Ketika terjadi bencana di suatu daerah, pasti langsung ada banyak orang yang menunjukkan aksi solidaritas dengan mengirimkan bantuan berupa makanan, minuman, pakaian, dan sebagainya. Biasanya, pilihan makanan yang dikirimkan adalah mi instan. Tapi, ada yang berbeda dari bantuan untuk korban bencana ini. Seperti dilansir dari Kompas, Pemerintah Sumatera Barat akan mengirimkan rendang daging sebanyak 1 ton untuk membantu saudara yang mengungsi akibat gempa bumi di Lombok, NTB. Rendang dipilih karena rasanya yang enak, kandungan protein hewaninya yang besar, dan juga tahan lama. Yang jelas hal ini jauh lebih baik dibandingkan memberikan bantuan berupa mi instan dan membiarkan pengungsi mengonsumsi banyak makanan tersebut.

Tetapi, sebenarnya alternatif memberi bantuan berupa makanan nggak terbatas hanya sekedar mi instan dan rendang lho. Ada banyak makanan lain yang bisa diberikan sebagai bantuan. Tentu saja tetap memperhatikan kualitas serta gizi yang ada pada makanan tersebut. Kebanyakan juga adalah makanan khas daerah tertentu di Indonesia yang tentu saja cocok di lidah para pengungsi. Yuk intip makanan tahan lama apa saja yang bisa disumbangkan kepada korban bencana bersama Hipwee News & Feature~

1. Bukan hanya karena rasa rendang sudah diakui kelezatannya secara internasional, tapi tahan lamanya yang bikin makanan ini cocok dikirim sebagai bantuan bencana

Rendang bisa tahan lama asal dimasak dan disimpan dengan cara yang benar via merahputih.com

2. Selain rendang, bumbu pecel juga bisa jadi alternatif lho. Bumbu pecel juga tahan lama dan mudah diolah sebelum disajikan

Bumbu pecel ini dibuat dalam kondisi yang kering. Untuk mengolahnya, tinggal diseduh aja deh via cookpad.com

3. Makanan khas Brebes yaitu telur asin juga cocok untuk diberikan saat bencana. Telur asin yang nggak dimasukkan kulkas bisa tahan 1 bulan lho

Telur asin bisa bertahan hingga 30 hari lho via ulinulin.com

4. Olahan daging lain yang bisa dijadikan bantuan makanan adalah abon. Karena kering, tentu saja abon tahan lama dan rasanya juga enak lho

Biasanya, abon terbuat dari daging sapi. Tapi, sekarang ada juga yang terbuat dari ayam, lele, dan sebagainya via dailynewsid.com

5. Orang Jogja pasti tahu banget deh dengan gudeg. Gudeg dalam bentuk kemasan kaleng ini cukup awet dan bisa dikirim sebagai bantuan bencana

Gudeg dalam bentuk kalengan bisa jadi alternatif lho. Rasanya juga enak kok via oleholehjogja.biz

6. Selain itu, sambal ikan roa yang kering bisa awet lama ketika dikemas dengan benar. Saat kemasan dibuka, sambal roa bisa tahan 1 sampai 2 bulan

Dalam campuran sambal pedas ini ada ikan yang mengandung protein via jatim.tribunnews.com

7. Anak kos pasti tahu dengan kering tempe dong. Nah, karena tahan lama, ini juga cocok dikirim sebagai bantuan, apalagi ada kandungan protein nabatinya

Karena kering, maka makanan ini bisa bertahan cukup lama lho via www.vemale.com

8. Kering kentang baik yang manis atau balado juga bisa dijadikan bantuan. Biar kandungan nggak cuma karbohidrat aja, bisa ditambah kacang tanah

Nah, kering kentang seperti ini biasanya dikenal juga dengan istilah kentang “mustofa” via jateng.tribunnews.com

9. Makanan kalengan juga bisa jadi pilihan lho, misalnya aja ikan tuna atau sarden kalengan. Selain mudah diolah, ikan kalengan juga enak rasanya

Makanan kalengan memang sengaja diawetkan sehingga bisa tahan lama via hellosehat.com

Advertisement

Memberi bantuan juga perlu memperhatikan faktor gizi. Bantuan makanan wujudnya bukan cuma mi instan aja. Mi instan punya kandungan karbohidrat dan garamnya yang tinggi lho. Alternatif makanan diatas bisa jadi pilihan lain yang pastinya akan sangat bermanfaat bagi penerima bantuan

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya