Lewat Konten Seputar Gadget, Kreator April Yanto Siburian Jadi Pemenang Challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Pemenang challenge #TauGaSih TikTok Indonesia

Popularitas digital platform TikTok jadi salah satu bukti kalau Indonesia punya banyak anak muda kreatif, yang mampu mengemas hiburan hingga edukasi dalam konten video berdurasi singkat. Namun, jika bicara popularitas, TikTok mencapainya bukan hanya karena hal itu, tetapi juga karena beragam challenge edukatif dan menarik yang sering digelar untuk para penggunanya.

Advertisement

Seperti yang terbaru, TikTok Indonesia menggelar challenge #TauGaSih sejak tanggal 6-13 Desember 2021. Melalui challenge ini para konten kreator ditantang untuk membuat konten video yang mengandung nilai edukasi dari 11 pilihan kategori topik, dengan menjadikan artikel dari media partner seperti Hipwee sebagai sumber referensinya.

Sukses digelar, challenge ini disambut antusias yang luar biasa. Untuk itu TikTok pun telah memilih 10 pemenang yang akan memboyong hadiah senilai total Rp140 juta. Di antara 10 pemenang tersebut, April Yanto Siburian yang akrab disapa Anto jadi salah satunya. Yuk, simak cerita perjalanan Anto dalam membangun kanalnya hingga berhasil jadi salah satu pemenang challenge #TauGaSih.

Anto adalah kreator TikTok yang dikenal lewat konten seputar gadget dan teknologi

Kreator TikTok dengan topik gadget | Credit @yoo_tooo on TikTok

Kalau kamu pernah menemukan ulasan mengenai gadget khususnya untuk perangkat Android di TikTok, pasti familier dengan Anto, pria 23 tahun asal Medan, Sumatera Utara di balik nama pengguna @yoo_tooo. Nggak seperti dugaanmu, Anto ternyata tidak memiliki latar belakang pendidikan teknologi sebagaimana umumnya tech reviewer.

Advertisement

Dalam sesi wawancara eksklusif, Anto menjelaskan dirinya tercatat sebagai mahasiswa tingkat akhir jurusan ekonomi. Adapun kemampuan dan wawasan terkait teknologi ia dapat dari pekerjaannya sebagai promotor di salah satu gerai ponsel. Awal kiprah Anto di platform TikTok pun bermula karena tuntutan pekerjaan. Ia mengunggah konten pertama pada bulan Januari 2020 dan tak disangka muncul di FYP (For Your Page) TikTok.

Menyadari kontennya mendapat sambutan positif dari para pengguna yang kerap bertanya beberapa hal terkait gadget dan teknologi, Anto pun memutuskan untuk terus membuat konten mengenai gadget dan teknologi. Piawai tampil di depan kamera, pada bulan pertamanya bergabung dengan TikTok, Anto bahkan telah berhasil dilirik oleh salah satu merek kecantikan lokal untuk mempromosikan produknya.

Advertisement

“Awal terjun di TikTok itu justru karena tuntutan pekerjaan. Kebetulan saat itu aku bekerja sebagai promotor di salah satu gerai ponsel berbasis Android. Aku juga masih malu untuk tampil di depan kamera. (Namun), nggak disangka waktu aku unggah konten video pertamaku langsung FYP di TikTok,” jelas Anto, Selasa (28/12).

Anto juga menjelaskan melalui konten-kontennya di TikTok, banyak pengguna yang datang ke gerai ponsel tempatnya bekerja untuk membeli ponsel yang ia rekomendasikan di TikTok. Meski saat ini masih fokus membuat konten gadget untuk perangkat Android, ia juga berencana untuk memperluas segmen kontennya ke perangkat iOS.

Partisipasi Anto dalam challenge #TauGaSih merupakan salah satu upaya untuk terus mengembangkan konten

Pemenang challenge #TauGaSih | Credit @yoo_tooo on TikTok

Dalam satu tahun, kanal TikTok Anto telah memiliki sekitar 860 ribu pengikut. Nggak cepat puas, Anto terus berusaha untuk mengembangkan kontennya. Salah satu caranya dengan berpartisipasi dalam challenge #TauGaSih. Untuk challenge ini Anto mengunggah sebanyak 15 konten mulai dari video yang membahas tentang rekomendasi ponsel hingga menjawab permasalahan yang sering terjadi di ponsel Android.

Anto menjelaskan, untuk ide konten video di TikTok ia sering berdiskusi dengan rekan kerja di gerai ponsel. Selain itu, Anto juga banyak mendapatkan inspirasi ide dari para audiens-nya. Anto termasuk salah satu kreator yang sering menjalin interaksi dengan para audiens. Hal ini pula yang membuat kanalnya berhasil mendapatkan engagement tinggi.

Dalam proses mengembangkan konten, Anto mengaku pernah beberapa kali menghadapi hambatan dan tantangan. Salah satu tantangan yang kerap ia hadapi adalah komentar negatif dari penonton, seperti pernah terjadi pada salah satu kontennya yang membahas ponsel secara detail. Meski begitu, Anto tetap komitmen memberikan yang terbaik. Terbukti, ia berhasil jadi salah satu pemenang challenge #TauGaSih.

“Hal terpenting yang saya terapkan ketika mengembangkan konten di TikTok adalah interaksi dengan audiens. Saya ingin konten yang saya buat bisa menjawab permasalahan yang sering dikeluhkan oleh para pengguna ponsel. Rekan kerja dan audiens juga membantu saya untuk mendapatkan banyak ide baru untuk konten,” tukas Anto.

Anto berharap bisa terus konsisten membuat konten video demi mencapai jumlah pengikut yang lebih besar lagi di TikTok

Anto memiliki rencana untuk membuat konten baru dengan konsep berkunjung ke berbagai gerai ponsel untuk memberikan sudut pandang dan rekomendasinya seputar gadget dan teknologi. Selain itu, Anto juga memiliki resolusi untuk mencapai satu juta followers di bulan Januari 2022 serta mendapatkan banyak peluang endorsement dari brand atau produk gadget dan teknologi.

Berawal dari tuntutan pekerjaan, saat ini Anto mulai fokus untuk menjadi fulltime content creator di TikTok. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan konten seputar gadget dan teknologi, kamu bisa langsung mengunjungi laman TikTok milik Anto dengan nama pengguna @yoo_tooo atau melalui tagar #TauGaSih. Semoga apa yang dibagikan oleh Anto bisa bermanfaat bagi banyak orang. Semangat menginspirasi!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

CLOSE