Selamat datang Ramadan! Iklan sirup sudah bermunculan di televisi dan tayangan yang menemani saat sahur pun sudah ada, tanda Ramadhan yang dinantikan sudah benar-benar datang. Jadi apa saja nih kegiatan yang sudah kamu susun untuk mengisi bulan puasa?

Sebagai bulan suci yang hanya setahun sekali, pastinya kita harus membuat ramadan kali ini berkesan. Supaya nggak ketinggalkan, wajib banget untuk mencari kegiatan-kegiatan positif untuk dilakukan selama bulan puasa. Yah, selain menambah pahala, juga supaya adzan magrib nggak terasa lama. Sebagai referensi, Hipwee punya saran kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa nih. Nggak cuma seru, tapi juga menambah pahalamu.

1. Kamu yang ingin memperdalam agama, ikut aja pesantren kilat. Bisa menambah teman dan juga ilmu yang bermanfaat

Ikut pesantren kilat via sosspeace.org

Secara umum, pesantren kilat adalah semacam “short course” untuk memperdalam agama. Jadi kalau kamu yang lumayan sibuk dan sering kurang punya waktu untuk belajar lebih dalam soal agama, bisa mengikuti pesantren kilat nih.

Biasanya pesantren kilat diperuntukkan bagi anak-anak sekolah. Tapi beberapa ada yang untuk orang dewasa. Selain itu, kamu juga bisa bertemu dengan teman-teman baru. Bukan hanya mendekatkan diri kepada Tuhan, ikut pesantren kilat bisa memberimu banyak manfaat.

2. Asah kemampuan memasakmu dengan mencobai resep baru. Buat menu takjil gratis untuk berbagai supaya pahalamu bertambah lagi

Bedug magrib adalah momen yang paling ditunggu saat puasa. Takjil atau hidangan kecil untuk buka puasa jelas nggak bisa dilepaskan dari sini. Nah, kamu yang hobi masak bisa mulai hunting resep baru untuk membuat hidangan-hidangan lucu. Bisa untuk keluarga sendiri atau kamu kirimkan ke masjid terdekat untuk diberikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Bukan cuma ilmu memasakmu yang bertambah, tapi pahalamu juga asalkan kamu ikhlas. Ingat, memberi makan kepada orang yang berpuasa itu besar lho pahalanya.

3. Daripada bengong dan Magrib makin terasa lama, manfaatkan waktu untuk bisnis online. Modalnya hanya ponsel dan niat yang membara

Garage sale untuk acara amal via household-tips.thefuntimesguide.com

Bila nggak ada kegiatan yang dijalani, menunggu Adzan Magrib bisa sangat menyiksa. Bengong-bengong, eh jadinya malah membayangkan yang nggak-nggak. Malah bisa batal tuh puasanya. Online shop adalah kegiatan yang paling bisa dilakukan oleh siapapun dan kapanpun. Apalagi di momen puasa, biasanya orang banyak belanja baju atau pernak-pernik untuk menyambut lebaran nanti.

Tinggal pilih deh kamu jualan apa. Bila kamu mau yang lebih berpahala, bisa juga membuat Garage Sale untuk dana amal. Untuk promosi, manfaatkan akun Facebook dan Instagrammu. Sementara untuk transaksi, pakai saja WhatsApp, Line, atau BBM. Kebetulan lagi ada program Apps Tanpa Kuota nih dari IM3 Ooredoo. Jadi kamu yang pakai kartu ini bisa memanfaatkan aplikasi tersebut secara gratisan.

4. Movie marathon selalu seru dan selalu membuat waktu tak terasa berlalu. Pilih film-film religi yang bisa lebih mengingatkanmu pada Tuhan

Movie marathon via mashable.com

Bila kamu nggak suka jualan dan masak, kamu bisa pilih kegiatan yang paling simpel seperti movie marathon. Filmnya bisa kamu download secara gratisan atau keliling bioskop untuk nonton film-film yang sedang tayang.

Supaya semakin terasa ramadan, kamu bisa memilih film-film religi yang bisa membantumu mempelajari lebih dalam soal agama. Yang namanya belajar, nggak harus di kelas-kelas kan? Kalau bukan film religi, coba tonton film horor yang horor beneran bukan (horor plus-plus). Siapa tahu rasa takutmu bisa membuatmu semakin ingat Tuhan.

5. Melakukan hal-hal yang disuka selalu menyita waktu tanpa terasa. Manfaatkan ramadanmu untuk menekuni hobi, supaya hatimu senang dan laparnya tak terasa

Menekuni hobi via black-mary.com

Apa kamu suka menulis? Apakah kamu hobi membuat kerajinan tangan tapi selama ini nggak punya waktu untuk mengerjakan? Atau kamu punya puluhan buku yang selama ini belum sempat dibaca? Di bulan puasa, biasanya kegiatan harian sedikit berkurang, jadi mungkin ini momen yang tepat untuk kamu kembalu menekuni hobimu.

Asalkan hobimu adalah hal-hal positif dan nggak akan membuat puasamu batal ataupun pahalanya berkurang. Siapa tahu kamu yang hobi membuat kerajinan tangan bisa mendapat tambahan uang jajan bila hasilnya kamu jual.

6. Ramadan adalah saatnya reunian dengan teman-teman. Siapkan event bersama untuk melepas kangen dan merekatkan ikatan

Bukber via hai.grid.id

Bulan puasa kurang lengkap rasanya tanpa undangan-undangan buka bersama. Memang pas momennya untuk bertemu dengan teman-teman lama sekalian temu kangen. Sebenarnya tak harus bukber, kamu juga bisa merencanakan event baksos bersama teman-teman supaya maknanya lebih dapat lagi. Teman-teman udah pada jauh posisinya dan komunikasinya susah? Jangan sedih, kamu bisa memanfaatkan aneka media sosial yang kamu punya.

Khusus yang pakai IM3 Ooredoo untungnya bisa berlipat-lipat nih yang bisa kamu dapatkan. Dengan memanfaatkan program Apps Tanpa Kuota + Rp 1/detik. Bukan cuma buka medsos gratisan, kamu juga bisa telepon dengan biaya Rp 1/detik ke semua operator. Hanya dengan berlangganan paket Freedom apapun dari IM3, kamu bisa mendapatkan dua progam yang super menguntungkan ini sekaligus. Jadi menghubungi teman-teman lama untuk membuat janji temu pun nggak bikin jebol kantongmu.

Bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk menabung pahala. Jadi supaya bulan suci ini berlalu sia-sia, yuk kita cari kegiatan-kegiatan bermanfaat yang bisa membuat puasamu lebih bermakna! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya