Dari sejak zaman masih pakai seragam putih merah, kita selalu diwanti-wanti buat membuang sampah pada tempatnya. Malah mungkin banyak yang sekolahnya menerapkan aturan denda bagi siapapun yang terciduk buang sampah sembarangan. Tapi semakin besar, rasanya prinsip “buang sampah pada tempatnya” ini semakin memudar. Memang nggak berlaku pada semua sih, masih banyak juga yang tetap pada prinsip anti buang sampah sembarangan.

Eh, tapi jangan salah, ternyata nggak sedikit lo orang yang mengaku pernah kepepet sampai terpaksa harus membuang sembarangan sampahnya. Bukannya mereka nggak paham sama konsep buang sampah di tempatnya. Menurutnya, keadaan lah yang mendorong mereka terpaksa melakukan tindakan tersebut. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 yang jatuh pada hari ini, 21 Februari, Hipwee News & Feature sudah mengumpulkan 15 pengakuan dosa orang-orang yang kepepet buang sampah sembarangan. Simak yuk, biar bisa jadi pelajaran.

1. Buang sampah sembarangan bisa diartikan berbeda oleh tiap-tiap orang. Ada yang meninggalkan sampah di meja restoran aja sudah dianggap buang sembarangan

Tapi selagi kita bisa membuangnya sendiri ke tong sampah, kenapa harus menunggu orang lain yang membereskan? Ya nggak? via otomotif.kompas.com

2. Hampir sama nih kayak pengalaman di atas, karena nggak ada tong sampah jadi bungkus makanannya ditinggal begitu aja di meja. Mau dibawa tapi jorok, soalnya sampah bekas saus

Selain nggak ada tempat sampah, jenis sampah yang basah juga jadi alasan orang meninggalkannya begitu aja di meja makan via otomotif.kompas.com

3. Hampir setiap festival musik, selalu dihiasi dengan pemandangan sampah berserakan. Mungkin ini salah satu alasannya: karena minim tempat sampah

Lahan bekas konser musik selalu jadi lautan sampah via otomotif.kompas.com

4. Memang kebayang sih gimana situasi saat konser berlangsung, hiruk pikuk, saling berimpitan, mau cari tong sampah harus menembus kerumunan. Pernah punya pengalaman sama?

Terjebak suasana crowded… via otomotif.kompas.com

5. Problematika soal sampah basah ini kayaknya memang sering dialami banyak orang. Niat hati mau menyimpan, tapi… kok ya… jijik…

Bingung buang dimana, kalau disimpan nanti bleber kemana-mana, duh, dilema! via otomotif.kompas.com

6. Apalagi kalau kondisi lagi buru-buru, mau cari tempat sampah dulu, cuma bakal makan waktu. Alhasil, dibuang aja di semak-semak. Wah!

Selagi bisa disimpan dulu, please, disimpan aja sampai betul-betul menemukan tong sampah via otomotif.kompas.com

7. Selama itu motor kamu sendiri sih, nggak masalah ya, asal bukan motor orang lain dan berjanji pada diri sendiri akan membuangnya di tong sampah nanti setelah benar-benar menemukan

Problematika pengendara motor yang sambil merokok via otomotif.kompas.com

8. Tapi ada juga nih yang enggan menyimpannya dulu, alasannya karena puntung rokok itu bau banget kalau disimpan. Hmm… harusnya sih sedia tempat sampah kecil di mobil gitu ya

Buang puntung rokok di jalan via otomotif.kompas.com

9. Ada juga yang pernah menyimpan bungkus plastik di bagasi depan motor, niatnya mau dibuang di tong sampah nanti setelah sampai di tujuan, eh malah terbang ketiup angin

Memang nggak memungkinkan sih, apalagi kalau jalannya pas ngebut di jalanan ramai kendaraan via otomotif.kompas.com

10. Mungkin kamu pernah juga mengalami kejadian refleks kayak gini? Di saat harus bersalaman sama orang, beneran nggak kepikiran buat menyimpan sampahnya dulu, eh akhirnya kebuang begitu aja…

Pernah mengalami kejadian serupa? via otomotif.kompas.com

11. Ketika rasa takut mengalahkan segalanya, mau buang sampah di tempatnya aja harus kebayang-bayang yang seram-seram dulu. Hadeeeh…

Buang sampah sembarangan karena takut hantu! via otomotif.kompas.com

12. Hmm… kalau ini sih karena usil aja nggak sih hahaha! Tapi kocak sih. Jangan-jangan kamu juga pernah??

Atau malah kamu korbannya? via otomotif.kompas.com

13. Bekas bungkus permen atau sampah-sampah kecil lainnya memang seringkali disepelekan sih. Tapi coba bayangkan kalau ada ribuan bahkan jutaan orang yang membuang sampah kecil ini sembarangan. Bisa jadi besar juga lo

Sampah sekecil apapun seharusnya dibuang ke tempat sampah ya Guys via otomotif.kompas.com

14. Hayo… siapa yang suka ikut-ikut orang membuang sampah di pojokan? Kalau bisa, disimpan dulu lah sampai rumah, baru dibuang ke tong sampah

Jangan ikut-ikut orang lo yaa via otomotif.kompas.com

15. Kalau kira-kira sampahnya bermanfaat buat makhluk hidup lain seperti kucing jalanan misalnya, mungkin sekali dua kali nggak apa-apa ya, hitung-hitung sedekah 😀

Ya kalau sampahnya daging begini, pasti habis sama kucing kampung sih yaa via otomotif.kompas.com

Advertisement

Kalau dilihat dari pengalaman-pengalaman di atas, kayaknya problem terbesar terkait sampah ini adalah masih minimnya tong-tong sampah yang tersedia, terlebih di tempat-tempat umum. Orang yang mungkin sudah punya prinsip nggak buang sampah sembarangan, cuma karena nggak ada tempat sampah, jadi terpaksa buang ke sembarang tempat. Apakah kamu punya pengalaman serupa? Share yuk, di kolom komentar!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya