Dalam membeli makanan, salah satu yang wajib diperhatikan adalah tanggal kedaluwarsanya. Dengan memperhatikan hal tersebut, tentunya kamu akan terhindar dari bahaya yang mengintai. Sudah banyak ‘kan kasus mengenai orang yang harus menanggung dampak buruk dari mengkonsumsi makanan yang sudah lewat dari tanggal kedaluwarsa. Dari mulai sekadar sakit perut, muntah, atau bahkan sampai harus opname di rumah sakit. Bayangkan saja, sudah basi kok malah dimakan.

Tapi ternyata ada lho beberapa jenis makanan yang nggak punya tanggal kedaluwarsa. Artinya, ya aman-aman saja dimakan meski sudah berbulan-bulan, bertahun-tahun, sampai bahkan ada yang klaim selamanya. Masa sih?!  Coba cek sendiri deh daftar yang berhasil dihimpun Hipwee News & Feature ini.

1. Beras putih jadi salah satu makanan yang nggak punya tanggal kedaluwarsa. Aman sih kalau stok banyak di rumah

Beras putih via ekafarm.id

Advertisement

Menurut penelitian, asalkan terlindungi dari kelembaban dan serangga, beras putih akan tetap awet dan memiliki kandungan nutrisi yang sama. Jadi jika ingin beras di rumahmu tahan lama, pastikan menyimpannya di tempat yang tertutup rapat dan juga kering.

2. Madu disebut-sebut sebagai makanan yang benar-benar tak akan ‘rusak’

Madu disebut-sebut sebagai makanan yang benar-benar tak akan ‘rusak’.  Hal ini disebabkan karena sari bunga yang tercampur dengan enzim yang ada di tubuh lebah menghasilkan gula yang mengandung asam berkadar tinggi dengan kelembaban sangat rendah. Hal ini yang membuat bakteri tidak bisa tumbuh.

3. Garam juga jadi makanan awet dan nggak perlu tanggal kedaluwarsa. Bisa sih kalau mau simpan persediaan yang banyak untuk dapur

Garam dapur via dreamicus.com

Baik garam laut maupun garam meja, jenis makanan ini merupakan sodium chloride, yaitu mineral yang berasal dari tanah. Jadi, sifatnya yang tahan lama jelas tidak mengherankan. Garam juga lazim digunakan untuk mengawetkan makanan, atau jenasah, karena menurunkan kelembaban. Tapi untuk garam beryodium hanya bertahan sekitar 5 tahun saja, karena yodium itu sendiri yang menurunkan kadar keawetan garam.

4. Kabar baik buatmu yang nggak bisa makan tanpa kecap. Makanan yang satu ini juga tahan lama, lho!

Advertisement

Pada dasarnya, kecap alami memiliki daya tahan yang cukup lama, terutama jika masih dalam keadaan tutup tersegel. Bahkan dalam keadaan tersegel, katanya sih merek kecap terkenal dari Jepang Kikkoman bisa tahan selamanya. Namun jika sudah dibuka dengan adanya kontaminasi dari beberapa bahan, daya tahan kecap menjadi menurun. Tapi itu tak jadi masalah jika disimpan di dalam kulkas.

5. Sama seperti madu, gula bisa menjadi makanan yang long lasting

Meskipun jika disimpan terlalu lama, baik gula bubuk (gula halus) maupun gula pasir akan menggumpal, hal itu ternyata bukan berarti bahwa gula tersebut sudah basi. Sama seperti madu, gula bisa menjadi makanan yang long lasting. Tapi, perhatikan cara penyimapanannya. Pastikan berada pada wadah kedap udara, sehingga kelembaban tidak dapat masuk. Namun demikian, bagaimanapun juga produsen gula wajib untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa.

6. Meski kalau sudah lama kacang jadi keras, tapi itu bukan berarti basi kok!

Kacang kering via www.momjunction.com

Kacang kering atau kacang polong merupakan jenis kacang yang bisa disimpan selamanya jika disegel dengan benar dan disimpan di tempat yang sejuk. Meski kalau sudah disimpan lama, kacang kering bisa mengeras sedikit seiring bertambahnya usia tapi tak jadi soal ketika dimasak, karena akan kembali melunak.

7. Asam dalam cuka mencegah pertumbuhan bakteri, jadi ini alasan kenapa cuka juga nggak ada tanggal kedaluwarsanya

Cuka putih via www.momjunction.com

Asam dalam cuka mencegah pertumbuhan bakteri, sehingga cuka putih tidak akan pernah rusak. Tetap “segar” dan bisa terus digunakan untuk membumbui makanan, membuat saus, dan di luar itu, ternyata cuka bisa juga untuk membersihkan perkakas rumah tangga, menjadi obat antiseptik, dan pewangi yang efektif. Yang terpenting, simpan di tempat kering dan sejuk.

8. Terakhir ada ekstrak vanila mengandung alkohol yang membuatnya awet dan tahan lama

Extract vanilla via bohobunnie.com

Karena kandungan alkoholnya, sari vanila selalu segar dan juga tahan lama. Rasanya juga tidak berubah jika disimpan dengan baik. Namun sayangnya ini tidak berlaku untuk variasi sari vanila imitasi yang tidak lagi murni karena justru tidak mengandung alkohol di dalamnya. Jika ingin menyimpan untuk persediaan sebaiknya beli yang berkualitas baik dengan harga mahal, dan tidak punya tanggal kedaluwarsa.

Jadi, dengan adanya beberapa jenis makanan ini di dapur, rasanya nggak perlu khawatir lagi untuk mengecek tanggal kedaluwarsanya. Tapi, yang perlu diperhatikan tentunya adalah cara penyimpanannya ya agar selalu terjaga dengan baik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya