• 12 November 2018, 10:00 am
  • Yogyakarta

Yogyakarta – Rangkaian gelaran Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) 2018 yang diselenggarakan oleh YouSure (Youth Studies Centre) Fisipol UGM telah mencapai puncaknya. Berbagai rangkaian acara akan dilaksanakan mulai Senin, 12 November 2018 hingga Rabu, 14 November 2018 mendatang di kampus Fisipol UGM dan Wisma MM UGM. Ada empat kegiatan utama yang akan dilaksanakan pada puncak pelaksanaan Soprema 2018, yaitu kompetisi, inkubasi, expo, dan seminar.

Acara dibuka pada Senin, 12 November 2018 dengan registrasi ulang peserta kompetisi dan inkubasi di Wisma MM UGM dan pembukaan expo sekaligus press conference pukul 09.00 WIB di Selasar Barat Fisipol UGM. Setelah itu, rangkaian kegiatan hari pertama ditutup dengan malam ramah-tamah dan pertemuan teknis dengan para peserta kompetisi dan inkubasi di Wisma MM UGM. Tercatat para peserta kompetisi dan inkubasi bisnis Soprema 2018 berasal dari Pulau Sulawesi, Maluku, Sumatera, Nusa Tenggara, Kalimantan, dan Jawa. Peserta program inkubasi bisnis ini seluruhnya merupakan finalis Soprema dan kompetisi sociopreneur lain di tahun sebelumnya, dan telah mengikuti inkubasi tahap pertama yang dilaksanakan pada September lalu.

Advertisement

Hari kedua yaitu Selasa, 13 November 2018 akan diisi oleh presentasi babak semi-final oleh peserta kompetisi Soprema 2018 dan inspiring session untuk para peserta inkubasi tahap 2 di Auditorium Fisipol lantai 4. Pada saat yang bersamaan juga diadakan Expo Soprema 2018 yang dibuka selama tiga hari berturut-turut mulai pukul 08.00 WIB setiap harinya di Selasar Barat Fisipol UGM. Dalam pelaksanaan expo, terdapat berbagai pameran bisnis dan hiburan berupa jamming session. Terdapat pula talkshow Kongkow Bisnis bersama Geronimo FM yang diadakan pada Selasa, 13 November 2018 pukul 10.00 WIB di Selasar Barat Fisipol UGM. Kongkow Bisnis ini terbuka untuk umum, dengan pembicara dari Kuncup dan Waroeng Seni Indonesia.

Kemudian, dilanjutkan dengan Seminar Nasional bertajuk “Akselerasi Wirausaha Sosial Muda di Era Disrupsi Digital” yang diadakan pukul 13.00 WIB di Auditorium Fisipol Gedung BC lantai 4. Seminar tersebut akan menghadirkan Bapak Imam Nahrawi (Menpora RI)*, Dr. Suprajarto (Direktur Utama Bank BRI)*, Dedy Permadi (Direktur Pelaksana Center for Digital Society), dan Goris Mustaqim (Presiden ASGAR MUDA Foundation). Rangkaian acara hari kedua ditutup dengan makan malam bersama dengan para peserta kompetisi dan inkubasi tahap 2, serta pengumuman finalis kompetisi Soprema 2018.

Selanjutnya, rangkaian acara hari ketiga dibuka dengan presentasi final oleh para finalis kompetisi Soprema 2018 di Ruang Seminar Timur dan BA 201 Fisipol UGM pukul 08.00 WIB. Pada saat yang bersamaan, peserta inkubasi tahap 2 diberikan kesempatan untuk pitching di hadapan para investor, dan para semifinalis kompetisi Soprema 2018 yang tidak lolos ke final berhak untuk mengikuti coaching clinic bersama para praktisi dan akademisi di bidang sociopreneur. Terdapat pula Birema Corner, yaitu talkshow yang mengangkat tema Sociopreneur Milenial: Kolaborasi Ide Bisnis Sosial di Era Digital bersama Fathin Naufal Nur Islam (CEO Gifood) dan Andreas Senjaya (CEO iGrow). Birema Corner diadakan mulai pukul 09.00 WIB di lokasi Expo Soprema 2018, yaitu Selasar Barat Fisipol UGM. Puncak gelaran Soprema 2018 ditutup dengan Awarding Night & Closing Ceremony yang diadakan pada pukul 18.00 WIB di Ruang Auditorium Fisipol lantai 4.

Advertisement

Seluruh rangkaian expo dan seminar Soprema 2018 terbuka untuk umum dan gratis. Jika berminat untuk menjadi peserta seminar, dapat melakukan registrasi melalui bit.ly/seminarSOPREMA2018 (tautan tertera pada Instagram @soprema_ugm). Untuk Birema Corner, jika tertarik menjadi peserta dapat melakukan registrasi melalui ugm.id/Birema6. Diharapkan Soprema 2018 dapat berkontribusi dalam menyelesaikan persoalan sosial yang dihadapi pemuda Indonesia saat ini serta mendorong terciptanya berbagai gagasan terkait dunia sociopreneur dan kesejahteraan sosial di Indonesia.

Tentang Soprema

Pusat Kajian Kepemudaan atau Youth Studies Centre (YouSure) FISIPOL UGM bekerja sama dengan PT. Visitama Tujuh Belas telah mengadakan rangkaian acara bagi sociopreneur muda tingkat nasional sejak tahun 2016 dalam rangka membina semangat sociopreneurship di Indonesia. Dalam dua tahun terakhir ini, Soprema mengadakan acara kompetisi dengan pendaftar berasal dari 29 provinsi di Indonesia. Selain kompetisi, Soprema juga menggelar acara expo dan seminar yang setiap tahun berpusat di Yogyakarta. Dengan motto Express Your Creative Passions diharapkan mampu menyalurkan dan membina jiwa sociopreneurship pemuda di Indonesia untuk mewujudkan kesejahteraan bagi Indonesia.

Contact Person:

Isvi Mega

Media Relations

Whatsapp 62- 822 – 5406 – 7970/62- 811- 2959- 606

LINE@ : @soprema_ugm | Email : publikasisoprema@gmail.com

Website : http://soprema.fisipol.ugm.ac.id

Facebook : Soprema Ugm | Twitter : soprema_ugm | Instagram : soprema_ugm

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya