Guantanamo Bay. Sebagian besar dari kamu mungkin udah pernah dengar nama itu. Selain muncul di headline berita, salah satu penjara yang dikenal paling kejam, sadis, dan mengerikan di dunia tersebut, juga seringkali disebut di berbagai film action maupun thriller. Penjara yang ditujukan khusus untuk tahanan kelas kakap dunia seperti teroris ini, juga merupakan penjara paling aman dengan sekuriti yang berlapis-lapis. Makanya masyarakat awam jarang sekali mendapat kesempatan untuk mengintip kondisi di dalam penjara Guantanamo. 

Wartawan atau fotografer terkenal pun harus memenuhi sederet persyaratan untuk bisa masuk dan mengabadikan Guantanamo Bay. Debi Cornwall, adalah salah satu fotografer asal New York yang beruntung bisa memotret suasana di dalam penjara ini. Beberapa media asing juga ada yang pernah merilis foto-foto dari dalam Guantanamo Bay, salah satunya adalah Reuters. Nah, Hipwee News & Feature sudah merangkum potret kehidupan di balik penjara ini nih. Biar nggak penasaran, yuk simak bareng!

Penjara ini milik Amerika Serikat, tapi uniknya justru terletak di negara yang berselisih dengan AS, yakni Kuba. Ternyata ada sejarah tersendiri di baliknya

Milik AS tapi terletak di Kuba via nationalgeographic.co.id

Sebelum Fidel Castro menjabat dan berseteru dengan AS, ternyata pemerintah Kuba telah terlibat perjanjian kontrak terkait Guantanamo. Dalam perjanjian nggak disebut kapan berakhirnya. Jadi AS boleh memanfaatkan sampai kapanpun

Kondisi penjara Guantanamo via uk.reuters.com

Kabarnya tiap tahun, AS harus membayar pajak penggunaan yang jumlahnya gila-gilaan, mencapai Rp10 miliar lebih! Udah gitu biaya operasionalnya juga diklaim sebagai yang termahal di dunia

Para tahanan sedang menjemur pakaian via uk.reuters.com

Di balik fantastisnya harga sewa Guantanamo ini, kehidupan di dalamnya kabarnya sangat mengerikan. Banyak laporan penyiksaan yang di luar batas kemanusiaan

Proses interogasi seperti ‘water boarding‘ sering dikritik dunia internasional via uk.reuters.com

Karena mayoritas tahanan di sana terlibat kejahatan luar biasa, banyak cara kerap dilakukan polisi untuk mengorek informasi dari mereka

Selain disiksa, mereka juga kadang diajak berhubungan intim dengan sipir wanita. Tujuannya biar kepercayaan dirinya runtuh dan mau buka mulut via uk.reuters.com

Belum lagi tak sedikit napi yang dipenjara tanpa lebih dulu diadili! Mereka kebanyakan baru diduga melakukan aksi terorisme dan belum melalui proses persidangan

Kebanyakan belum pernah diadili via uk.reuters.com

Tapi meski desas desus penyiksaan santer terdengar, di sana ternyata masih cukup menghormati napi yang beragama muslim lho. Buktinya mereka dikasih kebebasan beribadah

Salah satu napi melaksanakan salat via uk.reuters.com

Sering juga tahanan-tahanan muslim beribadah secara bersama-sama, kayak berjamaah waktu salat. Kalau udah lihat begini rasanya kesan seramnya langsung hilang ya…

Salat berjamaah di dalam tahanan via uk.reuters.com

Mungkin karena saking banyaknya tahanan yang beragama muslim, pihak lapas sampai membagikan jadwal waktu salat yang di print out di kertas gini

Jadwal waktu salat via uk.reuters.com

Makanan dan minuman buat para tahanan juga termasuk layak. Dari air mineral sampai buah-buahan dan sayuran semua tersedia

Makanan yang tersedia di Guantanamo via uk.reuters.com

Bahkan buat mereka yang muslim disediakan daging dengan label halal lho, jadi tak perlu ragu lagi menyantap makanan di sana

Daging halal via uk.reuters.com

Para tahanan juga bisa menikmati fasilitas perpustakaan. Di dalamnya ada banyak buku yang bisa dibaca, mulai dari majalah biasa sampai buku-buku berbahasa Arab gini

Buku-buku berbahasa Arab di perpustakaan via uk.reuters.com

Di perpustakaan juga ada sederet film yang bisa ditonton. Genrenya pun macam-macam. Kalau ini ada berbagai seri dari sekuel film Harry Potter

Film-film Harry Potter di perpustakaan via uk.reuters.com

Walaupun terisolir, para napi di Guantanamo Bay sesekali diberi pelatihan kayak gini. Mereka diajari cara mengoperasikan komputer, seperti mengetik

Seorang tahanan sedang ikut pelatihan mengetik via uk.reuters.com

Kabar tak sedap soal Guantanamo Bay membuat banyak pemimpin dunia mengimbau agar penjara ini ditutup saja. Sekian lama tak pernah direalisasikan, baru pada pemerintahan Obama penjara ini ditutup

Saat ditutup napi-napi pun dipindah ke penjara lain di AS via uk.reuters.com

Tapi belakangan ini Donald Trump bersikeras untuk tetap akan membuka Guantanamo. Alasannya karena ingin menumpas komplotan teroris dunia kayak ISIS, Al Qaeda, dan Taliban

Napi sedang latihan fisik via uk.reuters.com

Advertisement

Alasan Trump lainnya adalah karena ia ingin memperbaiki kesalahan pemerintahan sebelumnya, yang mana malah membebaskan ratusan tahanan. Keputusan itu membuat beberapa dari mereka terlibat kembali pada pemberontakan dan aksi-aksi teror.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya