2019 mengajak para pegiat sociopreneur muda Indonesia untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selain itu yang menarik, tahun ini Soprema memiliki lima rangkaian kegiatan, yaitu Inkubasi, Kompetisi Sociopreneur Muda, Expo, Seminar, dan Lomba Vlog Sociopreneur Nasional. Lomba Vlog Sociopreneur Nasional merupakan inovasi baru dari Soprema UGM 2019 untuk menggali potensi siswa/i SMA se-Indonesia pada bidang kewirausahaan sosial di Indonesia. Rangkaian gelaran Soprema UGM 2019 yang dimulai pada hari ini (02/05) diawali dengan pembukaan pendaftaran untuk kegiatan kompetisi sociopreneur muda dan lomba vlog sociopreneur nasional. Pendaftaran dibuka mulai hari ini hingga 30 Agustus mendatang, serta dilakukan secara daring melalui situs resmi Soprema UGM 2019 yaitu http://soprema.fisipol.ugm.ac.id.

Advertisement

Untuk kategori kompetisi sociopreneur, kategori lomba dibagi menjadi dua, yaitu Kick-Off untuk usaha dengan usia di bawah satu tahun, dan Start-Up untuk usaha dengan usia 1-3 tahun. Selain itu, tema yang diangkat dalam kompetisi Soprema cukup beragam meliputi Teknologi dan Jasa, Pertanian dan Kemaritiman, Ekologi dan Pariwisata, serta Industri Kreatif.

ahun ini Soprema UGM 2019 menargetkan peserta dari seluruh Indonesia, setelah tahun lalu berhasil menjaring peserta dari 31 provinsi di seluruh Indonesia. Secara teknis, peserta akan disaring menjadi 60 tim yang nantinya akan melakukan presentasi di hadapan para juri pada puncak gelaran Soprema UGM 2019, tanggal 12-14 November 2019.

Gelaran Inkubasi juga tidak luput dari Soprema UGM tahun ini. Inkubasi ini merupakan bentuk nyata komitmen Soprema UGM untuk terus mengembangkan potensi kewirausahaan sosial muda dengan cara melakukan pendampingan intensif kepada para sociopreneur muda. Melalui kegiatan ini, diharapkan para sociopreneur muda dapat memperoleh ruang untuk mematangkan gagasan dan ide, serta memperluas jejaring dan peluang kerja sama dengan sociopreneur muda lainnya maupun para investor.

Advertisement

Peserta Inkubasi merupakan finalis Soprema UGM dari tahun-tahun sebelumnya. Inkubasi akan dilaksanakan dalam dua batch, yaitu batch pertama tanggal 25-26 September 2019, dan batch kedua tanggal 12-14 November 2019. Peserta akan mengikuti rangkaian acara yang terdiri dari social mentoring, sharing session, inspiring session, dan workshop. Dengan menghadirkan para sociopreneur berpengalaman, diharapkan para peserta Inkubasi dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnis kewirausahaan sosial yang telah digagas.

Rangkaian acara Soprema UGM 2019 diharapkan dapat menjadi wujud kontribusi positif dunia akademik dalam menyelesaikan persoalan sosial yang dihadapi pemuda Indonesia. Soprema UGM 2019 diharapkan dapat menjadi media untuk mendorong penciptaan dan pengembangan gagasan-gagasan serta bisnis kewirausahaan sosial oleh pemuda dalam mewujudkan kesejahteraan di Indonesia.

Tentang Soprema

Pusat Kajian Kepemudaan atau Youth Studies Centre (YouSure) Fisipol UGM bekerja sama dengan PT. Visitama Tujuh Belas telah mengadakan rangkaian acara bagi sociopreneur muda tingkat nasional sejak tahun 2016 dalam rangka membina semangat sociopreneurship di Indonesia. Dalam tiga tahun terakhir ini, Soprema mengadakan acara kompetisi dengan pendaftar berasal dari 31 provinsi di Indonesia. Selain kompetisi, Soprema juga menggelar acara expo dan seminar yang setiap tahun berpusat di Yogyakarta. Dengan motto Express Your Creative Passions, diharapkan Soprema mampu menyalurkan dan membina jiwa sociopreneurship pemuda di Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan bagi Indonesia.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi:

Isvi Mega Kurnia – Media Relations

WhatsApp: 082254067970/0856 02260052

Website: soprema.fisipol.ugm.ac.id

Twitter @soprema_ugm | Facebook Soprema UGM

Instagram @soprema_ugm | [email protected]: @soprema_ugm

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya