Kamu Termasuk Smart Buyer Nggak Sih? Cek Ciri-Cirinya di Sini

Ciri Smart Buyer

Belanja online kayaknya sudah menjadi opsi favorit bagi masyarakat. Terutama di era pandemi seperti ini yang membuat ruang gerak jadi terbatas. Adanya online shop dan berbagai marketplace jelas memberikan kemudahan bagi kita semua untuk beli barang, membayar tagihan, dan bahkan berinvestasi dari rumah. Praktis banget, ‘kan?

Nah, kalau belanja di toko online atau marketplace, kamu pasti sering nemuin kalimat “Be a smart buyer, please!”. Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan smart buyer atau pembeli cerdas itu? Lalu, apakah kamu sudah termasuk smart buyer? Coba kepoin dulu lewat beberapa ciri-ciri pembeli cerdas di bawah ini.

1. Selalu baca deskripsi produk sampai habis, pantang menanyakan info yang sudah jelas tertera

Selalu cek deskripsi produk (foto: dashu83) via www.freepik.com

Umumnya, penjual sudah mencantumkan informasi terkait produk dalam deskripsi. Apakah produk itu bekas atau baru, KW atau ori, bahkan sampai ke detail ukuran dan ketersediaan barang. Seorang pembeli cerdas pasti membaca deskripsi produk ini dengan teliti untuk cari tahu apakah sesuai dengan yang diharapkan atau nggak. Seorang smart buyer juga pantang menanyakan informasi yang sudah tertera jelas di deskripsi. Itu hanya memperlihatkan kalau kamu nggak mau baca dengan baik. Kalau menanyakan info yang belum tercantum atau belum jelas sih nggak apa-apa.

2.  Paham risiko belanja online, supaya kalau kecewa nggak banget-banget

Paham risiko belanja online (foto: pressfoto) via www.freepik.com

“Di foto warnanya merah muda tapi kok pas datang merah mudanya kemudaan sih?”

Seorang smart buyer tahu pasti apa risiko belanja online sebelum check out keranjang. Salah satunya adalah kemungkinan perbedaan barang yang datang dengan barang di foto. Selama perbedaannya masih bisa ditolerir, tentu hal ini bisa dimaklumi. Misalnya ketika membeli baju, warna yang barang yang datang terlihat lebih gelap dibandingkan barang di foto. Hal ini bisa saja terjadi karena efek pencahayaan atau kamera yang dipakai. Kecuali kalau kamu memesan baju dewasa dan yang datang ukuran anak-anak padahal yang tertera di deskripsi adalah ukuran dewasa, kamu memang perlu komplain.

3. Cari tahu tentang toko online. Mulai dari reputasi sampai review dari pembeli-pembeli sebelumnya

Woman using digital tablet via www.freepik.com

Sayangnya, permasalahan yang dibahas pada poin 2 itu bisa saja terjadi lho. Di banyak kasus, apa yang dibeli dan apa yang datang sangat jauh berbeda. Niatnya membeli selimut harga murah meriah, ternyata yang datang selimut berukuran handuk. Zonk, ‘kan? Supaya hal ini nggak terjadi, selain membaca deskripsi produk-produk, smart buyer juga selalu mencari tahu terlebih dahulu reputasi toko tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengecek review-review dari pembeli sebelumnya. Ketika yakin toko tersebut bagus dan amanah, cus langsung check out!

4. Manfaatkan fitur proteksi atau asuransi di marketplace biar nggak rugi

Manfaatkan fitur asuransi (foto: nakaridore) via www.freepik.com

Setiap marketplace tentu ingin memberikan pengalaman transaksi online yang menyenangkan baik bagi pembeli maupun penjual. Nah, seorang smart buyer pasti tahu bagaimana memanfaatkan fitur-fitur tersebut agar proses belanja online lebih nyaman. Misalnya di Tokopedia, kamu bisa memanfaatkan fitur proteksi untuk belanja dan bayar tagihan. Prosesnya simpel banget, bisa diklaim langsung, dan cuma nambah mulai dari Rp513 saja.

Fitur proteksi produk di Tokopedia ini dapat digunakan untuk berbagai jenis produk. Mulai dari belanja gadget, elektronik, hobi, furniture sampai produk kecantikan dapat diproteksi jika terjadi kerusakan. Selain itu, proteksi juga bisa digunakan pembelian tiket perjalanan yaitu kereta dan pesawat, serta untuk pembayaran tagihan listrik dan tagihan kartu kredit.

5. Selalu update program promo dan diskon. Biar belanja terus, tetap untung!

Update soal promo dan diskon (foto: Artem Beliaikin) via www.pexels.com

Apalah serunya belanja online kalau nggak ngomongin promo dan diskon? Smart buyer pasti update nih soal promo-promo menarik yang berpotensi bikin belanja lebih hemat. Kalau bisa dimanfaatkan, kenapa nggak? Salah satunya adalah Spesial Kejutan Tokopedia Keuangan alias SPEKTA mulai dari 12 – 18 November 2020. Melalui Spekta, kamu bisa menikmati rangkaian promo dan gebyar diskon untuk semua produk Tokopedia Finansial, yaitu: Investasi & Asuransi, PayLater, Kartu Kredit, dan Gift Card.

Ingin belanja ini itu tapi keuangan lagi tipis karena pertengahan bulan? Tenang aja, kamu bisa memanfaatkan promo Kejutan Diskon 90% dengan pembayaran via PayLater Tokopedia. Menarik, ‘kan? Bisa beli sekarang, bayarnya nanti aja. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan momen ini untuk mulai nabung emas dan investasi reksa dana. Bakal banyak promo menarik yang bisa kamu gunakan. Promo Kejutan Diskon 90% ini berlangsung selama periode 14-18 November 2020. Ada juga promo diskon hingga 50% untuk produk-produk rekomendasi. Biar belanja terus, kamu tetap untung berlipat-lipat!

Nggak cuman itu, ada promo khusus Cicilan 0% untuk produk-produk impian tanpa harus nunggu gajian dulu. Promo ini berlangsung dari tanggal 12 – 18 November 2020.

Sedang pikir-pikir untuk membuat kartu kredit? Inilah saat yang tepat! Karena promo Spekta, Tokopedia Finansial lagi banjir cashback melalui program Ekstra Cashback. Setiap pengajuan kartu kredit Citibank melalui Tokopedia, kamu bisa mendapatkan hadiah spesial berupa cashback senilai Rp1.000.000,00. Nggak cuma itu! Kamu yang tadi berniat mulai menabung emas, dapatkan cashback hingga Rp250.000,00. Sedangkan kamu yang menggunakan produk PayLater dan Cicilan bisa mendapatkan cashback hingga Rp100.000,00. Atau kamu ingin memberikan Tokopedia Gift Card kepada kesayangan atau orang-orang terdekat? Manfaatkan promo Ekstra Cashback ini untuk mendapatkan cashback hingga Rp20.000,00. Yuk, segera catat kode promonya di Tokopedia Finansial!

Itulah beberapa ciri-ciri smart online buyer. Intinya, teliti sebelum membeli serta jeli memanfaatkan semua fitur marketplace yang bisa menunjang proses belanja agar lebih nyaman. Jadi, kamu termasuk nggak, nih?

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.