Di dunia ini ada banyak sekali bahasa yang digunakan manusia untuk berkomunikasi. Setiap negara pasti punya bahasa ibu sendiri. Belum lagi bahasa daerah yang juga masih banyak dipakai demi menjaga kultur nenek moyang terdahulu. Di Indonesia aja entah ada berapa bahasa daerah yang masih lestari. Jadi bisa dibayangkan ada berapa ribu –bahkan mungkin juta– bahasa yang ada di dunia.

Menguasai suatu bahasa di luar bahasa ibu sendiri, di satu sisi bisa membuka banyak kesempatan baru, seperti lapangan kerja baru, pertemanan baru, dan lain-lain. Dengan menguasai lebih dari 1 bahasa, kamu pun juga akan terlihat lebih bernilai di mata orang lain. Namun di sisi lain, mempelajari bahasa baru nggak semudah membalikkan telapak tangan. Setiap bahasa punya tingkat kesulitan masing-masing. Meski begitu, tingkat kesulitan bahasa ini sifatnya nggak universal. Bisa jadi bahasa yang dianggap sulit sama orang Inggris, ternyata mudah bagi kita, atau sebaliknya. Tapi secara umum ini lho 7 bahasa yang memang dinilai sulit bagi kebanyakan orang. Simak bareng Hipwee News & Feature yuk~

1. Dari bentuk tulisannya yang beda dari abjad biasa aja kita udah bisa tahu kalau bahasa Mandarin itu termasuk sulit dipelajari. Baru lihat aja udah bikin puyeng…

Bahasa Mandarin via bnews.kz

Advertisement

Mandarin termasuk bahasa yang populer digunakan di dunia. Tapi bahasa ini cukup sulit dipelajari. Selain karena huruf-hurufnya yang berbeda dari abjad biasa, dalam bahasa Mandarin dikenal ada 4 nada berbeda, tergantung konteks pengucapannya. Hal lain yang bikin Mandarin jadi bahasa yang menantang karena ia punya banyak kata yang pengucapannya sama, namun beda arti, tergantung kalimat yang mengikutinya.

2. Kayaknya hampir semua bahasa yang tulisannya nggak ‘ABCDE’ itu susah deh. Selain Mandarin, bahasa lain yang nggak kalah rumit adalah arabic!

Bahasa Arab via www.thenational.ae

Meskipun cuma punya 28 jenis alfabet, tapi bahasa Arab tetap menantang buat dipelajari karena setiap hurufnya bisa berubah bunyi sesuai huruf di sekitarnya. Intonasi dan nadanya juga beda-beda, masing-masing ada aturannya sendiri. Ada beberapa kata yang pengucapannya harus ‘diayun’. Meskipun bahasa ini digunakan di lebih dari 20 negara, tapi tiap negara punya dialek berbeda-beda.

3. Ada juga bahasa Jepang, yang sistem penulisan hurufnya aja terbagi jadi tiga! Yang pernah belajar pasti tahu hiragana, katakana, dan kanji deh

Belajar bahasa Jepang via www.jcccw.org

Sistem penulisan huruf Jepang ada 3; hiragana, katakana, dan kanji yang mana masing-masing punya bentuk alfabet berbeda. Katanya kalau mau bisa nulis Jepang harus menguasai ribuan karakter dulu lho. Belum lagi struktur kalimatnya yang agak berbeda dengan struktur kalimat bahasa lain. Benar-benar rumit!

4. Nggak cuma lucu saat dilafalkan, bahasa Thailand ternyata juga tergolong sulit buat dipelajari lho. Satu kata aja artinya bisa banyak, tergantung nada bicaranya

Bahasa Thailand via www.whitesandsthailand.com

Advertisement

Orang Thailand punya logat bahasa yang terbilang unik. Sampai kita kadang malah ketawa mendengar mereka berbicara. Eits, tapi jangan keburu ngeremehin dulu, ternyata bahasa Thailand ini juga terbilang sulit dipelajari lho. Satu kata aja bisa berarti banyak, tergantung gimana melafalkannya. Intonasi atau nadanya aja katanya ada 5 jenis berbeda. Belum lagi bunyi vokalnya yang bisa panjang atau pendek, serta penulisannya yang nggak kalah njelimet.

5. Masih di Asia Tenggara, bahasa Vietnam pun ternyata cukup susah dipelajari, karena sekali lagi, tone melafalkan setiap kosa kata itu ngaruh ke artinya

Bahasa Vietnam via asiasociety.org

Selain Thailand, negara ASEAN lain yang bahasanya rada susah dipahami adalah Vietnam. Tata bahasa yang nggak biasa, pelafalan yang sulit, serta 6 nada berbeda membuat siapapun yang belajar bahasa ini bakal kewalahan. Kabarnya buat bisa berbicara dan membaca, orang butuh waktu setidaknya 1.100 jam di kelas. Jadi, tertarik belajar bahasa Vietnam?

6. Meski sekarang mulai banyak orang jadi rada paham bahasa Korea karena keseringan nonton K-Pop, tapi bahasa ini termasuk yang tersulit dipelajari lho

Belajar bahasa Korea via www.hipwee.com

Bagi para K-Popers, mungkin saat ini bahasa Korea jadi bahasa favorit selain Inggris. Kalian yang suka nonton drama Korea, kemungkinan sudah mulai mengerti sedikit-sedikit arti dari beberapa kalimat dalam bahasa Korea. Tapi ternyata kalau dipelajari secara serius, bahasa ini juga termasuk menantang lho. Struktur S-P-O-K-nya benar-benar berbeda dengan bahasa Indonesia atau Inggris. Kalau di sana, urutannya adalah subjek-objek-predikat. Belum lagi kamu juga harus menghafal huruf-huruf hangul. Hmm…

7. Mungkin kamu semua sepakat kalau bahasa Rusia cukup sulit dipahami. Apalagi bahasanya pakai alfabet Cyrillic, makin menantang guys!

Bahasa Rusia via readrussia.com

Bahasa Rusia memang sering muncul dalam film-film action. Tapi meskipun sering lihat aktor ngomong Rusia, tetap aja rasanya susah banget buat memahami. Bahasa Rusia memakai alfabet Cyrillic, yang jenisnya banyak banget. Intonasi dalam bahasa ini juga dinilai membingungkan, soalnya nggak ada aturan tertentu yang membedakan satu kata dengan kata lain. Jadi selain belajar teori, kayaknya kamu mesti sering-sering nonton video percakapan orang Rusia deh.

Sebenarnya masih banyak sih bahasa yang cukup sulit dipelajari. Tapi rata-rata orang dari manapun bakal sepakat kalau 7 bahasa di atas emang levelnya udah dewa. Sampai-sampai banyak yang bilang, mustahil bagi turis asing buat jago bahasa-bahasa tersebut. Kamu yang menguasai salah satunya, sepertinya patut sedikit berbangga diri~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya