Peringati Hari KB Nasional 2019, Andalan Beri Penghargaan Kepada 10 Sosok Ibu Inspiratif 

Sudah saatnya perempuan berani mengambil keputusan atas tubuhnya sendiri

Perempuan Indonesia hari ini cenderung takut mengambil keputusan atas tubuhnya sendiri. Apalagi jika itu berkaitan dengan kesehatan reproduksi. Memilih untuk memutuskan kapan ingin hamil, memilih kapan akan punya anak, atau memilih berapa jumlah anak yang ingin dimiliki. Seringkali ketakutan-ketakutan itu hadir karena banyaknya tekanan sosial yang dirasakan perempuan, sehingga keputusan-keputusan diambil bukan karena kemauan hatinya sendiri, melainkan karena pengaruh orang lain.

Advertisement

Melihat pentingnya kehadiran perempuan dalam setiap pengambilan keputusan, DKT Indonesia melalui Andalan Kontrasepsi menggelar ‘Andalan Inspiring Mom’ sebagai salah satu bagian dari campaign #beranimenginspirasi.

Let every child be wanted

Juan Enrique Garcia, Direktur DKT Indonesia via hipwee

Gagasan yang disampaikan oleh Juan Enrique Garcia sebagai Direktur DKT Indonesia ini mestinya bisa dimaknai sungguh-sungguh. Karena bukankah setiap anak yang dilahirkan mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan kasih sayang yang cukup? Karena itu tentunya kehadiran dan persiapan kehadirannya harus dipertimbangkan secara matang. Selain itu, bukankah setiap perempuan berhak untuk dapat meraih impian dan cita-citanya, karena menjadi ibu bukan berarti menggugurkan langkah meraih cita-cita. Perempuan memiliki peranan dalam mengambil keputusan baik itu untuk dirinya, maupun untuk mengatur perencanaan keluarga.

Berangkat dari gagasan-gagasan itu ‘Andalan Inspiring Mom Awarding Night’ yang diselenggarakan pada Jumat 28 Juni 2019, di Grand Ballroom JS. Luwansa Hotel, Jakarta Selatan ini hadir memberikan penghargaan kepada 10 sosok ibu inspiratif di Indonesia, yang memiliki latar belakang sebagai ibu yang berdedikasi dalam kegiatan sosial, pekerjaan, komunitas dan lingkungannya. 10 sosok ibu inspiratif ini sebelumnya juga sudah menjalani serangkaian karantina dengan pembekalan kelas public speaking, personal branding, personal development & creative-preneur serta tentunya kelas perencanaan keluarga dan kesehatan reproduksi.

Advertisement

Sudah saatnya perempuan berani mengambil keputusan atas tubuhnya sendiri

Dr. Dwi Listyawardani, Ir., M.Sc, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN via hipwee

Mengingat angka kematian ibu, kematian bayi, yang di Indonesia masih sangat tinggi, Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN, Dr. Dwi Listyawardani, Ir., M.Sc pada gelaran ‘Andalan Inspiring Mom Awarding Night’ mengungkapkan bahwasanya inisiatif DKT Indonesia melalui Program ini, disambut baik pemerintah karena akan mampu menggerakkan keluarga Indonesia untuk berani merencanakan keluarganya ke arah yang lebih baik, sehingga bisa menurunkan resiko-resiko buruk di dalam keluarga dan meningkatkan kualitas setiap anggota keluarga. Usaha para ibu-ibu muda yang berani mengambil keputusan atas tubuhnya sendiri dan #beranimenginspirasi ini perlahan telah menjadi basis kekuatan tersendiri untuk bersaing dalam era modern, mengingat Indonesia diprediksi akan menjadi negara maju nomor 4 di dunia pada 2030 nanti.

‘Andalan Inspiring Mom Awarding Night’ yang digelar oleh DKT Indonesia merupakan kegiatan pertama yang dirangkai dalam memperingati Hari KB Nasional yang jatuh pada tiap 29 Juni. Gelaran ini dirasa penting dan relevan untuk diadakan kembali secara rutin, dengan menjangkau lebih jauh perwakilan ibu-ibu di daerah melalui seluruh finalis sebagai “agent of change” dalam keberanian mengambil keputusan akan tubuh sendiri, terutama dalam hal yang berkaitan dengan kesehatan reproduksi dan perencanaan keluarga dengan menggunakan metode kontrasepsi modern.

Advertisement

Andalan, One Stop Solution for Women Healthcare

Kesuksesan program Keluarga Berencana akan memungkinkan jutaan pasangan di Indonesia untuk merencanakan keluarga yang lebih baik dan juga mewujudkan mimpi masa depan bagi anak-anak mereka. Untuk hal itu, DKT Indonesia melalui Kontrasepsi Andalan telah mendistribusikan serangkaian alat kontrasepsi yang berkualitas tinggi, demi suksesnya kampanye pentingnya program Keluarga Berencana bagi para orang tua Indonesia.

Andalan menyediakan pilihan yang aman dan berkualitas bagi semua perempuan Indonesia untuk meningkatkan kesehatan reproduksinya. Sementara DKT Indonesia yang sudah hadir sejak 1996 telah menghadirkan empat brand kontrasepsi: kondom Sutra (1996), Kontrasepsi Andalan (2000), kondom Fiesta (2003), dan juga Supreme Premium Condoms (2018). Dan pada 2019 ini DKT memperkuat perannya dalam industri kesehatan reproduksi dengan menghadirkan Andalan Feminime Care dan menjadikan Andalan sebagai One Stop Solution for Women Healthcare.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

CLOSE