Akun IG Kemenparekraf Sempat Hilang, Cyber Security Dipertanyakan

Akun bercentang biru itu diretas oleh hacker dan sempat hilang dari pencarian IG

Akun Instagram milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mendadak hilang dari pencarian pada Rabu (09/03/2022) kamarin. Namun per hari ini, Jumat (11/02/2022) akun Instagram resmi milik Kemenparekraf @kemenparekraf.ri sudah dapat ditemukan kembali.

Advertisement

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyebutkan bahwa hilangnya akun Instagram @kemenparekraf.ri selama kurang lebih dua hari itu diretas oleh orang tak dikenal.

Sistem pertahanan siber di Indonesia sangat rentan

Termasuk bagian dari sebuah krisis, melansir dari Kompas, Sandiaga Uno segera menyampaikan permohonan maaf kepada pengikut akun Instagram @kemenparekraf.ri atas ketidaknyamanan yang terjadi dan membuat arus penyebaran informasi melalui media sosial Instagram menjadi terhambat.

Menurut Sandiaga, akun Instagram Kemenparekraf yang sempat hilang itu menjadi bukti bahwa pertahanan siber di Indonesia sangat rentan.

Advertisement

Kejadian ini adalah bukti rentannya sistem pertahanan siber Indonesia. Kita harus lakukan pembenahan. Kita harus ciptakan sebanyak-banyaknya sarjana-sarjana IT yang bisa menjaga keamanan siber Indonesia, ungkap Sandiaga.

Tanggapan pemerhati pariwisata

Hilangnya akun Instagram terverifikasi milik Kemeparekraf @kemenparekraf.ri selama dua hari juga menimbulkan tanda tanya besar bagi Taufan Rahmadi, salah satu pemerhati pariwisata. Menurut Taufan, tingkat sistem keamanan dari Facebook terhadap akun berstatus centang biru terverifikasi itu patut dipertanyakan.

Advertisement

Sempat hilangnya akun @kemenparekraf.ri dari pencarian Instagram menyebabkan aktivitas publik untuk mendapatkan akses informasi tentang pariwisata di Indonesia sedikit terganggu. “Kita berharap kejadian seperti ini tidak terulang lagi,” harap Taufan.

Upaya tindak lanjut Kemenparekraf

Tidak hanya pemerhati wisata yang mengungkapkan bahwa hilangnya akun Instagram milik Kemenparekraf berdampak pada terganggunya akses informasi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno juga mengungkapkan bahwa kejadian tersebut juga berdampak cukup krusial. Maka dari itu, melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait merupakan upaya yang dilakukan oleh Kemenparekraf.

Berkoordinasi dengan baik kepada pihak Instagram dan pihak Meta Indonesia, kini akun Instagram milik Kemenparekraf telah dapat ditemukan kembali. Pulihnya akun Instagram @kemenparekraf.ri yang sempat hilang itu membuat Sandiaga menegaskan bahwa akan ada tiga hal yang menjadi fokus besar dalam sektor digitalisasi, yakni cyber security atau keamanan siber, payments atau pembayaran, dan fintech atau investasi dan pembiayaan melalui teknologi platform.

Menurutnya, ketiga hal tersebut harus segera mendapatkan solusinya sebab pembobolan aktivitas siber dapat menimbulkan biaya yang sangat besar.

Semoga kejahatan siber seperti ini tidak lagi terulang sehingga arus penyebaran informasi dapat berjalan lancar tanpa adanya noise atau gangguan.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE