Viral Pengemudi Becak Sengaja Masuk Tol Surabaya-Gresik, Dikira Jalan Tol Sepi Saat Lebaran

Becak masuk jalan tol

Biasanya, kota-kota besar memang sepi ketika Lebaran. Para perantau yang memadati kota besar memilih untuk pulang ke kampung halaman demi meluapkan rindu. Bahkan meski dalam kondisi pandemi dan dilarang pemerintah, beberapa orang masih nekat mudik. Alhasil kota-kota yang identik sekali dengan kemacetan mendadak sunyi dan sepi kendaraan. Nah, sepertinya anggapan inilah yang muncul di kepala pengemudi becak di sekitar kawasan jalan tol Surabaya-Gresik.

Advertisement

Baru-baru ini media sosial dibuat gaduh oleh tingkah laku sang pengemudi becak. Tak cuma dibagikan di media sosial, videonya pun disebar di grup-grup percakapan. Pengemudi becak itu sengaja masuk ke jalan tol Surabaya-Gresik sambil mengantarkan sang penumpang. Sontak video dirinya masuk tol jadi bahan guyonan.

Video itu viral di Instagram dan Facebook, kelakuan si tukang becak masuk tol memang mengundang tawa. Kok bisa, ya? πŸ˜‚

Sebagai penonton, kita pasti tertawa sampai terpingkal-pingkal saat melihat video pengemudi becak itu masuk ke jalan tol. Kita akan bertanya-tanya, β€œKok bisa sih becak masuk tol?” Pertanyaan ini wajar memenuhi benak kita. Pasalnya, tol bukanlah jalanan yang bisa dilalui sembarang kendaraan. Jalan tol adalah jalur untuk kendaraan semua jenis kendaraan roda empat. Jadi nggak semua kendaraan bisa masuk tol, apalagi kendaraan roda tiga seperti becak.

Advertisement

Video yang diunggah oleh akun SaraLee di grup Facebook Dagelan Jowo itu juga dibagikan oleh akun Instagram @jokersupriadi, Sabtu (15/5). Dalam sekejap video tu menuai tawa dari warganet. Kita pun semakin penasaran. Umumnya, tol memiliki pintu gerbang. Di sana, setiap kednaraan harus mengeluarkan sejumlah biaya biar bisa masuk tol. Lalu bagaimana si becak bisa masuk, ya? Ternyata, pengemudi becak masuk ke jalan tol Surabaya-Gresik melalui Dupak (KM0+000) menuju Gerbang Tol Tandes Timur 1 (KM2+900). Wilayah tol Dupak-Tandes memang menggunakan sistem terbuka. Makanya, pengemudi becak melenggang masuk tanpa penjagaan.

β€œDi akses masuk Dupak sudah terpasang rambu-rambu standard jalan tol, serta rambu dan informasi larangan pejalan kaki, kendaraan tidak bermotor, dan kendaraan bermotor roda 2 atau roda 3 dilarang masuk tol,” ujar Andjar Hari Sutoto, Kabag Humas PT Margabumi Matraraya (MBMR), dikutip dari Kompas.

Lantaran cuma terpasang rambu-rambu, si pengemdi udah masuk aja di jalan tol. Ia langsung membuat kaget petugas yang berjaga di pintu tol Gerbang Tandes Timur. Dari kejauhan, becak itu udah membuat orang tertawa sekaligus heran. Ada-ada aja~

Dengan keyakinan jalanan tol sepi saat lebaran, pengemudi becak dengan santai mengantarkan penumpang lewat jalan tol. Polos banget~

Tukang becak tiba di gerbang tol | Credit: Instagram @jokersupriadi via www.instagram.com

Dalam video itu, terdengar beberapa orang yang bertugas di Gerbang Tol Surabaya-Gresik nggak bisa menhaan tawa ketika tukang becak melintas dengan santai. Siang itu, jalan tol tampak lengang. Kemudian tukang becak dengan dua penumpangnya tiba di gerabng tol. Saking lucunya kelaukan si tukang becak membuat orang-orang di TKP terus tertawa.

β€œLah iyo kok isok (Lah iya kok bisa), ini masuk golongan berapa bang? (Golongan tarif tol). Melbu golongan piro, telu yo (masuk golongan berapa? Tiga ya?),” canda seorang petugas.

Lah kok isok dilewatno tol iki yaopo (Lah kok bisa dilewatkan tol ini gimana),” timpal petugas lain dalam video itu.

Nggak cuma kelaukan tukang bccak yang bikin ngakak. Ternyata, alasan si bapaknya pun tak kalah bikin gelak. Dengan berbekal keyakinan jalan tol sepi saat lebaran, ia nekat masuk jalan tol demi mengantarkan penumpang. Si bapak mungkin berpikir jalanan cukup aman dilewati karena nggak dipadati kendaraan. Mendengar alasan polos si tukang becak, Andjar memberikan arahan agar ia nggak mengulangi kesalahan itu lagi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE