12 Barang Sehari-hari yang Harus Sering Diganti. Kalau Tidak, Bakteri Numpuk!

Siapa yang rajin ganti sisir rambut?! Mungkin nggak banyak. Padahal barang yang kita pakai tiap hari ini, seharusnya rajin diganti.

Advertisement

Yup bukan cuma dibersihkan, sisir rambut adalah salah satu barang sehari-hari yang sebenarnya harus diganti secara berkala. Itu merupakan pendapat ahli bakteri asal Inggris bernama Matthew Barbour. Penumpukan bakteri dari barang-barang yang kita pakai tiap hari ini bisa berdampak serius pada kesehatan lho.

Sayangnya kesadaran masyarakat akan hal ini sepertinya masih kurang. Sebagaimana dilansir dari The Sun, Barbour memberi tahu kita waktu ideal untuk mulai mengganti barang-barang seperti sisir, sikat gigi, pakaian dalam, sampai peralatan makan.

Biar nggak gatal-gatal atau terjangkit penyakit aneh-aneh. Buat yang penasaran, yuk simak ulasan Hipwee News & Feature kali ini!

Advertisement

1. Sisir

Barang yang harus sering diganti

Menurut studi dari Food And Drink Federation setiap 1 milimeter folikel rambut bisa mengandung puluhan ribu bakteri. Bayangin sisirmu seberapa banyak kuman di sana? via republika.co.id

Sisir seharusnya diganti 6 bulan sekali, studi mengatakan sisir lebih banyak mengandung banyak kuman dibanding wastafel dan toilet.

2. Alat cukur

Barang sehari-hari yang harus sering diganti

Pencukur kumis yang jarang diganti bisa sebabkan ruam di kulit. via AnakRegular.com

Alat cukur seperti untuk kumis atau jenggot perlu kamu ganti setiap 3 hari sekali. Alat cukur ini dapat menyebabkan iritasi, bayangkan kalau lupa diganti dan banyak kuman menempel…

3. Sikat gigi

Barang yang harus sering diganti

Sikat gigi yang nggak diganti kurang efektif membersihkan plak, lebih parah lagi sikat gigi bisa mengandung jutaan bakteri seperti kandida dan E.coli. via sookhongdds.com

Sikat gigi maksimal hanya bisa digunakan selama 3 bulan. Bakteri yang menempel bahkan bisa sebabkan beragam penyakit seperti Hepatitis B dan C

Advertisement

4. Sendok dari kayu atau sumpit

Barang yang harus sering diganti

Warna yang berubah gelap menunjukan ada indikasi bahwa kayu mengalami pembusukan. via lifestyle.liputan6.com%20

Peralatan makan dari kayu harus diganti setelah 5 tahun. Teksturnya yang mengandung banyak pori-pori bisa menjadi sarang bakteri saat kayu mulai membusuk

5. Sepatu

Barang yang harus sering diganti

Saat sepatumu mulai lapar, saat itu juga perlu diganti dengan lebih nyaman. via v8supercarsrock.DeviantArt.com

Semakin tua dan semakin usang sepatumu akan membawa penyakit seperti radang di telapak kaki sampai sakit punggung karena sudah nggak layak menopang tubuh saat berjalan.

6. Bra olahraga

Barang yang harus sering diganti

Konon kualitas bra untuk keamanan penggunanya hanya mampu bertahan selama 3 bulan saja. bener nggak sih? via AliExpress.com

Ganti bra olahraga setelah 3 bulan digunakan dan hindari mencuci bra olahragamu dengan detergen karena dapat merusak jaringan lycra yang ada pada bra.

7. Celana dalam

Barang yang harus sering diganti

Kebersihan alat vitalmu penting! via abudhabiwoman.com

Celana dalam jelas perlu kamu ganti setiap kali mandi. Keringat yang diserap celana dalam itu bisa jadi biang masalah jamur dan panu yang menjangkiti badanmu itu

8. Handuk

Barang yang harus sering diganti

Bakteri yang menyebar di handuk karena jarang dicuci bahaya buat kulitmu. via Shutterstock.com

Handuk paling tidak seminggu sekali, bakteri staphylococcus yang menempel pada handuk berbahya buat kulit mulusmu.

9. Sprei

Barang yang harus sering diganti

Sprei yang kotor mengganggu kualitas tidurmu lho… via bettersleep.org

Cepat ganti spreimu jika kamu pikir sudah cukup kotor, paling tidak kamu wajib ganti seminggu sekali biar tubuhmu terhindar dari bakteri berbahaya.

10. Selimut

Barang yang harus sering diganti

Beli selimut dengan kualitas untuk dicuci, biar gampang nyuci dan nggak perlu ganti. via mommyish.com

Selimut yang nyaman dipakai saat tidur mengandung bakteri seperti tungau yang dapat menyebabkan asma dan rhinitis. Baiknya kamu cuci separah-parahnya 6 bulan sekali.

11. Bantal

Barang yang harus sering diganti

Bantal dengan bahan sintetis cenderung memiliki banyak tungau. Beli yang katun dan dapat dicuci aja… via Carolin-Thomae.de

Ganti bantalmu yang empuk itu setelah 6 bulan sekali, karena sama halnya dengan selimut, bantal juga sarang bakteri yang serupa.

12. Kasur

Barang yang harus sering diganti

Biar bebas tungau, bersihkan sebelum dan seusai ditidurin ya… via NetDoctor.co.uk

Kasur perlu kamu ganti setelah paling tidak 8 tahun sekali karena pada periode tertentu kelembapan bisa sebabkan tungau berkembang menjadi jutaan jumlahnya.

Kasusnya kebiasaan-kebiasaan sepele di atas jarang sekali dilakukan dengan rajin dan rutin. Jadi nggak heran jika banyak penyakit seperti jamuran sampai gatal-gatal masih saja jadi penyakit yang mendera tubuh.

Apalagi di Indonesia yang merupakan negara dengan beriklim tropis sangat memungkinkan udara panas menimbulkan banyak keringat sumber perkembangan bakteri jika tidak dibersihkan rutin. Untuk itu kesadaran membersihkan diri dari kuman dan bakteri perlu ditekankan mulai sekarang, mulailah dari hal-hal di sekitar kita yang berpotensi timbulkan penyakit.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kertas...

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE