Air Terjun Victoria Alami Kekeringan Parah. Tapi Ternyata Kondisinya Nggak Buruk-buruk Amat

Air terjun Victoria kekeringan

Sejak semingguan yang lalu tersiar kabar kalau air terjun Victoria, salah satu air terjun terbesar di dunia, mengalami kekeringan yang cukup parah. Air terjun yang terletak di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe ini surut hingga tebing-tebing yang harusnya ada di balik air terjun terlihat jelas. Kalau lihat dari foto-foto dan video yang beredar, kondisi air terjun ini memang kering kerontang, cuma tampak Sungai Zambezi di bawahnya aja yang airnya mengalir.

Advertisement

Namun, belum lama ini ada informasi yang mengatakan kalau kondisi air terjun Victoria itu nggak seburuk seperti yang sudah diberitakan media-media kebanyakan. Walau kita juga nggak bisa menampik dampak nyata dari pemanasan global, tapi sebaiknya juga jangan menelan mentah-mentah info yang kita dapat dari media, internet, atau medsos. Memang bagaimana keadaan air terjun Victoria yang sesungguhnya?

Mulanya, lini masa dikejutkan dengan foto-foto dan video yang menampilkan kondisi terkini air terjun Victoria di Afrika. Air terjun terbesar itu surut, kabarnya karena cuaca ektrem

Fotografer mengabadikan foto air terjun Victoria yang kering kerontang via qz.com

Kemarau panjang yang melanda Afrika ternyata berdampak cukup serius pada kondisi lingkungan di sana. Bahkan air terjun Victoria, salah satu air terjun terbesar yang terletak di perbatasan Zambia dan Zimbabwe itu mengalami kekeringan yang cukup parah. Dilihat dari foto-foto dan video yang tersebar di lini masa, air terjun tirai itu terlihat surut, begitu pun dengan rerumputan yang ada di atasnya, yang mulanya hijau segar, jadi tampak kering dan berubah jadi cokelat.

Kondisi itu dikaitkan dengan perubahan iklim parah yang memang sedang melanda seluruh dunia. Bumi jadi makin panas, menciptakan iklim kering di banyak negara. Suhu global juga dilaporkan meningkat jika dibandingkan dengan bertahun-tahun silam.

Advertisement

Parahnya kekeringan yang dialami air terjun Victoria itu ternyata disanksikan sejumlah pihak. Bukannya skeptis sama perubahan iklim, tapi menurut mereka kondisi Victoria nggak parah-parah banget

Katanya nggak selebay yang diberitakan di medsos via www.ladbible.com

Ada satu media yang lumayan berani melawan “arus” dengan menyatakan kalau kondisi air terjun Victoria itu nggak sebegitunya, seperti yang telah digembor-gemborkan sebelumnya. Times Live, menyebut kalau kekeringan yang terjadi di Victoria memang sudah jadi ‘event’ musiman. Volume air yang turun di Victoria dipengaruhi oleh curah hujan musiman dan sudah ada tanda-tanda perbaikan sejak kabar kekeringannya merebak di YouTube September lalu.

Otoritas Sungai Zambezi (ZRA), menyebut kalau aliran terendah yang pernah tercatat di air terjun Victoria itu justru terjadi pada tahun 1995-1996. Logikanya kalau air terjun itu terus mengering setiap tahun, harusnya semakin ke sini aliran airnya makin rendah. Ya nggak sih?

Terlepas dari gimana kondisi air terjun Victoria saat ini, tapi untuk soal perubahan iklim dan pemanasan global itu bukan kabar yang dilebih-lebihkan ya, Guys! Beneran terjadi dan berlangsung sampai sekarang

Advertisement

Global warming is reaaal via metro.co.uk

Karena letaknya yang jauh dari Indonesia, kita yang di sini nggak bisa membuktikan secara langsung gimana kondisi sebenarnya air terjun Victoria di Afrika itu. Kalau pun lagi kering, ya kita bantu doa aja supaya airnya bisa segera mengalir deras kembali. Terlepas dari gimana kondisi sebenarnya di air terjun besar itu, sebenarnya justru yang patut mendapat perhatian lebih dari kita adalah pemanasan global, yang notabene memang sedang berlangsung dan kita alami juga di sini.

Jika manusia nggak segera berbenah dan merumuskan solusi jitu mengurangi serbuan dampak pemanasan global, bukan nggak mungkin di masa mendatang kita akan mengalami kekeringan parah. Bumi yang semakin panas bisa memengaruhi kehidupan makhluk hidup di bumi. Manusia mungkin nggak kena dampak langsung, tapi dengan berkurangnya air, hewan-hewan ternak bisa berkurang, tumbuh-tumbuhan mati, manusia bisa mengalami kurang gizi parah. Dan… bisa dibayangkan lah apa yang terjadi selanjutnya.

Jadi, yuk, lah mulai sekarang sadar diri kalau bumi memang sedang tidak baik-baik saja. Mari lebih bijak lagi dalam beraktivitas ya, Guys!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE