Beda Mudik dan Pulang Kampung Versi BNPB, Mungkin Bisa Jawab Kebingungan Kita Sejak Kemarin~

Beda mudik dan pulang kampung

Sejak kemarin, media sosial diramaikan dengan pembahasan soal mudik dan pulang kampung. Dua istilah itu sampai jadiĀ trending topicĀ di Twitter. Semua itu ternyata bermula dari program Mata Najwa yang tayang Rabu, 22 April 2020. Dalam episode itu, Najwa Shihab selakuĀ host,Ā bertatap muka langsung dengan Presiden Joko Widodo untuk berbincang-bincang terkait virus corona di Indonesia, mulai dari kebijakan pemerintah, sampai simpang siur informasi yang sering muncul di tengah masyarakat.

Advertisement

Salah satu topik yang jadi pembahasan adalah soal mudik. Tak sedikit pihak menilai pemerintah terlalu lamban mengeluarkan larangan mudik, sehingga yang terjadi, banyak orang ā€˜curi startā€˜ mudik duluan ke daerah-daerah. Takutnya persebaran virus corona jadi makin masif. Tapi menurut Jokowi, apa yang dilakukan masyarakat sejak berminggu-minggu lalu itu bukan mudik, tapi pulang kampung. Pernyataan itu langsung bikin bingung orang se-Indonesia raya. Banyak juga yang langsung ngegas. Pasalnya, istilah mudik dan pulang kampung itu punya arti yang sama di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Jokowi sebenarnya sudah menjelaskan perbedaan mudik dan pulang kampung saat Mbak Nana ā€“yang saat wawancara juga kebingunganā€“ menanyakannya. Soalnya semua orang pun juga sepakat kalau dua istilah itu samaā€¦

Menurut Jokowi dalam wawancara eksklusif itu, mudik dilakukan orang saat lebaran. Tujuannya untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung. Sedangkan pulang kampung, dilakukan di luar waktu tersebut. Dan yang pada pulang kampung itu ā€“termasuk yang sudah curi start kemarinā€“ adalah orang-orang yang kerja di Jabodetabek, lalu nggak punya penghasilan lagi dan akhirnya pulang ke daerah untuk kembali ke istri dan anak-anaknya.

Kalau dalam pandangan Jokowi, wajar orang-orang pada ā€˜pulang kampungā€™ karena mereka sudah nggak punya pekerjaan. Malah katanya lebih bahaya kalau mereka tetap di tanah rantau, nggak punya duit, dan nggak bisa makan, imunitas melemah dan jadi lebih rentan terinfeksi. Dan menurutnya saat ini pemerintah di daerah-daerah udah banyak yang bikin protokol isolasi bagi para pendatang. Hmmā€¦

Advertisement

Menambahkan penjelasan dari Jokowi, BNPB juga ikut buka suara. Menurutnya, ada perbedaan di protokol mudik dan pulang kampung, dan itu sudah diatur pemerintah (katanya)

Agus Wibowo, BNPB via www.gatra.com

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Agus Wibowo, menjelaskan perbedaan lain terkait mudik dan pulang kampung yang disinggung presiden. Menurutnya, mudik itu pulang kampung yang bersifat sementara. Pemudik akan kembali lagi ke tanah rantau. Sedangkan pulang kampung, adalah pulang ke kampung halaman dan nggak kembali lagi ke perantauan.

Kata Agus juga ada perbedaan protokol antara mudik dan pulang kampung, seperti golongan yang boleh dan tidak boleh kembali ke asalnya. Kalau mudik itu terlarang bagi ASN, TNI-POLRI, pegawai BUMN dan BUMD, serta masyarakat berpenghasilan tetap. Mereka nggak boleh mudik, keluar rumah, kumpul-kumpul, dan harus taat sama aturan PSBB serta prosedur penanganan Covid-19. Sedangkan golongan yang boleh pulang kampung adalah kelompok Pekerja Migran Indonesia (PMI) dan PHK, asalkan mereka mengikuti protokol pulang kampung yang ketat, mulai dari mengisi formulir keterangan diri dan tujuan kepulangan, mengantongi izin gugus tugas daerah dan sudah izin kepala desa, bersedia tidak kembali ke rantau, sampai menjalani isolasi mandiri sesampainya di kampung.

Kalau merujuk ke KBBI, dua istilah itu punya arti yang sama lo. Secara harfiah mungkin sama, tapiā€¦

Advertisement

Mudi dan pulang kampung di KBBI via www.100kpj.com

Kalau cari arti kata ā€œmudikā€ di KBBI yang muncul adalah ā€œpulang ke kampung halamanā€. Dan kalau cari arti ā€œpulang kampungā€ di sana, sama aja, yang keluar juga ā€œmudikā€. Selama ini kita juga mengira kalau dua kata itu ya sama aja. Tapi, sejak wawancara Mata Najwa kemarin, rasanya dua istilah itu jadi ribet banget penafsirannya. Kalau kata Denny Siregar, seorang penulis, perbedaan itu cuma berlaku pas pandemi aja.

Lalu ia juga menambahkan, kalau dianalogikan dalam Bahasa Inggris, mudik itu jamak, sedangkan pulang kampung tunggal. Mudik biasanya dilakukan beramai-ramai dalam satu waktu bersamaan. Terus mereka kumpul dengan keluarga lain di satu rumah. Sedangkan orang yang pulang kampung itu biasanya sendirian, udah nggak punya kerjaan di kota, terus pulang. Kata Denny, mengarantina satu orang akan lebih mudah dilakukan Pemda, daripada mengarantina ribuan bahkan jutaan orang yang mudik massal.

Tapiā€¦ kan nggak menutup kemungkinan juga bakal ada ledakan orang yang pulang kampung bebarengan. Apalagi banyak perusahaan yang kompak melakukan PHK. Kalau dipikir-pikir ya tetep sama aja, sama-sama berpotensi menyebarkan virus.

Meski tetap berpendapat kalau mudik dan pulang kampung itu beda, pada akhirnya Jokowi tetap melarang mudik. Keputusan itu ditetapkan dalam rapat terbatas yang digelar tepat sesaat setelah Presiden dan Mbak Nana bertemu. Nih, penjelasan dari Mbak Nana~

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumahĀ ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

An amateur writer.

Editor

An amateur writer.

CLOSE