8 Tokoh Perempuan Indonesia Berprestasi Internasional, Berhasil Menginspirasi Dunia

Tokoh perempuan Indonesia yang menginspirasi dunia

Tanggal 8 Maret yang diperingati sebagai Hari Perempuan Internasional. Hari ini mengingatkan kita akan sosok wanita-wanita hebat di dunia. Mereka berjuang dengan berbagai kepiawaian hingga akhirnya bisa mendapatkan pengakuan publik. Tentunya, mereka juga memperjuangkan isu kesetaraan gender bukan hanya di negara mereka, tapi juga dunia.

Advertisement

Berbicara tentang wanita hebat, Indonesia juga memiliki wanita-wanita hebat yang berhasil menginspirasi dunia. Mereka berhasil membuktikan kepada dunia bahwa wanita memberikan kontribusi di kehidupan nyata. Wanita-wanita hebat yang berasal dari Indonesia ini bahkan telah mendapatkan pengakuan di mata dunia. Ini dia wanita-wanita hebat Indonesia yang berhasil menginspirasi dunia!

1. Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani

Sri Mulyani | Credit : IG @ajielubis

Beliau pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksanaan World Bank di tahun 2010. Prestasinya tidak berhenti sampai di sana. Ibu Sri Mulyani juga menjabat sebagai Menteri Keuangan RI. Ia juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Menteri Keuangan terbaik di Asia Pasifik. Tidak berhenti di sana saja, majalah Forbes pun mengakui keberadaannya sebagai 100 Wanita Paling Berpengaruh Di Dunia.

2. Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti | Credit : IG @susipudjiastuti115

Siapa yang tidak kenal dengan Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia ini? Selain terkenal nyentrik, Ibu Susi Pudjiastuti juga telah menorehkan berbagai prestasi. Sebelum menjabat menjadi Menteri, ia merupakan seorang pengusaha sukses. Walau pendidikannya hanya sebatas SMP, tapi Ibu Susi berhasil menginspirasi dunia dengan keberhasilan yang sudah diraihnya. Ibu Susi Pudjiastuti ini juga merupakan 100 Wanita Paling Berpengaruh di dunia pada tahun 2017 versi BBC.

Advertisement

3. Liliyana Natsir

Liliyana Natsir

Liliyana Natsir | Credit : IG @natsirliliyana

Sosok atlet perempuan yang satu ini berhasil mengharumkan nama Indonesia di dunia badminton. Liliyana Natsir telah menorehkan berbagai prestasi di kancah internasional sebagai pemain badminton yang mewakili Indonesia. Butet, begitu sapaan akrabnya, telah sering mendapatkan medali emas di berbagai pertandingan internasional. Namanya bukan hanya terkenal di Indonesia, tapi juga dunia.

4. Christine Hakim

Christine Hakim

Christine Hakim | Credit : IG @christinehakimofficial

Sosok Christine Hakim yang berasal dari dunia industri film adalah salah satu wanita Indonesia yang telah diakui dunia. Ia bahkan pernah ditunjuk menjadi juri Festival Film Cannes ke-55. Tidak selesai di sana, ia juga terpilih menjadi Duta Jasa-Jasa Baik Indonesia untuk UNESCO. Wah, sosok yang sangat inspiratif ya, SoHip?

5. Nicke Widyawati

Nicke Widyawati

Nicke Widyawati | Credit : IG @nicke_widyawati

Nicke Widyawati menjabat sebagai Direktur Utama Pertamina sejak tahun 2018. Hasil kerja kerasnya pun telah diakui dunia. Ia dinobatkan sebagai penerima penghargaan Women’s Work of Female Grace dari Indonesia Asia Institute pada tahun 2013. Tidak berhenti di sana, beliau juga dinobatkan sebagai salah satu Most Powerful Women International versi majalah Fortune. Pada tahun 2020, majalah Forbes juga memasukkannya dalam jajaran 100 besar Most Powerful Women.

Advertisement

6. Desi Anwar

Desi Anwar

Desi Anwar | Credit : IG @dennytjan

Desi Anwar adalah sosok berpengaruh yang lahir dari dunia jurnalis. Ia memulai karirnya dari presenter hingga sekarang menjadi Dewan Direksi CNN Indonesia. Sosok perempuan yang satu ini sekarang dikenal sebagai News Anchor kelas dunia. Ia juga memiliki kemampuan dalam 3 (tiga) bahasa yaitu Bahasa Indonesia, Inggris, dan Prancis. Dalam perjalanannya karirnya, ia juga telah mewawancari tokoh-tokoh besar dunia.

7. Butet Manurung

Butet Manurung

Butet Manurung | Credit : IG @sokolainstitute

Butet Manurung bukan hanya seorang aktivis sosial dan antropolog Indonesia, beliau juga penggagas Sokola Rimba yang membantu pemerataan pendidikan di Indonesia. Aksi sosialnya ini mendapat sorotan dari banyak pihak. Alhasil, ia pun tak jarang mendapatkan penghargaan bahkan dalam kancah internasional. Butet Manurung pernah menerima penghargaan “Nobel Asia” Ramon Magsaysay Award 2014.

Tidak hanya itu saja, ia juga masuk dalam jajaran Wanita Berpengaruh versi majalah Young Global Leader 2009, Time Magazine’s Hero of Asia 2004, Unesco’s Man and Biospere Award 2001, dan masih banyak lagi.

8. Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi

Anggun C Sasmi | Credit : IG @anggun_cipta

Siapa yang tidak kenal dengan diva musik yang satu ini? Anggun C Sasmi melalui kepiawaiannya dalam dunia tarik suara berhasil mendapatkan pengakuan di mata dunia. Ia telah berhasil menembus tangga musik Billboard. Pada tahun 1994, ia memutuskan untuk mengepakkan sayapnya lebih jauh hingga ke Prancis.

Hasil kerja kerasnya pun telah diakui dunia dan mendapatkan banyak penghargaan. The Cosmopolitan Asia Women Award 2000 dan World’s Best Selling Indonesian Artist adalah penghargaan internasional sangat bergengsi yang pernah diraihnya.

Itu dia sosok wanita tangguh yang berasal dari Indonesia. Semoga kesetaraan gender terus diperjuangkan sehingga wanita-wanita di dunia bisa mendapatkan tempat yang setara. Yuk, terus berkarya dan menginspirasi tanpa batas! Siapa tahu wanita berpengaruh selanjutnya adalah kamu, SoHip! Btw, Happy International Woman’s Day ya, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE