Hallyu atau ‘Korean Wave‘ memang sudah jadi fenomena global, termasuk di Indonesia. Mulai dari drama, musik, sampai mie instan, banyak anak muda Indonesia yang sepertinya tergila-gila dengan segala sesuatu yang berbau ‘Korea-Koreaan’. Hebatnya, keberhasilan Korea Selatan mengimpor budayanya kemana-mana ini juga seringkali diikuti dengan keberhasilan ekonomi dan politik. Salah satu buktinya, perkembangan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Korsel juga makin intens sejak meledaknya Hallyu. 

Namun baru-baru ini ada satu kerjasama menarik. Sebuah peresmian kebun baru di Pulau Jeju yang sering disebut ‘Bali’-nya Korsel ini, sekali lagi mempertunjukkan kedekatan Indonesia dan Korsel. Jangan kaget ya, nama kebun tersebut diambil dari salah satu nama mantan Presiden kita loh. Kebun yang baru saja diresmikan tersebut diberi nama ‘Megawati Soekarnoputri Garden’! Kok bisa ya?! Simak ulasan selengkapnya bareng Hipwee News & Feature.

Sebenarnya kebun raya tersebut sudah ada sejak 2013 silam, namun baru diresmikan oleh Megawati sendiri beberapa hari yang lalu

Baru diresmikan kemarin via kompas.com

Advertisement

Iya, sejatinya Kebun Raya Megawati ini sudah ada sejak 2013 silam. Bahkan lahan untuk Kebun Raya ini sebenarnya sudah disiapkan sejak tahun 2011 yang lalu. Pembangunan pertamanya juga telah dimulai pada Januari 2012 silam.

Nah menurut Minister Counsellor KBRI Seoul, M Aji Surya, Kebun Megawati Soekarnoputri ini luasnya mencapai 100.000 meter persegi dan berada dalam sebuah lingkungan resor kesehatan seluas 240.000 meter persegi!

Meski begitu, pembukaan secara resmi taman ini oleh Ibu Megawati baru terlaksana Rabu tanggal 31 Mei 2017 kemarin. Sejalan dengan agenda Megawati untuk bertemu Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan menjadi pembicara di Jeju Forum for Peace and Prosperity, maka sekalianlah taman ini ia buka secara resmi.

Terletak agak jauh dari hingar bingar perkotaan, taman ini dirancang jadi tempat rileksasi yang ideal. Jadi kamu akan menemukan ketenangan suasana alam nan asri saat berkunjung ke sana

Kalau main ke sini, kondisi alamnya asri via republika.co.id

Advertisement

Kalau bicara soal Pulau Jeju, semua orang tak akan bisa memungkiri bahwa pulau yang satu ini memang punya keindahan alam yang mempesona. Namanya saja ‘Bali’-nya Korsel, Pulau Jeju memang terkenal sebagai tujuan wisata lokal utama bagi warga Negeri Gingseng ini. Megawati Soekarnoputri Garden ini letaknya jauh dari keramaian kota. Jaraknya sekitar 15 KM lah dari pusat kota di Pulau Jeju.

Dengan begitu, kamu bisa menikmati suasana tenang nan asri alam kebun raya ini. Namanya juga kebun raya, kamu akan menemukan hamparan bunga dan tanaman yang apik di sana. Nah kalau datang pagi, kamu akan disambut kabut tipis yang bikin hawa dingin. Pas agak siang dikit, sinar matahari yang mulai muncul akan menghangatkan dan memberi nuansa segar di kebun raya ini. Apik!

Pemilik dan pengelola kebun yang letaknya berada di dalam kawasan resort The WE Hotel, memilih nama itu sebagai bentuk penghargaan & kekaguman kepada mantan Presiden RI ke-5 ini

Megawati itu Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia loh via akurat.co

Megawati datang pertama kali ke kebun ini pada 2013 atas undangan Kim Sung Soo – sang pengelola The WE Hotel. Megawati memang sangat tertarik dengan konsep taman yang penuh dengan bunga dan aneka tumbuhan yang sangat lebat. Nah menurut Kim Sung Woo, Megawati telah memberinya inspirasi dan semangat untuk mengembangkan konsep taman yang indah ini. Karena itu ia menggunakan nama Megawati Soekarnoputri untuk nama kebun raya ini.

Ibu Megawati sendiri sejatinya memang pecinta tanaman loh. Nggak percaya? Ini Ibu Mega sendiri kok yang bicara.

“Orang banyak mengenal saya sebagai seorang yang bekerja di politik. Sebenarnya saya pun mempunyai pekerjaan sangat berbeda dengan pekerjaan politik. Saya merupakan ketua umum Yayasan Kebun Raya Indonesia,” kata Megawati.

Bahkan beliau bisa bercerita tentang di Indonesia yang punya sekitar 32 kebun raya. Mulai dari kebun raya tertua yang berada di Bogor yang saat ini berusia 200 tahun hingga kebun raya Megawati Seokarnoputri yang ada di Minahasa sana. Salut, bu!

Kebun ini juga dilihat sebagai simbol ikatan Indonesia-Korea. Menurut Megawati, kebun ini adalah kado indah menjelang Hari Kesaktian Pancasila

Semoga hubungan Indonesia-Korsel makin erat. Ups, Presiden Korsel-nya udah ganti yang baru ya via kbriseoul.kr

Diresmikannya Kebun Raya Megawati Soekarnoputri ini tentunya tak cuma sekadar acara seremonial semata. Menurut Megawati, acara peresmian Megawati Soekarnoputri Garden yang menjelang Hari Kesaktian Pancasila ini juga ia pandang sebagai kado yang indah dan rasa terima kasih warga Jeju dan Korsel kepada Indonesia.

Menurut Kim Sung Soo, di tengah-tengah Kebun Raya tersebut terdapat sebuah pohon yang berbunga merah putih yang ditanam Megawati pada Maret 2013. Seiring dengan semakin besar dan asrinya pohon yang ditanam Megawati tersebut, Kim Sung Soo pun berharap hubungan Indonesia – Korea Selatan juga akan tumbuh seiring makin subur dan dewasanya pohon tersebut.

Semoga kebun raya ini bisa jadi jembatan untuk makin mendekatkan hubungan Indonesia dan Korea Selatan. Kalau kalian main ke Korea Selatan, jangan lupa mampir ke sini ya…

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya