Sebagai perempuan modern, sudah bukan hal yang asing lagi kalau kamu sering disibukkan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari urusan hobi sampai pekerjaan. Apalagi sekarang ada ojek online yang membuat kamu semakin fleksibel untuk ke sana ke mari. Mau ke mana-mana jadi gampang dan bisa sendiri.

Kalau sudah bicara soal kesibukan, seringkali perempuan jadi abai dengan kesehatan diri sendiri. Kemacetan, polusi, sampai terik matahari sudah jadi makanan sehari-hari dan dianggap sebagai tantangan untuk mengejar mimpi, sampai kamu jadi merasa biasa dan meremehkan dampaknya. Padahal sadarkah kamu? Berada di jalanan lebih dari 2 jam itu punya efek samping yang nggak bisa diabaikan juga lho. Kamu yang ke mana-mana naik motor atau ojek, coba deh perhatikan hal-hal yang sudah Hipwee dan Vaseline kumpulkan ini.

1. Matahari yang terlalu terik juga bisa membuat kulitmu terbakar. Apalagi kalau kamu nggak pernah pakai pelindung tabir surya

Kulit bisa terbakar via www.zwivel.com

Advertisement

Selain debu dan asap, musuh lain saat macet melanda adalah sinar UV yang berasal dari matahari. Ya kalo kulitmu jadinya makin eksotis sih oke, tapi ini nggak! Paparan sinar UV ini jika terus-terusan mengenai kulit akan membuat kulitmu terbakar! Biasanya kulit yang terbakar ini akan terasa gatal, panas, kemerahan, dan seringkali disertai dengan rasa perih. Kadang gejala kulit terbakar memang nggak langsung terasa. Biasanya kerusakannya akan terlihat setelah 24 jam. Kemungkinan kulit terbakar akan semakin besar jika kamu berkendara lama di jalanan yang terik tanpa memakai pelindung tabir surya. Kamu sudah pakai sunblock belum pagi ini?

2. Sinar UV dari matahari juga bisa bikin kulitmu kusam dan berjerawat. Duh, jangan sampai deh kulitmu jadi kenapa-kenapa

Kulit kusam dan berjerawat via perawatkulit.blogspot.co.id

Jika terlalu sering terpapar sinar UV, kulit wajahmu juga rawan kusam dan berjerawat lho. Apalagi kalau “berjemur” antara pukul 10 pagi sampai 4 sore. Gawat! Karena pada rentan waktu tersebut sinar matahari sedang jahat-jahatnya. Kulit kering dan kusam akan jadi tempat terbaik buat jerawat tumbuh. Terlebih jika kamu tak rajin merawat muka. Jangan kaget aja kalau tiba-tiba keesokan hari kulit wajahmu sudah tumbuh jerawat dan makin hari makin nampak kusam.

3. Dan pastinya, terpapar panas matahari dan polusi terlalu lama di jalanan juga bikin kamu menua lebih cepat. Seram ‘kan?!

Jika kamu adalah salah satu orang yang merasa nampak lebih tua dibanding usia sebenarnya, mungkin kelamaan berada di jalanan yang jadi biang keroknya. Debu dan polusi yang mengenai kulitmu sehari-hari bisa membuat kulit kusam, gelap, kering, dan mempercepat munculnya kerut-kerut yang tak diinginkan. Apalagi kalau kamu orang yang paling cuek soal merawat kulit sendiri. Terpapar polusi dan sina UV terlalu lama juga bisa memicu kerusakan sel dalam kulit. Nggak cuma penuaan dini, kalau terus-terusan dicuekin, dampak lebih serius seperti kanker kulit juga patut diwaspadai.

4. Bukan cuma permasalahan kulit, kelamaan duduk di atas kendaraan bisa memicu ambeien menyerang

Waspada wasir menyerang via www.grupar-rp.org.br

Advertisement

Ambeien atau wasir dalam dunia medis disebut hemaroid.  Wasir terjadi saat pembuluh darah vena di sekitar luar anus mengalami pembengkakan. Salah satu pemicunya adalah terlalu lama duduk. Nah, kamu yang sehari-harinya harus menempuh jarak jauh untuk sampai ke tempat kerja, sebaiknya waspada dengan penyakit yang satu ini. Mana saat kerja pun kamu kebanyakan duduk pula. Meski bukan termasuk penyakit berbahaya dan sering diremehkan pada awalnya, ketika parah wasir ini bisa sangat mengganggu lho. Jangankan naik motor, jalan aja susah! Nggak mau ‘kan?

5. Terpapar debu dan asap kendaraan bermotor terlalu lama juga bisa menyebabkan gangguan sistem pernafasan. Kamu akan rawan terserang TBC atau ISPA

Kemungkinan bisa terserang gangguan pernafasan via suryamalang.tribunnews.com

Musuh utama saat menghadapi kemacetan adalah debu dan asap dari kendaraan bermotor. Apalagi di kota-kota besar, sainganmu bukan cuma mobil dan motor semata, tapi ada bus dan juga angkutan besar lainnya yang sekalinya mengeluarkan asap, kepulannya bisa sampai hitam menyeramkan! Bayangkan jika asap yang hitam itu membombardir tubuhmu selama 2 jam atau lebih~

Penyakit gangguan pernafasan, seperti tuberkulosis atau TBC, Infeksi Saluran Pernafasan Akut atau ISPA, dan bronkitis wajib kamu waspadai. Jangan anggap remeh beberapa penyakit tersebut ya, karena jika tak diatasi dengan benar, akibatnya bisa berujung pada kematian lho. Makanya, mulai sekarang biasakan pakai masker ya!

Polusi yang seringkali diabaikan dan dianggap masalah sepele ternyata punya dampak yang sangat nyata. Tak perlu jauh-jauh ke kutub untuk melihat dampaknya, cek saja kondisi kulitmu sendiri. Terlalu sering terpapar polusi saat berkendara di jalan raya bisa membahayakan diri sendiri lho.

Kita memang tak bisa menghindari aktivitas sehari-hari hanya agar tak berurusan dengan macet, polusi, atau sinar matahari. Tapi kita bisa lho melindungi kulit agar senantiasa sehat dan terhindar dari berbagai bahaya yang mengintai. Misalnya dengan memakai masker, sarung tangan, jaket, dan produk-produk perawatan yang bisa melindungi kulit dengan optimal, contohnya seperti hand & body lotion yang memiliki kandungan SPF dan PPF. Yuk, kita lebih peduli pada diri sendiri~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya