Setiap manusia nggak akan bisa mangkir dari yang namanya panggilan alam. Eits… bukan alam mbah dukun lho ya, tapi panggilan buat buang hajat. Buang hajat adalah proses sekresi tubuh manusia dan pembuangan ampas zat tubuh. Apa yang kita makan melalui proses pencernaan yang panjang dan penyerapan gizi terlebih dahulu baru kemudian dikeluarkan dalam bentuk feses atau poop. 

Nyatanya nggak semua bentuk dan warna feses yang dikeluarkan oleh tubuh manusia itu sama jenisnya. Feses bisa berbeda-beda. Variasi jenis feses ini juga bisa jadi sebuah sinyal soal kondisi kesehatanmu lho. Meski bagi sebagian besar orang ngecek poop sendiri itu seringkali dianggap menjijikkan, tapi kebiasaan ini sebenarnya berguna untuk mengetahui kondisi kesehatanmu. Mulai dari kondisi tubuh yang prima, hingga kondisi tubuh yang sangat butuh pertolongan sebenarnya bisa terlihat dari tanda-tanda yang keluar bersama kotoranmu. Yuk simak apa aja jenis poop dan apa tandanya bagi tubuhmu. Jangan takut bakal lihat ilustrasi menjijikan, semua sudah dirangkum lucu oleh tim Hipwee News & Feature!

1. Poop yang sempurna! Nggak salah lagi kalau kamu sedang sehat dan makan makanan dengan gizi seimbang

Akulah yang paling sempurna, kayak lagunya Andra and the Backbone! via www.hipwee.com

Advertisement

Berdasarkan data yang dilansir dari Redbook, feses yang sempurna adalah yang terdiri dari 75% air dan 25% bakteri. Biasanya feses seperti ini berukuran sebesar pisang dan berwarna coklat terang.

2. Nah kalau yang ini adalah wujud poop atau feses yang normal. Meski nggak sempurna, tapi masih dalam batas wajar kok

Oke dear, nggak usah khawatir kalau menemuiku saat mau nyiram. Aw! via www.hipwee.com

Teksturnya lebih padat dari poop yang sempurna, namun masih mengandung air dan bakteri dalam jumlah yang seimbang. Artinya tubuh sedang sehat dan apa yang kamu makan juga tergolong baik. Selamat!

3. Ini wujud fesesmu ketika mengalami konstipasi alias susah buang air besar. Saatnya banyakin minum air dan makanan berserat

Oh tidak, kamu harus banyak makan serat, dear! via www.hipwee.com

4. Kalau yang kamu keluarkan adalah kotoran kecil-kecil dan sangat keras, hati-hati. Ini adalah tanda kamu konstipasi parah!

Plis banyak minum air putih dan makanan berserat kalau kamu sudah menemuiku… via www.hipwee.com

Banyakin minum air dan konsumsi serat ya. Ketika fesesmu berwarna gelap, keras, dan keluar kecil-kecil layaknya batu kerikil artinya sistem pencernaanmu sedang nggak bagus.

5. Sebaliknya nih, poop yang kecil-kecil tapi cenderung lembek dan berlendir artinya sistem pencernaanmu agak kurang baik. Mungkin kamu terlalu banyak makan makanan pedas

Duh, loyo! Kamu justru kebanyakan serat, dear! via www.hipwee.com

6. Ada juga saatnya kamu mengalami kondisi diare ringan. Kotoran yang dikelurkan bakal sangat lembek dan nggak berbentuk

Sebentar lagi kamu diare nih. Jaga pola makan ya! via www.hipwee.com

Advertisement

Ini terjadi karena kamu mengonsumsi terlalu banyak serat sehingga pencernaan terganggu. Banyak-banyak minum air dan konsumsi pisang bakal membantumu. Nah kalau gejala ini kamu alami lebih dari 2 hari, segera periksakan diri ke dokter.

7. Kalau cair begini, fix kamu kena diare. Segera minum obat atau periksa kedokter, jangan lupa buat istirahat yang cukup

Oh tidak, aku meleleh. Encer tak berbentuk! via www.hipwee.com

Diare adalah kondisi saat kamu mengalami keracunan makanan, infeksi bakteri, bahkan sakit. Minumlah banyak air putih biar cairan yang kamu keluarkan saat diare tergantikan. Jika dua hari nggak sembuh-sembuh maka kamu harus menemui dokter ya.

8. Poop juga bisa dibedakan berdasarkan warnanya lho. Warna putih menandakan kurangnya cairan empedu di tubuh

Huhuhu livermu perlu diperiksa, dear… via www.hipwee.com

Warna putih mengindikasikan masalah di liver dan kantung empedumu. Periksakan ke dokter ya biar bisa diobati.

9. Warna hijau menandakan kamu banyak makan sayuran yang mengandung klorofil. Bisa jadi juga tubuhmu mencerna terlalu cepat sehingga empedu tidak bekerja maksimal

Wow, doyan banget sayur ijo, neng! via www.hipwee.com

10. Nah kalau warnanya kuning kemungkinan tubuhmu buruk dalam menyerap lemak. Kemungkinan lainnya kamu makan terlalu banyak makanan berwarna kuning

Nggak selamanya karena kamu susah menyerap lemak, bisa karena pewarna juga nih! via www.hipwee.com

11. Feses warna hitam muncul waktu kamu banyak mengonsumsi obat-obatan layaknya aspirin, ibuprofen, dll. Tapi bisa aja lho karena makananmu mengandung banyak pewarna buatan

Hey kenapa sih kamu tega bikin aku hitam legam begini? via www.hipwee.com

13. Nah kalau warnanya merah, bisa jadi kamu kebanyakan konsumsi cabai, tomat, dan makanan berwarna merah. Tapi lain halnya kalau dibarengi darah dimana kamu harus hubungi dokter yah!

Brrr…! Panas nihhh, plis makan pedesnya yang wajar aja… via www.hipwee.com

Mengetahui kondisi tubuhmu sebenarnya nggak harus dengan bermacam tes medis dan langsung menanyakannya ke dokter. Tubuh kita dilengkapi ‘radar’ yang akan memberitahumu kapan saat tubuhmu sehat, kapan dalam kondisi nggak baik, dan kapan saat harus segera hubungi dokter. Jangan jijik dulu… bentuk, tekstur, dan warna fesesmu adalah informasi penting nan rahasia lho. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya