Ternyata, selain karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan zat gizi lain, selama ini dalam makanan kita, kita juga mengonsumsi plastik lho. Dan hal itu sudah kita lakukan sejak lama secara nggak sadar. Kok bisa sih? Apa karena digorengnya pakai plastik seperti yang biasanya ada di tayangan televisi? Nggak. Bukan karena itu. Kandungan plastiknya bahkan sudah masuk di dalam makanan tersebut.

Emang sih, plastik yang secara nggak sadar kita konsumsi ini bukan tas plastik kresek besar yang didapat setelah belanja di toko kelontong atau dari bungkus makanan dan minumannya, tetapi dari mikroplastik. Jadi, sebenarnya sampah plastik bisa terurai jadi ukuran yang sangat kecil dari 5 sampai 100 nanometer sehingga disebut dengan mikroplastik.

Advertisement

Meski bisa mengecil ukurannya, tapi mikroplastik ini nggak bisa terdegradasi sehingga akan terus jadi plastik namun dalam ukuran yang lebih kecil. Kebanyakan dari mereka berakhir jadi sampah di lautan. Ini dia sumber plastik dari yang kita konsumsi, yaitu ketika makanan dan minuman terkontaminasi dengan mikroplastik. Lalu apa aja makanan dan minuman yang sudah tercemar dengan mikroplastik? Dikutip dari Independent, berikut adalah daftarnya. Yuk simak bersama Hipwee News & Feature~

1. Makanan dari laut berisiko punya kandungan plastik yang besar. Contohnya pada kerang di Eropa yang bisa mengandung sekitar 90 mikroplastik di tiap porsinya

Kerang tercemar mikroplastik dari air laut via chezbasilic.com

2. Selain kerang, mikroplastik juga ditemukan pada hati ikan. Meski biasanya dibuang, tetapi ada resiko mikroplastik itu juga menyebar pada tubuh ikan lho

Meski hanya ditemukan di hati ikan, mikroplastik bisa jadi sudah menyebar ke tubuh ikan lho via www.1zoom.me

3. Mikroplastik ditemukan juga pada ikan kalengan, tetapi kandungannya sangat kecil. ‘Hanya’ ada 5 mikroplastik yang terkandung dalam satu porsinya

Mikroplastik di ikan kalengan bisa jadi karena proses pengalengannya atau dari udaranya via www.supermarketnews.com

4. Nggak hanya hewan laut aja, ternyata garam laut juga mengandung mikroplastik lho. Meski begitu, jumlahnya relatif tergantung dengan proses pengolahannya

Kalau sehari kita makan 5 gram garam, artinya tiap hari kita makan 3 mikroplastik via www.spiceography.com

5. Parahnya, air minum yang biasa dikonsumsi tiap hari juga terdapat mikroplastik. Di air minum kemasan, ada 2 – 44 mikroplastik per liternya

Bahkan tanpa sadar kita juga meminum mikroplastik via thetakeout.com

6. Nggak hanya yang berhubungan dengan laut dan air aja, bahkan ayam di Meksiko juga mengandung 10 mikroplastik di tiap ampelanya

Mikroplastik juga ditemukan di hewan darat seperti ayam lho~ via www.inspiredtaste.net

7. Selain itu, ditemukan juga mikroplastik pada madu lho. Niatnya mau sehat dengan minum madu, tapi kok malah jadi makan plastik~

Madu pun nggak luput dari kontaminasi mikroplastik via birkbyfoods.com

8. Buat yang suka minum bir, kayaknya harus waspada deh. Pasalnya, mikroplastik juga ada dalam bir. Kira-kira ada 10 mikroplastik tiap botolnya.

Selain nggak baik buat kesehatan karena kandungan alkoholnya, bir juga mengandung plastik via www.thedenizen.co.nz

9. Sebenarnya, hampir semua makanan yang dikonsumsi mengandung mikroplastik yang asalnya dari debu-debu yang menempel di makanan lho. Hiiii~

Jadi, selama ini makanan kita dibumbui oleh plastik dari debu yang bertebaran di udara via www.stuff.co.nz

Sampai sekarang, masih belum diketahui dengan jelas bahaya mikroplastik bagi tubuh manusia secara langsung. Yang jelas mikroplastik nggak bisa dicerna oleh organ tubuh manusia dan berisiko mengendap di badan. Kalau sudah begitu, pasti lama-kelamaan, endapan mikroplastik akan mengganggu metabolisme tubuh kita. Jadi penting banget artinya guys untuk segera bertindak mengatasi menggunungnya sampah plastik yang bukan cuma mengotori sungai atau jalanan, tapi juga sampai menyusup masuk badan kita~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya