Kamu yang anak 90-an pasti akrab dengan yang namanya Nokia. Pabrikan ponsel asal Finlandia ini sempat merajai dunia telepon seluler. Mulai dari seri 1100, handphone paling kuat 3310, N-70 hingga seri Lumia, kamu pasti hafal banget sama seri-seri yang pernah dikeluarkan Nokia. Tapi sayangnya Nokia kabarnya bangkrut setelah smartphone menjadi tren dunia. Tak mampu bersaing, Nokia pun dikabarkan mati dan hilang di peredaran dunia bersama dengan kenangan anak 90-an yang sudah beranjak dewasa.

Setelah lama tak terdengar, Nokia kemarin merilis ponsel terbarunya. Dinamai Nokia 6, kamu yang anak 90-an pasti pensaran seperti apa sih ponsel terbaru Nokia. Perpaduan antara smartphone dan Nokia, anak 90-an mana sih yang nggak penasaran?

Ini nih fitur-fitur yang ada di Nokia 6. Yang pada penasaran silahkan merapat…

Tuh bentukannya… via gizmoids.com

Bicara soal Nokia, salah satu hal yang paling diingat adalah kekuatan desain body Nokia 3310. Saking kuatnya, sampai-sampai banyak meme yang muncul dengan karakter utama ponsel tersebut. Nah Nokia sepertinya ingin merepresentasikan hal tersebut dalam ponsel terbarunya. Dibekali unibodi alumunium dan Gorilla Glass 2,5D, fisik Nokia jelas kuat. Belum lagi kalau bicara prosesor, Snapdragon 430 yang menjadi otaknya disebut sebagai salah satu prosesor terbaik bagi android kelas menengah.

Oh iya, Nokia 6 juga dibekali 4 GB RAM dengan kapasitas penyimpanan sebesar 64 GB serta dijalankan dengan sistem Android terbaru, Nougat. Keren nggak tuh? Kamera belakangnya 16 MP dan kamera depan 8 MP, siapa sih yang nggak kepincut Nokia 6?

Meski begitu, nggak akan mudah merebut pasaran smartphone. Pabrikan smartphone yang sudah saklek cenderung kuat menjaga pasaran mereka

Advertisement

Banyak pabrikan ponsel yang merajai dunia via beritajogja.id

Yah, tapi jangan kira mudah merebut pasaran smartphone di era sekarang. Mungkin dulu Nokia pernah berjaya, tapi sekarang sudah banyak pabrikan smartphone yang mendunia. Persaingan dunia ponsel sudah tak semudah dulu. Jika dulu saingan Nokia paling cuma Sony dan Motorola, sekarang sudah banyak pabrikan ponsel yang bisa bersaing di pasar dunia.

Xiaomi paling terkenal dengan ponsel mereka yang apik tapi dijual dengan harga mid-end. Samsung pun juga punya nama di pasaran ponsel dunia. Pun demikian dengan Huawei yang mulai mencoba memasuki persaingan dunia handphone. Oppo juga sudah mulai masuk daftar top smartphone dunia dengan produknya yang apik. Apalagi kalau kita juga menghitung Apple yang fanboy-nya masih setia sampai sekarang.

Tapi, susah bukan berarti nggak bisa loh ya. Nokia sudah punya nama. Belum lagi banderol Nokia 6 yang ‘cuma’ 3jutaan untuk smartphone dangan spesifikasi apik tersebut. Calon pembeli yang berasal dari kelas menengah pasti akan mempertimbangkan Nokia 6 karena spesifikasi, harga dan kualitasnya sepadan. Yah jika dibandingkan dengan pabrikan lain, peluang Nokia setidaknya masih terbuka.

Di Indonesia sendiri, Nokia sebenarnya sudah punya nama besar. Terutama untuk kalangan anak 90-an yang ingin nostalgia

Ini nih hape yang kamu pake buat PDKT sama gebetan dulu via youtube.com

Apalagi kalau dipasarkan di Indonesia. Setidaknya, anak-anak 90-an Indonesia punya kenangan manis bersama Nokia. Kamu masih ingat ‘kan bagaimana dulu pas PDKT sama gebetanmu pas zaman-zaman sekolah dulu? Kalau bukan karena Nokia 1208 atau 3660, mana mungkin kamu bisa PDKT sama gebetanmu. Pun demikian dengan Nokia seri N-Gage juga dulu sempat jadi favoritmu buat nge-game. Yang cowok-cowok pasti paham tuh.

Belum lagi jika melihat fakta bahwa mayoritas handphone pertama anak 90-an adalah Nokia. Kenangan tersebut jelas jadi salah satu daya tarik untuk melirik ponsel keluaran Nokia terbaru. Tapi sayangnya Nokia 6 nggak dijual di Indonesia. Menurut pihak Nokia dan HMD yang mendistribusikannya, Nokia 6 hanya akan dijual di Cina.
Tapi paling tidak ada sisi positif yang bisa kita lihat dari sini. Meski nggak hadir di Indonesia, namun adanya Nokia 6 jadi angin segar kembalinya aktor lama dalam industri kompetitif ini. Nokia yang sudah lama mati suri sekarang mulai bergerak lagi. Semoga deh Nokia 6 ini sukses. Biar nanti dibikin Nokia android yang dirilis hingga ke Indonesia juga.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya