Kamu penggemar lagu Despacito? Atau yang sudah sangat lelah mendengarkannya di kafe-kafe dan merasa Despacito sudah overplayed? Lagu yang rilis pada awal tahun 2017 ini, nggak disangka pamornya sudah bisa mengalahkan lagu-lagu kenamaan sebelumnya seperti Justin Bieber-Sorry, Psy-Gangnam Style, dan Wiz kHalifa ft Charlie Puth-See You Agaian.

Sedahsyat apa sih Despacito sampai-sampai jutaan orang bikin cover lagunya? Bahkan kabarnya demam Despacito sampai bisa membuat negara-negara Latin bangkit dari perekonomian mereka yang lagi terpuruk. Luar biasa ‘kan, betapa sebuah lagu bisa mengubah dunia. Simak yuk uraian Hipwee News and Feature berikut tentang A-Z lagu Despacito yang sampai hari ini lagi digandrungi orang seluruh dunia.

Ini dia sosok dibalik lagu Despacito dan liriknya yang nakal. Pasti kalau sekarang udah tau ‘kan arti dari liriknya?

Luis Fonsi dan Daddy Yankee via www.forbes.com

Despacito merupakan single yang dibawakan oleh seorang penyanyi asal Puerto Rico, Luis Fonsi dan sahabat rappernya, Daddy Yankee. Lirik dengan bahasa Latin yang sebenarnya menjurus pada ajakan ena-ena ini ditulis sendiri oleh Luis Fonsi dibantu oleh kawannya Erika Ender. Fonsi bermaksud ingin bikin lirik yang seksi dengan nada yang “Latin” banget agar setiap orang yang mendengarnya langsung bergoyang.

Lagu ini kemudian dirilis dan bahkan mendapatkan animo yang luar biasa dari negara lain yang jelas tidak mengerti bahasa Latin. Despacito makin sukses setelah Luis Fonsi merilis versi lagunya bareng Justin Bieber pada April lalu dan dibikinkan remix oleh Grup DJ kenamaan yaitu Major Lazer. Kesuksesan lagu Despacito sukses membuat Luis Fonsi dan Daddy Yankee berada di puncak karir.

Saking sensualnya lirik lagu Despacito, pemerintah Malaysia memutuskan buat melarang lagu ini untuk di putar di negeri Jiran

Advertisement

Gara-gara udah tahu arti liriknya, makin banyak yang larang. Tapi dah terlanjur terkenal sih via zenfs.com

Saking mendunianya, lirik lagu Despacito yang cenderung dewasa ini belakangan menuai kontroversi di Malaysia. Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia, Salleh Said Keruak kemudian memberikan pernyataan agar lagu Despacito tidak diputar di media pemerintah Malaysia dan menganjurkan media swasta untuk mensensor lirik yang fulgar. Sebenarnya sebagian besar yang mendengarkan lagu ini memang tidak tahu artinya, tapi yang bikin miris adalah ketika banyak anak di bawah umur hafal lagu ini dan menyanyikan tanpa tahu artinya.

Prestasi Despacito nggak main-main, jadi Top Chart di 45 negara dan pecahkan rekor sebagai lagu paling banyak tayang sepanjang masa

Babang Luis Fonsi dan piala top chart via www.officialcharts.com

Meskipun liriknya bukan bahasa universal seperti bahasa Inggris, Despacito nangkring jadi Top Chart lagu di 45 negara lho, termasuk di Indonesia. Selain itu lagu ini sudah mampu mengalahkan pamor Psy-Gangnam Style dan Wiz Khalifa ft. Charlie Put- See You Again. Despacito resmi jadi lagu yang paling banyak diputar di seluruh dunia hanya dalam waktu 6 bulan saja.

Unggahan klip video Despacito di Youtube versi asli dan featuring Justin Bieber jika dijumlahkan sudah mampu menembus sekitar 3 Milyar kali tayang. Sedangkan jika dijumlah keseluruhan streaming berbagai versi lagu official, sudah menembus angka 4,3 Milyar lho! Itu pun masih berlanjut hingga saat ini. Nggak kebayang deh kalau lagu Despacito sudah sampai warung-warung kopi di pelosok nusantara.

Cover lagu Despacito menjamur di internet, diganti liriknya sampai ada juga versi dangdutnya. Asique banget!

Mbak Via Vallen idola dangdut kekinian via www.lensaremaja.com

Di Indonesia sendiri banyak banget musisi dan komedian yang sudah meng-cover  lagu Despacito, mulai versi bagus sampai versi konyol. Alif Rizki mengubahnya jadi bahasa jawa berlirik Dek Lastri O, Thomas Lesmono mengubahnya jadi lirik dengan karakter naruto, Duo Harbatah mengubahnya jadi lagu tentang puasa yang berlirik Astaghfirulloh, bahkan versi cover dangdut yang dibawakan oleh Via Vallen juga laku keras. Banyak juga yang menyama-nyamakan melodi lagu Despacito dengan lagu dangdut, lalu diremix. Emang kreatif banget orang Indonesia! Menjamurnya cover-cover lagu Despacito ini pun bikin lagu aslinya makin sering didengarkan dan dikenal orang.

Kabarnya Despacito juga membantu negara Latin bangkit dari keterpurukan ekonomi lho. Hebat!

Latar Belakang Pantai Puerto Rico di klip video Despacito via www.caribjournal.com

Dua bulan yang lalu, gubernur Puerto Rico, Ricardo Rusello mengumumkan bahwa negara Latin sedang mengalami kebangkutan yang cukup signifikan. Namun dilansir dari billboard.com, ketenaran lagu Despacito ini mampu membantu negara Latin sedikit demi sedikit bangkit dari keterpurukan. Setelah mendunianya lagu Despacitom sektor pariwisata Puerto Rico meningkat pesat hingga 45% dalam beberapa bulan belakangan. Puerto Rico merupakan lokasi dimana Luis Fonsi dan Daddy Yankee mengambil setting untuk klip video musik mereka. Bahkan beberapa wisatawan mengaku penasaran dengan Puerto Rico, tempat dimana penyanyi Despacito lahir.

Meningkatnya sektor pariwisata ini usut punya usut dipicu oleh salah satu kalimat dalam lirik lagu Despacito yang berarti, “Inilah yang kami lakukan di Puerto Rico“. Orang-orang pun kemudian penasaran dengan berbagai tempat yang muncul dalam klip video Despacito. Mendengar kabar bahagia ini, Luis Fonsi pun memberikan komentar melalui akun instagram pribadinya. “Merupakan sebuah kegembiraan membaca media-media internasional ini (tentang peningkatan ekonomi negara Latin), Puerto Rico adalah tokoh utama dalam lagu ini dan video ini”. Fonsi juga nggak lupa menyampaikan terimakasih pada Daddy Yankee, Zuleyka Rivera (Miss Universe 2006 yang menjadi model klip video), dan sutradara klip video Carloz Peres.

Beberapa dari kalian mungkin sudah eneg dengan lagu Despacito karena sertiap hari mendengar lagu ini diputar. Tapi dibalik semua itu ternyata ada kisah luar biasa di balik popularitas lagu ini. Keberhasilan Luis Fonsi dan Daddy Yankee yang berdampak langsung ke negara Latin juga patut kita acungi jempol. Sebentar lagi diprediksikan mulai banyak yang melirik bahasa latin dan ingin mempelajarinya.  Asal nggak usah terlalu menghayati lirik lagu Despacito ini ya guys, bahaya kalau belum punya pasangan sah! 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya