Menjadi Youtuber mulai dipandang sebagai lahan pekerjaan menjanjikan bagi banyak anak muda. Soalnya, memang banyak banget Youtuber sukses yang bahkan bisa beli mobil dan rumah sendiri dari hasil membuat video di channelnya. Sebut saja Atta Halilintar dan Ria Ricis, mereka bahkan jadi Youtuber dengan subscriber atau pengikut terbanyak di Asia Tenggara.

Youtube sendiri selaku penyedia platform video, tentu nggak diam saja melihat penggunanya kebanjiran subscriber. Yup, Youtube akan menggajinya! Selain itu, mereka juga akan membagikan semacam trofi atau penghargaan yang dikenal dengan sebutan Youtube Play Button, setiap subscribernya mencapai angka tertentu. Trofi ini kerap muncul di video-video Youtuber, entah dipajang, di-unboxing, atau sengaja dipamerkan. Tapi kok warnanya beda-beda ya? Emang perbedaannya apa sih? Cari tahu bareng Hipwee News & Feature yuk!

1. Di “kasta” terendah, ada Silver Play Button. Sesuai namanya, plakat ini warnanya silver, dan diberikan kepada Youtuber yang sudah mencapai 100.000 subscribers

Silver Play Button via www.ssiworld.com

Advertisement

Sebelum dikirim, Silver Play Button dipasang di semacam pigura kaca, dengan ucapan “Congratulations” disertai nama channel si penerima. Katanya, trofi ini sempat mengalami pembaharuan. Kalau versi lama, seperti yang disebut dalam video JerryRigEverything, terbuat dari campuran tembaga dan nikel. Sedangkan versi barunya –per 1 Maret 2017– kandungannya 92% nikel, 5% karbon, 2,5% sen, dan sisanya logam-logam lain. Hmm… ternyata malah nggak ada peraknya sama sekali ya~

Di Indonesia, Youtuber yang punya trofi ini sudah banyak banget. Semakin banyak orang memakai Youtube, semakin mudah pula bagi Youtuber mendapatkan subscriber.

2. Di atas Silver Play Button ada Gold Play Button. Youtuber yang mau mendapatkan trofi ini harus punya 1 juta subscriber dulu

Gold Play Button via teraa.net

Seperti halnya Silver Play Button, Gold Play Button juga dipasang di pigura kaca dengan ucapan selamat dan nama channel yang tertulis di kacanya. Cuma ukurannya lebih besar dari yang silver. Youtuber yang mau mendapatkan trofi ini harus menyentuh angka 1 juta dulu pada subscribernya. Eh, tapi meskipun namanya gold, ternyata setelah ditelisik, plakat ini cuma ada sedikit lo kandungan emasnya. Padahal tulisannya 24 karat! Seperti yang disebut dalam video JerryRigEverything, presentase emas di permukaan plakatnya cuma 15%, dengan 79,5%-nya nikel, sisanya besi dan sedikit tembaga.

Advertisement

Di Indonesia, Youtuber yang sudah mencapai 1 juta subs juga sudah mulai banyak. Seperti channel makan-makan Ria SW atau channel vlog milik Arief Muhammad.

3. Setelah Gold Play Button, masih ada Diamond Play Button. Ini sih di Indonesia baru Atta sama Ria Ricis aja yang punya, soalnya subscriber mereka sudah mencapai 10 juta

Diamond Play Button punya BTS via www.scoopnest.com

Diamond Play Button bisa diperoleh Youtuber yang sudah menyentuh angka 10 juta subscriber. Sekilas mungkin mirip Silver Play Button ya, tapi kalau diperhatikan lagi beda kok. Yang diamond ini kelihatan kayak lebih “mahal” gitu, apalagi ditambah kristal yang membentuk tombol ‘play’ di tengahnya. Di Indonesia, ada 2 Youtuber yang sudah menerima trofi ini; Atta Halilintar dan Ria Ricis. Malah katanya jumlah subscriber mereka juga tertinggi se-Asia Tenggara lo!

Dengan subscriber segitu, nggak heran kalau dua anak muda ini sudah bisa beli rumah dan mobil mewah sendiri. Soalnya pendapatannya memang bisa mencapai miliaran rupiah!

4. Nah, ternyata setelah Diamond Play Button masih ada lagi nih Guys, namanya Custom Play Button. Bentuk plakatnya bisa request sendiri dong!

Ruby Play Button punya PewDiePie via www.mandatory.com

Sebenarnya, Youtube belum secara resmi memutuskan apa nama trofi bagi Youtuber yang sudah mencapai 50 juta subscriber. Tapi orang pada menyebutnya Custom Play Button, karena memang bisa dipesan sesuai keinginan. Youtuber pertama di dunia yang mendapat plakat ini adalah PewDiePie, subscribernya menyentuh angka 50 juta pada 2016 lalu. Ia pun meminta plakat berwarna merah yang ia beri nama Ruby Play Button –yang sebenarnya nggak ada tombol ‘play’nya juga sih.

Nah, gimana, sudah paham ‘kan bedanya apa aja? Jadi, kapan siap debut jadi Youtuber? 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya