Buat kalian para pecinta makeup, istilah high end dan drugstore makeup mungkin sudah nggak asing lagi di telinga kalian. High end makeup adalah sebutan untuk kosmetik yang harganya di atas rata-rata, mulai ratusan ribu sampai jutaan. Sedangkan drugstore makeup adalah sebaliknya, kosmetik ini harganya cukup ramah di kantong, mahasiswa pun mampu beli, bahkan ada yang harganya cuma puluhan ribu.

Selain dari segi harga, ternyata ada beberapa hal lain yang jadi pembeda antara high end dan drugstore makeup. Bagi kalian yang mungkin sedang galau ingin mencoba kosmetik dari kedua jenis ini, simak dulu deh sederet perbedaannya. Supaya bisa jadi pertimbangan.

1. Dari segi harga, high end makeup berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan, sedangkan drugstore makeup mulai dari belasan sampai ratusan ribu

Dari harga aja udah jauh banget ya via www.idntimes.com

Advertisement

Satu perbedaan yang paling mencolok dari kedua jenis makeup ini adalah harganya. Pokoknya kalau harganya di atas Rp300 ribu sampai jutaan, sudah pasti termasuk high end makeup. Sedangkan harga drugstore makeup bisa jauh lebih terjangkau dengan produk serupa. Bahkan dengan Rp20 ribu saja kalian bisa mendapatkan produk kosmetik yang ada di “kelas” drugstore makeup.

2. Selain dari harga, beda keduanya juga bisa dilihat dari kualitasnya. Ya ada harga ada rupa sih memang…

Kualitasnya juga pasti beda via whatsappindir.co

Kalau bicara soal kualitas, biasanya barang-barang yang lebih mahal itu lebih bagus dari yang murah. Begitu pun dengan high end dan drugstore makeup. Secara kualitas, high end makeup memang lebih unggul dari drugstore makeup. Meski di kalangan makeup enthusiast dikenal istilah ‘produk dupe‘ atau produk-produk drugstore yang kualitas sampai warnanya dibuat mirip dengan produk high end, tapi kualitas tetap nggak bisa bohong.

3. Kualitas kelas atas yang dimiliki high end makeup itu berasal dari bahan-bahan mahal hasil sederet riset di laboratorium. Beli high end makeup tuh sama aja kayak beli jerih payah orang di baliknya nggak sih…

Ada sederet riset ribet di baliknya via www.professionalbrushsets.com

Seperti layaknya banyak barang branded, yang sudah melalui sederet riset dengan pemakaian bahan baku yang tidak murah, high end makeup juga telah melalui semua proses itu sebelum sampai ke tangan pembeli. Seperti dilansir dari Healthyway, produk kosmetik merek MAC atau Bobbi Brown memiliki formulasi premium dengan bahan-bahan berkualitas tinggi, lebih banyak pigmen, dan menggunakan teknologi yang lebih mahal dalam menciptakan produknya.

Advertisement

Antara high end dan drugstore makeup mungkin saja memakai bahan kimia yang sama, namun jenis dan jumlahnya (kadarnya) mungkin saja berbeda. Sehingga hasilnya di kulit pun bisa berbeda juga.

“Peptida (turunan asam amino) adalah contoh bahan yang bagus di mana jenis peptida dan jumlah peptida keduanya penting untuk menentukan seberapa efektif produk tersebut pada kulit kita.”

4. Perbedaan lain bisa dilihat dari kemudahan untuk mendapatkannya. Produk drugstore jauh lebih mudah didapatkan dibanding produk high end

Lebih gampang mendapatkan produk-produk drugstore via www.healthyway.com

Namanya aja drugstore, artinya produk-produk kosmetik ini bisa diperoleh bahkan di apotik-apotik seperti Guardian, Watson, atau Century. Nggak cuma di apotik, di minimarket-minimarket yang sering kita jumpai di jalanan juga biasanya tersedia lo. Nah, beda sama high end makeup yang kebanyakan cuma bisa dibeli online, atau di toko-toko kosmetik kelas menengah ke atas seperti Sephora. Ada juga brand yang membuka store-nya sendiri di pusat-pusat perbelanjaan, seperti SK-II atau Estee Lauder.

Itulah segelintir perbedaan antara high end dan drugstore makeup. Mau pilih yang mana, tetap akan balik ke kalian lagi sih, Guys. Yang penting jangan terlalu memaksakan diri ya, kalaupun kantong cuma mendukung kamu buat beli produk-produk drugstore ya nggak masalah, toh drugstore makeup juga banyak yang cucok saat diaplikasikan ke wajah~

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya