Afgan dan Aulion Bicara Tentang Kreativitas dalam Kegiatan Literasi Digital Kemkominfo Bersama Siberkreasi

Literasi digital

Sejak minggu pertama bulan Juli, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama GNLD Siberkreasi menjalankan kegiatan daring bertajuk #MakinCakapDigital. Kegiatan ini mengusung dua program utama, “Nge-Zoom Bareng Public Figure” dan “Gali Ilmu”, yang mana tujuannya adalah meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia.

Advertisement

Tema bahasan yang diangkat dalam kegiatan #MakinCakapDigital pun beragam dan relevan dengan perkembangan teknologi masa kini. Seperti pada Sabtu (25/7) kemarin, program Gali Ilmu mengangkat tema “Membuat Video Kreatif dengan Smartphone” bersama konten kreator Aulion sebagai narasumber.

Poin penting yang harus diperhatikan ketika ingin bikin konten video

(dok. Kemkominfo/Siberkreasi)

Seperti kita tahu, minat masyarakat digital Tanah Air terhadap konten video meningkat dalam beberapa waktu terakhir. Tak hanya sebagai penikmat, banyak dari masyarakat juga ingin menghasilkan konten video bikinan masing-masing. Oleh karena itu, Kemkominfo bersama Siberkreasi menilai perlu mendukung antusiasme tersebut dengan memberikan edukasi terkait pembuatan video yang kreatif dan menarik secara sederhana.

Dalam hal ini, Aulion sebagai konten kreator yang sudah terbilang ahli memproduksi video kreatif dianggap tepat untuk memberikan tips-tips mengenai bidang yang ia geluti. Dalam pembahasannya, Aulion membeberkan banyak tips-tips kreatif dan beberapa poin penting yang harus diperhatikan ketika ingin bikin konten video.

Advertisement

Aulion menyampaikan poin penting pertama darinya adalah visualisasi. Ini tak terelakkan karena visualisasi adalah kunci utama konten video. Poin selanjutnya adalah anti-mainstream, disusul relateable atau relevan, dan menggunakan teks agar mempermudah penikmat video dalam memahami konteks.

Keempat poin di atas, kata Aulion, harus disusul dengan hal yang tak kalah penting yaitu publikasi. Bukan semata untuk menyampaikan konten yang sudah dibikin ke khalayak, melainkan juga untuk mendapat kritik maupun saran sehingga ke depannya bisa lebih baik. Selain itu, langkah ini juga penting karena dapat menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

“Menginspirasi satu orang jauh lebih baik daripada engggak sama sekali,” ujar Aulion.

Advertisement

Afgan diajak bicara tentang “Kreasi Musisi di Era Digital”

(dok. Kemkominfo/Siberkreasi)

Seperti telah disampaikan, selain program Gali Ilmu, kegiatan #MakinCakapDigital juga punya program Nge-Zoom Bareng Public Figure. Nah, di minggu terakhir bulan Juli ini, program tersebut mengundang Afgan untuk bicara tentang “Kreasi Musisi di Era Digital”.

Kemkominfo dan Siberkreasi mengatakan tema tersebut diangkat untuk memberikan inspirasi kreatif, tentang bagaimana musisi papan atas bisa bertahan dan tetap meraih kesuksesan di tengah transformasi zaman dan keterbatasan akibat pandemi Covid-19. Afgan pun bicara banyak tentang dua isu tersebut.

Dalam hal digitalisasi industri musik, Afgan mengamini kalau hal ini, meski nggak mudah, telah memberikan manfaat untuk menunjang kreasi para musisi. Seperti dengan adanya media sosial, Afgan menilai telah memudahkan musisi dalam memasarkan karya dan menggaet pendengar.

Seperti mungkin kamu tahu, Afgan pernah menggunakan platform Tik-Tok untuk memasarkan karya musiknya. Cara yang ia lakukan adalah dengan menggeluarkan challenge, yang mana merupakan ciri khas platform tersebut. Langkah kreatif memaksimalkan media sosial yang dilakukan Afgan ini nyatanya berhasil dan bisa jadi inspirasi. Orang-orang banyak yang ikutan challenge tersebut dengan menggunakan lagunya.

Afgan pun berpesan, hal utama yang harus ditetapkan saat hendak memaksimalkan teknologi dalam berkreasi adalah tujuan. Menurutnya, mencari tujuan dari apa yang akan kita lakukan di media sosial adalah penting. Setelah itu, lanjutnya, tinggal dibarengi dengan kejujuran diri dan inspirasi yang bisa didapat dari mana saja untuk memproduksi kontennya.

Nah, itu dia rangkuman keseruan kegiatan #MakinCakapDigital Sabtu (25/7) kemarin. Ke depannya, Kemkominfo dan Siberkreasi mengatakan akan terus berupaya menyajikan tema-tema menarik yang bermanfaat bagi masyarakat. Untuk itu, jangan sampai ketinggalan kegiatan Literasi Digital lainnya. Kamu bisa memantau akun sosial media @siberkreasi atau mengakses website info.siberkreasi.id untuk mengetahui kegiatan berikut yang tak kalah menarik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE