Berita duka datang dari Bahama, sebuah negara yang terletak di bagian tengah Benua Amerika. Negara kepualuan tersebut dilanda oleh badai kencang yang disebut dengan Badai Dorian hari Kamis (5/9/2019) lalu. Badai monster yang sempat berkecepatan hingga 300 kilometer per jam itu menyapu kawasan Bahama hingga pesisir timur Amerika Serikat. Akibatnya, menurut lamporan Tempo, jumlah korban jiwa hingga saat ini mencapai 30 orang. Hal tersebut bertambah dari sebelumnya yang hanya 20 orang.

Selain mengakibatkan banyak korban jiwa yang terus bertambah, Badai Dorian juga membuat jaringan listrik pada ratusan ribu rumah terputus secara serentak. Dirangkum dari berbagai media, inilah beberapa bukti keganasan Badai Dorian yang memorak-porandakan Kepulauan Bahama, pantai North Carolina, dan kini bergerak ke Kanada. Ngeri banget!

1. Kondisi geografis memang menyebabkan benua Amerika rawan mengalami bencana badai

Puing kapal di kepulauan Abaco, Bahamas Utara via edition.cnn.com

Advertisement

Setiap tahunnya, Amerika memang rawan dilewati oleh bencana badai raksasa. Hal tersebut dikarenakan kondisi geografis negara yang berada di belahan bumi utara. Selain itu juga karena perbedaan suhu air di sepanjang pantai Timur dan Barat AS. Di sepanjang Pantai Timur, Gulf Stream menyediakan sumber air hangat di atas 80 derajat Fahrenheit, atau 26,5 derajat Celsius, yang membantu mempertahankan angin topan.

2. Badai Dorian sendiri sudah mulai berhembus sejak 1 September 2019 lalu, dan mencapai puncak serangan pada hari Kamis 5 September 2019

Bahamas disapu bada Dorian via dunia.tempo.co

Diketahui badai Dorian ini telah menyapu kawasan Bahamas sejak tanggal 1 Septermber lalu. Namun, mencapai puncaknya pada tanggal 5 September 2019 lalu.

3. Badai Dorian melanda wilayah negara Kepualuan Bahama. Jumlah korban jiwanya pun terus bertambah

Evakuasi korban jiwa di Bahamas via edition.cnn.com

Evakuasi korban baru bisa dilakukan setelah badai mereda. Jumlah korbannya pun terus bertambah. Hingga kini, sudah tercatat 30 korban jiwa dalam bencana ini.

4. Pihak kepolisian melakukan pemblokiran jalan menuju arah pantai demi keselamatan para warga sekitar

Pemblokiran jalan oleh pihak kepolisian via www.nytimes.com

Advertisement

Meski sudah reda, beberapa ruas jalan yang menuju titik-titik rawan bencana masih diblokir oleh pihak kepolisian setempat. Hal ini dilakukan untuk mewaspadai adanya badai susulan.

5. Badai Dorian ini memang bukan badai terbesar yang pernah terjadi. Meskipun begitu, kecepatan badai ini dapat mencapai hingga 300 kilometer per jam!

Pemukiman yang disapu Badai Dorian via abcnews.go.com

Menurut ulasan CNN, Badai Dorian bahkan tergolong ‘badai lemah”, namun efeknya sangat desdruktif. Meski kecepatan anginnya tidak sebesar Badai Allen, efek desdruktid Badai Dorian dipengaruhi juga oleh curah hujan dan panjang waktu angin berdiam di suatu tempat.

6. Selama 18 jam Badai Dorian berpusar di Kepulauan Bahama dengan curah hujan 60 sentimeter per jam dan laju badai 1,6 kilometer per jam. Inilah yang menimbulkan kerusakan besar

Seorang warga lokal tengah melihat pohon tumbang di depan rumahnya via abcnews.go.com

Kecepatan rata-rata badai yang hingga mencapai 130 km/jam ini selain menyapu bersih areal pemukiman warga sekitar juga mampu mencabut pohon-pohon besar yang berada di sekitar kepulauan Bahamas. Ngeri banget!

7. Kepulauan Abaco di Bahama Utara merupakan salah satu yang terparah setelah dilewati badai raksasa ini

Potret udara lokasi terdampak badai via abcnews.go.com

Terletak di sebelah utara Kepulauan Bahama, kawasan Abaco menjadi salah satu daerah yang terdampak paling parah setelah dilewati badai tersebut. Potret udara ini menunjukkan bagaimana hancurnya pemukiman yang berada di dekat pelabuhan setelah diterjang badai.

8. Tak hanya merobohkan bangunan, badai ini juga meratakan seluruh pemukiman penduduk dengan tanah

Pemukiman rata dengan tanah via abcnews.go.com

Sebuah potret udara menunjukkan bagaimana ganasnya badai tersebut. Nampak sebuah pemukiman yang seluruh bangunannya nggak cuma roboh, namun rata dengan tanah. Selain itu, air yang dibawa badai ini juga menyebabkan banjir di beberapa tempat.

9. Nelayan di Kepulauan Bahama juga menjadi salah satu korban yang paling terdampak karena mata pencaharian mereka menjadi terganggu

Sebuah kapal nelayan yang terdampar hingga ke pantai via abcnews.go.com

Sebagian besar penghuni kepulauan Bahama adalah mereka yang berprofesi menjadi nelayan. Akibat bencana ini, mereka merupakan korban yang paling terdampak karena selain kehilangan tempat tinggal, juga kehilangan mata pencaharian mereka.

10. Saat ini diperkirakan Badai Dorian masih melaju menuju ke arah timur laut memicu banjir di North Carolina. Amerika mulai waspada

Warga membersihkan puing-puing rumah mereka via www.bbc.com

Update terakhir, setelah meninggalkan Bahama, Badai Dorian melaju ke arah timur laut dan menghantam pulau North Carolina dan menyebabkan banjir yang cukup parah. Pendaratan Badai Dorian ini juga menyebabkan ratusan orang terjebak di Pukau Ocracoke. Dikabarkan, kini Badai Dorian bergerak menuju Kanada.

Di Bahama, jumlah korban terdampak dan pengungsi Badai Dorian diperkirakan lebih dari 70.000 warga lokal. Pemerintah setempat bersama warga dan militer pun masih bergotong royong untuk memulihkan kondisi. Yang namanya bencana memang tidak terduga. Semoga Badai Dorian segera tenang, dan dampaknya tidak semakin meluas ya.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya