Akhir-akhir ini, masyarakat lagi heboh dengan keberadaan vaksin measles dan rubella alias vaksin MR. Vaksin MR yang diimpor dari India tersebut sempat jadi perdebatan karena belum mengantongi sertifikat dari MUI. Namun, saat ini MUI sudah memberikan pernyataan yang memperbolehkan vaksin MR. Seperti dikutip dari Kompas, sebenarnya vaksin MR terbuat dari babi namun MUI memperbolehkannya dengan tiga alasan yaitu kondisi keterpaksaan yang darurat, belum adanya vaksin MR yang halal dan suci, serta ada keterangan dari ahli bahwa tidak melakukan vaksin MR bisa menimbulkan bahaya.

Sebenarnya, vaksin punya banyak manfaat lho bagi manusia. Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia, vaksin adalah produk biologi yang berasal dari virus, bakteri, atau kombinasi keduanya yang dilemahkan. Vaksin diberikan untuk orang sehat untuk merangsang antibodi atau kekebalan tubuh demi menangkal suatu penyakit tertentu. Bahkan, nggak hanya bisa bikin kita nggak terkena suatu penyakit, vaksin bisa juga membasmi suatu penyakit lho. Keren ya! Nah, berikut ini, Hipwee News & Feature sudah merangkum penyakit apa saja yang sudah bisa dikontrol dengan vaksin. Apa aja sih? Yuk baca bersama.

1. Hati-hati lho kalau terluka karena benda yang kotor, bisa jadi kita terkena tetanus. Tapi, untungnya, ada vaksin DPT yang bisa mencegahnya terjadi

2. Selain tetanus, ada vaksin yang bisa mencegah terjadinya penyakit difteri alias radang pada selaput lendir. Mulut bisa jadi putih-putih karena difteri lho

3. Penyakit yang yang menyerang pernafasan ternyata ada banyak, salah satunya adalah TBC yang bisa menyebabkan kematian. Untungnya ada imunisasi BCG~

4. Nggak hanya TBC aja, ada juga batuk rejan alias batuk parah yang disebabkan infeksi bakteri. Makanya deh kita perlu disuntuk DPT sebanyak lima kali

5. Ada juga haemofilus influenzae yang jika tidak ditangani bisa menyebabkan kematian lho. Sudah imunisasi HIB belum nih?

6. Nggak hanya pernafasan, virus atau bakteri juga bisa menyerang organ hati sehingga menyebabkan hepatitis B. Lebih parah, bisa menuju ke arah sirosis lho. Serem~

7. Untungnya ada imunisasi polio, kalau nggak, kita bisa beresiko kena penyakit yang bikin kita jadi lumpuh karena saraf motoriknya diserang bernama polio. Hiiiii~

8. Pernah lihat ruam-ruam merah di sekujur badan? Itu namanya penyakit campak yang biasa menyerang ketika daya tahan tubuh menurun

9. Selain campak, rubela juga menyebabkan muncul ruam lho. Tapi ini bahaya jika dialami perempuan hamil karena bayinya bisa ikut tertular lho

Nah, di Indonesia sendiri sudah ada tiga jenis penyakit yang dianggap musnah karena vaksin. Ini terjadi karena penyakit itu udah nggak ditemukan lagi hingga pelosok negeri

Tapi ada juga penyakit yang sudah pernah jinak karena vaksin, tiba-tiba muncul kembali sebagai wabah karena mudah menular lho, contohnya adalah difteri.

Advertisement

Ternyata, menurut Kompas, salah satu penyebab penyakit seperti difteri muncul kembali salah satunya adalah orang tua yang mengabaikan vaksin lengkap untuk anaknya. Vaksin difteri misalnya, hanya 80% balita saja yang mendapatkan vaksin ini sehingga masih terdapat penolakan terhadap vaksin, akibatnya, sekarang penyakit kuno ini muncul kembali. Jadi, buat para orang tua nih, jangan sampai melewatkan vaksin lengkap untuk anak ya~

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya