4 Hal yang Mengharuskan Keluarga Muda Segera Melengkapi Vaksinasi COVID-19

Salah satunya biar nggak was-was soal kesehatan diri sendiri dan tentunya sang buah hati

Menjadi keluarga muda di beberapa tahun belakangan ini harus diakui nggak mudah, terlebih bagi mereka yang juga baru menjadi orang tua. Pertama dan utama adalah karena pandemi yang bikin was-was soal kesehatan diri sendiri dan tentunya sang buah hati.   

Nah, oleh karena itu mendapatkan vaksin COVID-19 dosis lengkap perlu disegerakan, karena bisa meredam perasaan was-was tersebut. Buat para orang tua muda yang belum mendapat vaksinasi dosis lengkap, 4 hal ini mungkin bisa jadi pertimbangan.

1. Pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir

Ilustrasi pandemi COVID-19 | Photo by ismagilov from iStockphoto

Jika melihat data yang ada, kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia kian mereda. Namun, perlu dicatat bahwa mereda bukan berarti COVID-19 sudah nggak ada. Kewaspadaan kita saat ini nggak boleh kendor. Perlindungan diri pun perlu diupayakan dan dipertahankan. 

Dua cara untuk mengetatkan kewaspadaan adalah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, serta yang terpenting adalah menyegerakan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap. 

Yup, vaksinasi COVID-19 dosis lengkap menjadi hal penting untuk melindungi diri serta orang-orang terkasih karena nggak ada jaminan pasti kapan pandemi akan berakhir. Potensi gelombang dan varian baru virus pun akan selalu ada. 

Dengan mendapatkan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap, kamu akan bisa terlindungi secara maksimal di masa sekarang ini, sekaligus siap untuk menghadapi situasi pemulihan kondisi nantinya. 

2. Pekerjaan dan aktivitas luar rumah yang mulai kembali padat

Ilustrasi beraktivitas di luar rumah | Photo by Nattakorn Maneerat from iStockphoto

Saat ini pembatasan aktivitas di luar rumah sudah nggak seketat dua tahun belakangan. Artinya, aktivitas mengumpulkan cuan alias bekerja demi dapat memenuhi kebutuhan si buah hati pun bisa dilakukan dengan maksimal. 

Nah, sejalan dengan itu, vaksinasi dosis lengkap menjadi makin penting lagi untuk kamu para orang tua baru. Sebab, mobilitas dan interaksi yang tinggi dengan orang-orang di luar rumah saat ini masih berisiko menularkan virus. 

Dengan melakukan vaksinasi COVID-19 dosis lengkap yang dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan, kamu sudah berupaya melindungi diri sendiri serta sang buah hati di rumah dari paparan virus yang mungkin kamu bawa dari luar. 

3. Cakupan vaksinasi COVID-19 yang masih rendah

Ilustrasi vaksinasi COVID-19 | Photo by ben-bryant from iStockphoto

Seperti diketahui, terpenuhinya sasaran vaksinasi adalah kunci untuk menciptakan herd immunity yang akan berdampak pada berakhirnya pandemi. Di Indonesia, sasaran vaksinasi COVID-19 adalah terhadap 234.666.020 orang. 

Nah, saat ini cakupan vaksinasi COVID-19 di Indonesia masih rendah. Melansir Dashboard Vaksinasi Kemenkes per tanggal 4 Oktober 2022 total vaksinasi dosis pertama baru mencapai 87,20 persen dari sasaran, vaksin dosis kedua 72,97 persen, vaksin dosis ketiga 27,18 dan vaksin dosis keempat 42,68 persen. 

Nah, menyegerakan vaksinasi bagi kamu yang belum adalah penting saat ini, agar sasaran yang ditargetkan pemerintah dapat terpenuhi, dan herd immunity yang ingin dicapai dapat mengakhiri pandemi. 

Menyegerakan vaksinasi juga akan memastikan kesibukanmu saat ini bisa ditunaikan dengan leluasa, loh. Sebab, dengan itu kita bisa merasa aman sekaligus terlindungi ketika beraktivitas di masa saja dan kapan saja. 

4. Anak balita yang belum bisa menerima vaksin

Ilustrasi orang tua muda yang sudah divaksin COVID-19 bermain bersama anak balita | Photo by comzeal from iStockphoto

Di Indonesia, anak balita masih belum bisa menerima vaksin, salah satu alasannya karena Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI) masih perlu mengumpulkan bukti ilmiah mengenai vaksinasi COVID-19 pada anak balita. Sementara itu di sisi lain, anak balita sangat rentan terpapar COVID-19.

Oleh karena itu melengkapi vaksinasi COVID-19 menjadi hal yang punya urgensi tinggi bagi kamu keluarga muda saat ini lakukan. Hal ini menjadi semacam tanggung jawab bagi kamu para orang tua, karena anak yang belum bisa melindungi diri dan mendapatkan perlindungan dari vaksinasi COVID-19, menggantungkan perlindungannya kepada para orang tuanya. 

Selain dengan melengkapi vaksinasi COVID-19 agar bisa menghindari risiko terpapar dan membawa pulang virus, perlindungan terhadap anak balita yang belum bisa menerima vaksinasi COVID-19 juga bisa kamu upayakan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat. 

Nah, itu dia 4 hal penting yang mengharuskanmu para orang tua muda untuk segera melengkapi vaksinasi COVID-19. Perlu terus diingat bahwa dengan vaksinasi kamu nggak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga buah hati yang pada kondisi saat ini sangat bergantung pada orang tuanya dalam melindungi diri dari paparan virus COVID-19.

Oleh karena itu, yuk segerakan lengkapi vaksinasi COVID-19 kamu. Untuk lokasi vaksinasi saat ini bisa kamu cek dengan mudah melalui aplikasi PeduliLindungi di fitur “Cari Lokasi” pada menu “Vaksinasi Covid-19”.

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor