Kenapa artis-artis k-pop diundang Kim Jong Un tampil di Korea Utara

Setelah beberapa hari lalu Kim Jong Un dikabarkan pergi ke China untuk bertemu presiden Xi Jinping, hari Minggu (1/4) kemarin ia dilaporkan menonton konser artis-artis K-Pop, termasuk girlband Red Velvet, di Pyongyang, Korea Utara. Kabar ini jelas menggebrak kancah politik internasional, karena seperti yang kita ketahui, kalau secara prinsip, Korea Selatan dan Utara ini memang belum resmi berdamai sejak berakhirnya Perang Korea 1953 silam. Keduanya sama-sama tidak bersedia menandatangani perjanjian damai.

Tapi kehadiran ratusan musisi Korsel di Korut pertama kali sejak 10 tahun terakhir ini, seolah jadi secercah harapan buat kedua negara bersangkutan memulai hubungan baik satu sama lain. Meski begitu, banyak yang penasaran, kenapa Kim Jong Un akhirnya memutuskan mengundang artis-artis K-Pop ini untuk tampil di negaranya. Padahal, sebelumnya, orang Korut ini kalau ketahuan menjual atau menonton video artis K-Pop aja bisa dihukum penjara lho! Nih, Hipwee News & Feature sudah merangkum informasinya buat kamu. Yuk, simak!

1. Kedatangan bintang K-Pop ke Pyongyang ini merupakan kelanjutan program pasca keikutsertaan tim Korut pada Olimpiade Musim Dingin Februari lalu di Korsel

Kim Jong Un dan Ri Sol Ji saat menonton konser K-Pop di Pyongyang, Minggu (1/4) malam via www.reuters.com

Advertisement

Sepertinya sebagian dari kalian udah pada tahu kalau Februari kemarin jadi bulan bersejarah bagi Korut dan Korsel, dua negara yang dikenal saling bermusuhan. Pasalnya Korut, yang juga notabene adalah negara tertutup, akhirnya ‘menampakkan diri’ dalam pagelaran olahraga terbesar, Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, Korsel. Tidak tanggung-tanggung, delegasi atlit dari Korut juga ada yang bergabung jadi satu kontingen dengan atlit Korsel dalam beberapa cabang olahraga lho.

Nah, ternyata keikutsertaan Korut dalam olimpiade ini berbuntut pada hubungan baik kedua negara, yang dibuktikan lagi dengan kehadiran artis-artis Korsel di Pyongyang. Sebanyak 11 grup musik yang terdiri dari ratusan musisi, menggelar dua konser di East Pyongyang Grand Theatre, tanggal 1 dan 3 April 2018.

2. Sejak olimpiade itu, hubungan kedua negara memang dilaporkan terus membaik. Apalagi akhir April besok, pemimpin kedua negara ini sepakat bertemu untuk pertama kalinya!

Para musisi K-Pop dan Kim Jong Un berfoto bersama via www.dkpopnews.net

Pagelaran konser yang dilaksanakan di Pyongyang kemarin ini juga bisa dikatakan sebagai langkah Kim untuk semakin meredakan ketegangan dua negara itu. Apalagi kalau mengingat akhir April besok Kim Jong Un dan presiden Korsel, Moon Jae-in, diagendakan bakal bertemu di perbatasan militer kedua negara, Panmunjom. Seperti yang juga diberitakan BBC, Kim adalah pemimpin Korut pertama yang menyaksikan penampilan musik dari Korsel lho.

3. Kim Jong Un mengatakan kalau acara konser tersebut adalah hadiah spesial untuk penduduk Pyongyang

Kemeriahan konser musik di Pyongyang yang dihadiri ribuan warga Korut via www.nytimes.com

Advertisement

Selama ini banyak orang mengira kalau Kim adalah pemimpin yang buruk bagi masyarakat Korut, menyusul banyaknya kesaksian tentara-tentara Korut yang membelot. Meski tidak tahu bagaimana kepastiannya karena melihat betapa tertutupnya negara ini, tapi kesan yang ditimbulkan dari konser musik di Pyongyang kemarin cenderung positif. Dilansir The New York Times, Kim bahkan berterimakasih kepada presiden Moon telah mengirimkan delegasi musisinya ke Korut sebagai hadiah spesial untuk penduduk Pyongyang.

4. Ya kalau secara politik, kayaknya sih kelihatan banget Kim Jong Un ini memang ingin mengendurkan ketegangan yang selama ini terjadi antara dua negara bertetangga tersebut

Presiden Korsel Moon Jae In dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un via www.nknews.org

Seperti judulnya, konser ini seolah membawa perdamaian musim semi (Spring of Peace) di dua negara serumpun Korut dan Korsel yang terpisah perang. Seperti dilansir Reuters yang mengutip kantor berita Korut, Kim Jong Un bahkan mengatakan bahwa musim gugur nanti akan jadi musim bersejarah karena kedua pemimpin negara ini akan bertemu. Terlebih lagi bagi Korut yang juga telah menjadwalkan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump pada bulan Mei mendatang.

Tahun 2018 ini tampaknya akan menjadi momentum perubahan besar di negara yang sebelumnya sangat tertutup tersebut. Bahkan kabarnya Kim Jong Un sangat tersentuh dengan penampilan skuat artis dari Korea Selatan kemarin. Kim dan istrinya Ri Sol Ji tidak hanya menonton penampilan artis-artis Korsel dari atas balkon saja, melainkan juga berinteraksi dan foto bersama para performers. Saat pertunjukkan pun Kim terlihat sangat antusias dan menanyakan kepada Menteri Kebudayaan Korut, Do Jong Hwan, soal lirik dan lagu yang dibawakan musisi K-Pop. Semoga aja ini jadi awal baik bagi hubungan diplomasi kedua negara tersebut ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya