Bahas Tuntas Gigi Sensitif di Dental Congress Terbesar di Indonesia

Perawatan Gigi Sensitif

“Pas kerja, order camilan. Pas rehat, nyemil lagi. Pas di rumah, ya tetap nyemil. Hehe”

Hidup di zaman sekarang emang nggak jauh-jauh dari camilan. Tinggal pesan online, ditunggu bentar udah datang. Pilihannya pun beragam. Mulai dari cake manis yang enak, cookies dengan bentuk menggemaskan, es kopi yang bikin melek dan semangat, sampai minuman boba yang lagi ngetren!

Sayangnya, menikmati makan dan minuman di atas seringnya nggak bisa maksimal. Karena punya masalah sama gigi sensitif, momen menikmati makanan dan minuman pesanan jadi terganggu deh.

Guna mendukung kemajuan ilmu kedokteran gigi dan mewujudkan Indonesia tersenyum, Kursus Penyegar dan Penambah Ilmu Kedokteran Gigi (KPPIKG) kembali digelar pada 10-13 Oktober 2019 di JCC, Jakarta.

Melalui tema ‘Engaging in Global Oral Health Translating Advanced Research Into Integrated Clinical Practice’, KPPIKG 2019 ingin membagikan riset-riset yang telah dihasilkan dari para dokter gigi di Indonesia, dalam momentum bertukar ilmu serta pengalaman yang berkaitan dengan masalah kesehatan gigi global.

Menyambut konferensi yang telah diadakan sejak 1967, Pepsodent turut mendukung gelaran KPPIKG 2019, melalui edukasi untuk para dokter gigi, khususnya tentang gigi sensitif. Pepsodent memperkenalkan ‘Sensitive Expert by Pepsodent’ yang diharapkan bisa menjadi bagian dalam perawatan yang dilakukan dokter gigi terhadap pasien.

“Sebagai bagian komitmen untuk terus memajukan kesehatan gigi dan mulut di Indonesia, kali ini kita ingin mendukung para dokter gigi mendapatkan edukasi salah satunya melalui produk Sensitive Expert by Pepsodent. Kita juga peduli akan perkembangan ilmu, dengan hadir di tengah-tengah kongres dan kelas workshop yang bisa memperdalam keilmuan dokter yang terus berkembang,” ucap drg. Maudina Dwi Heriasti selaku Profesional Marketing Unilever kepada Hipwee, Jumat (11/10/2019).

Sesi kelas bertajuk “A Journey Smile Improvement”, bersama drg Astrid Khatalia, Sp. Pros, KPPIKG 2019, Jumat (11/10). (Foto.Luthfi/Hipwee) via www.hipwee.com

Salah satu momen pertukaran ilmu pada gelaran KPPIKG 2019 adalah sesi kelas bertajuk ‘A Journey Smile Improvement’ bersama drg Astrid Khatalia, Sp. Pros. Pada sesi yang dihadiri para dokter gigi dari berbagai daerah ini, drg Astrid menjabarkan bagaimana persiapan, prosedur pemasangan, dan masa pemulihan setelah pemasangan veneer gigi sebagai bagian dari prosedur medis yang dilakukan untuk menutupi kecacatan gigi, atau memperbaiki senyum agar lebih simetris. Tapi tahukan kamu? Treatment veener juga dapat memicu ngilu pada gigi,tetapi permasalahan ini juga dapat diatasi dengan penggunaan pasta gigi khusus gigi sensitif, seperti Sensitive Expert by Pepsodent.

Gigi sensitif, permasalahan umum yang jarang ditangani dengan tepat

Sensitive Expert by Pepsodent (Foto.Luthfi/Hipwee) via www.hipwee.com

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia pernah mengalami gigi sensitif. Meski begitu, masih banyak perawatan yang belum efektif karena ketidaktahuan akar permasalahan. drg. Andi Wirahadikusuma Sp.Pros selaku konsultan Pepsodent mengatakan, penyebab gigi sensitif cukup beragam. Salah satunya gigi berlubang yang cenderung tidak diketahui oleh masyarakat.

“Penyebab gigi sensitif yang paling umum adalah gigi berlubang dan resorpsi gusi. Resorpsi atau penyusutan gusi akan mengakibatkan gigi jadi sensitif dengan perubahan suhu seperti dari minuman dingin,” ujar drg Andi saat dijumpai di booth Pepsodent, Jumat (11/10).

Booth Sensitive Expert by Pepsodent, dalam gelaran KPPIKG 2019, Jumat (11/10). (Foto.Luthfi/Hipwee) via www.hipwee.com

Permasalahan pada gigi jika dibiarkan berpotensi menjadi parah. Padahal menurut drg. Andi, mengurangi sensitifitas gigi cenderung gampang dilakukan. Salah satunya dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut secara benar, serta memilih pasta gigi yang bisa mengakomodir kebutuhan gigi sensitif.

“Selain harus mengetahui penyebab permasalahan dengan konsultasi ke dokter gigi, penanganan gigi sensitif cukup gampang dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu halus dan mengganti pasta gigi yang bisa meredakan ngilu, seperti Sensitive Expert by Pepsodent,” ujar drg. Andi.

Ia menyarankan masyarakat bisa melakukan perawatan gigi secara berkala setiap 6 bulan, meskipun tidak ada masalah.

“Kalau tiba-tiba gigi terasa ngilu, coba untuk stop konsumsi makanan dan minuman pemicu ngilu. Lakukan penanganan pertama dengan menggunakan Sensitive Expert by Pepsodent, lalu segera datang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut,” imbuh drg. Andi.

Dengan Sensitive Expert by Pepsodent, penderita gigi sensitif nggak usah ragu menikmati es atau minuman dingin

Sensitive Expert by Pepsodent dalam gelaran KPPIKG 2019, Jumat (11/10). (Foto.Luthfi/Hipwee) via www.hipwee.com

Menjamin ngilu pada gigi reda dalam 30 detik, Sensitive Expert by Pepsodent memiliki tiga komposisi utama, yaitu hydroxyapatite mineral yang mampu melapisi email gigi agar lebih tahan terhadap asam dan memperkuat gigi, zync citrate yang berfungsi sebagai anti bakteri untuk gusi, dan potassium citrate yang berfungsi sebagai perangsang saraf penghilang rasa ngilu.

“Melalui tiga komposisi utama tersebut lah, mengapa Sensitive Expert by Pepsodent bisa meredakan ngilu pada gigi hanya dalam 30 detik. Penderita gigi sensitif nggak perlu khawatir lagi untuk menikmati makanan atau minuman, karena Sensitive Expert by Pepsodent akan sangat membantu,” papar drg. Maudina

Pengunjung di Halu Booth Sensitive Expert by Pepsodent, Jumat (11/10). (Foto.Luthfi/Hipwee) via www.hipwee.com

drg. Maudina menambahkan selain menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan rajin sikat gigi, penderita gigi sensitif bisa memaksimalkan Sensitive Expert by Pepsodent dengan langsung mengoleskannya ke gigi  yang terasa ngilu selama 30 detik untuk seketika meredakan ngilu.

Klaim keampuhan Sensitive Expert by Pepsodent dalam mengatasi persoalan gigi sensitif juga didukung oleh respons positif para dokter gigi. Menurut drg. Maudina, beberapa dokter gigi mengaku merekomendasikan Sensitive Expert by Pepsodent kepada pasien yang kerap melakukan perawatan bleaching atau pemutihan gigi.

“Rasa ngilu pada gigi seperti yang diakibatkan proses bleaching atau pemutihan gigi, bisa diatasi dengan Sensitive Expert by Pepsodent. Beberapa dokter gigi yang mampir ke booth Pepsodent juga mengaku sering merekomendasikan Sensitive Expert by Pepsodent kepada pasien,” ungkap drg. Maudina.

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.