Masih ingat nggak sama jajanan sewaktu sekolah dulu?

Dari permen murah berwarna neon sampai bakso tusuk dengan saus oranye menyala, semua berwarna-warni layaknya pelangi. Meski bikin kangen tapi kayaknya kita semua tahu deh jajanan itu sangat tidak sehat, terutama soal penggunaan pewarna makanannya. Para penjual mungkin berpikir barang dagangannya harus menarik, jadi ya diberi warna macam-macam. Begitu sudah gede dan paham, kita mati-matian menghindari makanan atau minuman dengan warna berlebihan karena takut sama bahayanya pewarna makanan buatan.

Advertisement

Nah tapi kini justru ada tren terbaru yang seakan-akan berkebalikan dari kekhawatiran di atas. Berbeda 180 derajat dari makanan atau minuman yang super berwarna-warni, sekarang malah ada inovasi produk makanan yang tidak berwarna, bening, atau transparan. Selama ini kita tahunya yang bening itu ya paling cuma air putih doang, tapi nyatanya beberapa tahun belakangan ini muncul produk aneh seperti kopi bening sampai keripik kentang transparan. Udah pernah dengar belum guys? Beneran ada lho! Kok bisa ya makanan dan minuman yang seharusnya berwarna dibuat bening kayak air putih? Buat yang penasaran, yuk simak ulasan spesial Hipwee News & Feature ini!

Flavored water atau air dengan berbagai rasa. Meski tampak kayak air putih biasa, ada perasa buatan yang dibikin tidak berwarna

Penampakannya sama, tapi air berasa tapi tidak berwarna ini jauh lebih manis via gigazine.net

Mungkin ini versi awal dari tren serba bening atau transparan, flavored water atau air putih berasa. Dengan menambah gula dan perasa buah-buahan yang dibuat tidak berwarna, air putih bening dengan berbagai rasa kini populer di negara-negara seperti Jepang. Katanya sih di Jepang, kalau orang dewasa kelihatan membawa minuman manis atau bersoda di kantor atau lingkungan formal lain, bakal dianggap kekanak-kanakan. Makanya produk-produk yang ‘menyamarkan’ minuman manis jadi air putih semacam ini jadi populer.

Banyak yang bilang air-air putih berasa seperti ini juga bisa menipu dan berbahaya karena merasa meminum minuman sehat yang tidak berwarna, padahal ya penuh dengan gula.

Kandungan gulanya tidak kalah dengan minuman buah atau soda yang berwarna-warni via twinavi.jp

Clear coffee atau kopi bening. Minuman yang satu ini emang tampaknya dibuat untuk ‘bermain’ dengan otak kita, rasanya benar-benar kopi tapi penampilannya bening

Bukan air berasa kopi, tapi benar-benar kopi via www.wideopeneats.com

Advertisement

CLR CFF adalah produk kopi fenomenal yang hingga saat ini hanya dijual di Inggris. Meski perusahaan pembuatnya tidak bersedia membeberkan bagaimana mereka membuat kopi yang tidak berwarna, mereka meyakinkan minuman bening ini dibuat hanya dengan biji kopi dan air. Rahasianya ada di proses brewing atau pembuatannya. Bukan hanya sekadar bening, masih menurut perusahaan yang memproduksi CLR CFF, minuman ini dibuat supaya gigi para penikmat kopi tidak bernoda kuning-kuning. Tapi menurut mereka yang sudah mencoba, kopi bening ini nggak begitu enak rasanya…

Milk tea atau teh susu. Minuman ini lebih aneh lagi karena rasanya benar-benar mirip teh susu biasa tapi tekstur creamy dari minuman bersusunya benar-benar hilang!

Lagi-lagi inovasi ini lahir di Jepang via twitter.com

Begitu dirilis, produk dari perusahaan besar Jepang Suntory ini langsung booming dan jadi pembicaraan di mana-mana. Semua orang penasaran ingin mencoba seperti apa rasanya teh susu yang dilihat dari mana pun terllihat kayak air putih biasa. Orang yang telah mencoba tambah kaget karena rasanya sangat mirip dengan aslinya. Sekarang orang malah berbalik khawatir, jangan-jangan minuman bening ini justru mengandung banyak bahan kimia untuk membuat warnanya transparan tak alami. Nah, Suntory buru-buru membantah dan mengatakan kalau kuncinya hanyalah sains sederhana.

Kata mereka, minuman ini terbuat dari daun teh berkualitas yang diseduh secara tidak langsung seperti proses di bawah ini. Jadi hasilnya air uap yang telah dirasai dan diberi aroma teh, tetapi tidak tercelup daun teh aslinya. Nah kalau masalah susunya, Suntory menjelaskan susu sebenarnya terdiri dari lemak, protein, laktosa, dan mineral. Laktosan dan mineral dalam susu sebenarnya transparan. Makanya perusahaan ini kemudian hanya menggunakan dua elemen transparan dalam susu untuk memberi rasa seperti susu dalam produknya. Ya nggak 100% sama kayak susu asli sih, tapi mirip banget!

Potato chip atau keripik kentang. Kalau yang lain minuman, ini makanan transparan pertama yang bikin heboh dunia. Meski tampak kayak makanan alien, tapi yang keripik kentang transparan ini terbuat dari 100% bahan alami!

Bahkan bisa dibuat sendiri di rumah lho guys! via www.youtube.com

Walaupun tampak seperti gelas dan gumpalan transparan aneh, ‘keripik kentang’ transparan ini benar-benar terbuat dari kentang lho guys! Bahkan bahan-bahkan yang diperlukan untuk membuat makanan ini sangat sederhana, kentang, potato starch atau tepung pati kentang, minyak, dan garam. Hanya proses memasaknya yang cukup unik.

Alih-alih menggoreng langsung kentangnya, kentang dipanggang dan dibumbui lalu direndam di air panas. Nah hasil rendaman bening yang disebut ‘kaldu kentang’ itu yang bakal diolah jadi keripik kentang transparan. Cairan itu dikentalkan dengan tepung pati dan dicetak dengan bentuk keripik, lalu digoreng. Nah jadi deh keripik kentang unik ini! Saking sederhana tapi unik, banyak orang yang akhirnya DIY bikin keripik kentang transparan ini. Kalau mau lihat resepnya lebih detail, googling aja atau lihat video ini….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya