Kalau kata orang sih tanahnya Indonesia itu tanah surga. Hal itu karena letak geografis Indonesia yang memberikan keistimewaan berupa tanah-tanah subur. Nggak heran kalau banyak hasil bumi otentik yang hanya ada di Indonesia!

Kalau di zaman penjajahan dulu sih orang-orang tahunya yang khas dari Indonesia ya rempahnya. Sampai-sampai diperebutkan oleh banyak negara di dunia sana. Namun sekarang, lebih banyak lagi produk hasil bumi lokal kita yang mendunia. Nggak cuma jadi diapresiasi di negara sendiri, hasil bumi ini diimpor ke luar negeri dan menjadi primadona!

1. Yang ini jelas tak perlu diragukan lagi. Aneka rempah-rempah dalam bumbu bikin rasa kuliner kita kaya!

Rempah via www.pexels.com

Bicara soal komoditas khas Indonesia, nomor satu yang kamu tahu pasti rempah-rempah. Sejak zaman sekolah dulu, rempah-rempah sudah dikenalkan sebagai komoditas khas Indonesia yang diperebutkan oleh orang-orang luar negeri. Mulai dari cengkeh, lada, hingga kayu manis, rempah-rempah khas Indonesia ini sudah terkenal di dunia!

2. Sementara nama kopi luwak juga nggak kalah ramai, satu gelasnya bisa ratusan ribu lho

Kopi Luwak via www.123rf.com

Asal kopi luwak ini dari biji-biji kopi yang telah dimakan oleh luwak dan diambil dari sisa-sisa kotoran luwak. Meski dari kotoran begitu, rasa kopi luwak jadi berbeda. Bahkan bisa dibilang kopi luwak ini adalah salah satu jenis kopi termahal yang ada di dunia saat ini. Satu gelasnya aja harganya bisa ratusan ribu jauh beda kan sama kopi sachetan heuheu. Rasanya yang khas bikin wisatawan mancanegara rela datang ke Indonesia demi menikmatinya. ~

3. Sering diremehkan di negara sendiri, tempe justru laku keras di luar negeri

Tempe enak! via www.123rf.com

“Bu, Ibu masak apa?”
“Ini Ibu lagi goreng tempe, dek. Kamu lapar?”
“Ah kok tempe lagi sih. Bosaaaan….”

Mungkin kamu termasuk salah satu orang yang sudah ‘bosan’ makan tempe. Ditambah lagi harganya yang cenderung murah bikin kamu berpikir kalau tempe bukan makanan yang bisa dibanggakan. Padahal, di luar negeri seperti Jepang, Australia hingga Amerika makanan lokal yang satu ini sangat diminati dan dihargai mahal lho. Selain karena rasanya yang gurih dan enak, kandungan vitamin dan gizinya juga tinggi. Udah gitu proses pembuatannya organik pula. Juara deh!

4. Bagi pecinta cokelat wajib tahu seputar cokelat Java Criollo!

Kokoa ~ via www.pexels.com

Kalau bicara soal cokelat, paling kamu tahunya cokelat Belgia atau Swiss aja. Padahal, salah satu cokelat paling terkenal di dunia itu cokelat khas Indonesia lho. Namanya Cokelat Java Criollo. Rasanya yang khas dan lembut serta kualitasnya yang oke punya bikin cokelat jenis ini sangat diminati di dunia.

Keesklusifan cokelat Java Criollo semakin bertambah karena cokelat ini sulit ditanam dan membutuhkan perawatan khusus. Karena itu banyak petani cokelat yang beralih ke jenis cokelat lain yang lebih mudah untuk dibudidayakan. Wajar deh kalau kemudian harga cokelat Java Criollo jadi sangat mahal. Tapi sekarang kamu punya cara baru nih untuk mencicipi kenikmatan cokelat Java Criollo melalui Indomilk Java Criollo.

Susu segar yang terinspirasi atas keistimewaan #CokelatPremiumIndonesia Java Criollo ini menawarkan kenikmatan yang premium juga! Indomilk Java Criollo eksklusif hanya ada di Indomaret lho. Untuk kamu yang penasaran atas kenikmatan cokelat premium Indonesia, yuk cobain Indomilk Java Criollo!

5. Udah kenalan sama yang namanya teh putih?

White tea via www.123rf.com

Kalau teh hitam atau teh hijau pasti kamu sudah tahu. Nah kalau teh putih gimana? Teh putih berasal dari daun teh termuda yang menggulung di pucuk tanaman teh. Meski pertama kali ditemukan di Tiongkok, teh putih dari Indonesia sangat istimewa lho. Dibudidayakan di Gambung, Bandung Barat, teh putih Indonesia harganya bisa mencapai 1 juta per kilogram-nya.

Wah! Kok bisa? Soalnya selain rasanya lebih segar, lembut, dan lebih harum, varian teh yang diakui dunia sebagai ikon teh Indonesia ini memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dibanding jenis teh lain. Selain itu, proses penanaman, perawatan, hingga pemanenannya pun sangat sulit. Nggak heran deh kalau teh yang sedikit “manja” ini harganya jadi berjuta-juta.

6. Kalau kamu doyan pedas, cabai Katokkon khas Toraja wajib kamu coba!

Cabe Kotokkan via www.123rf.com

Pas pertama lihat pasti kamu nggak akan kepikiran kalau cabai ini pedas. Penampakannya mirip paprika, seakan menghilangkan nuansa pedas saat baru pertama kali melihatnya. Padahal, kalau kamu udah nyoba… Ughh! Dijamin kamu bakal pedasnya cabai Katokkon khas Toraja ini bakal bikin kamu panik nggak karuan. Nah soal cabai, Indonesia memang punya banyak keunikan. Selain Cabai Katokkon dari tana Toraja, ada juga cabai gendol yang dibudidayakan di Dieng. Bentuknya mirip, pedasnya pun mirip. Juara!

7. Manfaatnya banyak, popularitas gula semut makin ramai bahkan sampai diekspor ke luar negeri lho

Gula Semut via www.rumahmesin.com

Akhir-akhir ini, Gula Semut jadi sangat populer di masyarakat kita. Bentuknya yang mirip rumah semut yang bersarang di tanah bikin variasi gula merah yang satu ini disebut gula semut. Manfaatnya banyak; mencegah diabetes hingga menjaga kadar kolesterol. Nggak heran kalau komoditas satu ini banyak diekspor ke luar negeri!

Makanya kamu harus bangga jadi warga Indonesia. Orang-orang luar negeri aja menghargai produk hasil negara kita, masa kamu nggak? 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya