Bali Peringkat Ke-2 Destinasi Wisata Terpopuler di Dunia 2023, Kalahkan London dan Paris!

Bali sering disebut-sebut sebagai surganya wisata, bahkan sangat terkenal di kalangan pelancong dari berbagai belahan dunia. Bak surga wisata, Bali memang punya banyak daya tarik pariwisata, mulai dari alam, budaya, kuliner, dan masih banyak lagi. Nggak heran jika Bali jadi tujuan wisata andalan.

Advertisement

Baru-baru ini, situs perjalanan TripAdvisor melalui penghargaan Travelers’ Choice Award 2023 menobatkan Bali sebagai destinasi wisata terpopuler ke-2 di dunia, loh. Kerennya lagi, Bali mengalahkan kota London, Roma, hingga Paris.

Bali dinilai konsisten memberikan pengalaman wisata terbaik untuk wisatawan

Bali wisata terpopuler di dunia 2023

Potret Handara Golf & Resort Bali | Foto oleh Olekdandr Pidvalnyi dari Pexels

Sejak pandemi covid-19 sektor pariwisata di berbagai pelahan dunia memang sempat lumpuh, termasuk di Bali. Meski begitu, Bali tetap menjadi destinasi wisata primadona. Seperti yang diungkap oleh TripAdvisor melalui penghargaan Travelers’ Choice Award for Destination 2023 kali ini.

Penghargaan yang merupakan event tahunan itu, diadakan untuk memilih destinasi wisata yang konsisten memberikan pengalaman menyeluruh dan terbaik bagi para wisatawan. Indikator penilaian Travelers’ Choice Award for Destination 2023  itu berdasarkan pada kualitas dan kuantitas ulasan selama periode November 2021 hingga Oktober 2022.

Advertisement

Hasilnya, Bali dinilai cukup konsisten memberikan pelayanan terbaik untuk para wisatawan meski harus beradaptasi dengan banyak perubahan mengenai kebijakan karena pandemi. Berdasarkan penilaian tersbut, Bali dinobatkan menjadi destinasi populer ke-2 di dunia berdasarkan Travelers’ Choice Award for Destination 2023.

Bali mengalahkan destinasi wisata ternama seperti London, Roma, Prancis dan sebagainya

Bali wisata terpopuler di dunia 2023

Nusa Penida | Foto oleh Aleksandar Pasaric dari Pexels

Sementara Bali berada di posisi ke-2 terpopuler di dunia, posisi pertama ditempati Dubai, Uni Emirat Arab yang cukup konsisten mempertahankan posisi tersebut selama dua tahun berturut-turut. Pencapaian Bali tahun ini juga cukup membanggakan, karena mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Advertisement

Pada Travelers’ Choice Award for Destination 2022 tahun lalu, Bali masih menempati posisi ke-4 destinasi wisata terpopuler di dunia. Saat itu, Bali kalah dengan Dubai, London di Inggris, dan Cancun di Meksiko. Menariknya, berkat naik peringkat tahun ini Bali mengalahkan beberapa destinasi ternama lainnya. Berikut daftar destinasi populer di dunia 2023 versi TripAdvisor:

  1. Dubai, Uni Emirat Arab
  2. Bali, Indonesia
  3. London, Inggris
  4. Roma, Italia
  5. Paris, Prancis
  6. Cancun, Meksiko
  7. Crete, Yunani
  8. Marrakech, Maroko
  9. Dominican Republic
  10. Istanbul, Turki

Daya tarik wisata Bali yang jadi perhatian wisatawan dunia di TripAdvisor

Bali wisata terpopuler di dunia 2023

Pensucian di Pura Tirata Empul | Foto oleh Olekdandr Pidvalnyi dari Pexels

Dalam proses penilaian berdasarkan ulasan wisatawan itu, Bali memang banyak mencuri perhatian lewat berbagai daya tarik wisatanya yang dinilai sangat indah. Bahkan, TripAdvisor menyabut Bali sebagai “sebuah paradis yang terasa seperti sebuah fantasi”. Keindahan alam di pantai-pantai Bali, pegunungan yang sejuk dan asri, tempat-tempat suci untuk peribadahan, beragam seni, hingga sajian kuliner nggak luput dari sorotan.

Misalnya Ubud yang dipuji sebagai “ibu kota artistik” di mana menjadi sebuah lokasi pertunjukan tarian yang memukau. Wisatawan juga bisa mengikuti kelas-kelas seni seperti membatik, melukis, hingga memahat. Bahkan, kini peminat wisata yoga di meningkat, karena menawarkan sensasi yoga di pedesaan yang sejuk dan tenang.

Bali memang nggak ada habisnya kalau bahas wisatanya ya, SoHip. Apalagi penghargaan Travelers’ Choice Award for Destination 2023 ini jadi bukti kalau Bali jadi tujuan wisata yang disukai oleh wisatawan dari berbagai belahan dunia. Mana nih, destinasi wisata di Bali yang menurutmu paling bagus dan berkesan? Atau adakah destinasi impian di Bali yang ingin kamu kunjungi, SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE