Di negeri yang angkutan umumnya tidak bisa diandalkan dan baru saja memiliki fasilitas MRT sebagai moda trasportasi, sepeda motor masih menjadi pilihan utama yang demikian diandalkan nih untuk berkendara. Tapi sayangnya, banyak banget lo resiko yang mengancam para pengendara sepeda motor ini, salah satunya adalah pembegalan.

Baru-baru ini, ada modus begal baru yang berhasil terekam oleh kamera. Agar bisa mengantisipasi, kalian perlu tahu ngerinya modus baru ini, Simak ulasan berikut ini yuk!

Bulan puasa ini ternyata masih aja banyak kriminalitas. Lihat saja aksi begal yang terekam oleh pengendara sepeda motor ini, ngeri banget!

Advertisement

Hal itu dialami oleh Reza, seorang pengendara motor yang tengah melaju di sekitar Gandaria City pukul 1  dini hari. Ia mengungkapkan adanya usaha pembegalan yang dilakukan oleh 5 orang dengan 2 sepeda motor yang terlihat jelas melalui kamera yang terpasang di motornya.

Kejadian yang terjadi di sekitar Gandaria City itu berhasil direkam oleh Reza dan diunggah di Instagram pribadinya. Tampak pada video tersebut 2 orang pertama yang berboncengan dengan 1 sepeda motor berusaha mencabut kunci sepeda motor Reza dalam keadaan motor masih melaju, kemudian 3 orang lainnya menyusul dari belakang.

Bukan cuma ngeri karena aksi pepet-pepetannya aja, para pelaku berani banget sampai coba nyabut kunci motor yang lagi jalan. Ini tempatnya nggak sepi-sepi amat lagi!

Begal beraksi via www.instagram.com

Advertisement

Dalam cuplikan video singkat tersebut, sebetulnya kondisi jalan belum terlalu sepi. Masih ada juga lalu lalang kendaraan lain yang melewati jalan itu. Bahkan kondisi penerangan jalan pun juga bisa dibilang tidak terlalu gelap karena adanya lampu kota yang menyala.

Namun di video tersebut kita dapat melihat bahwa ternyata pelaku kejahatan itu kadang nggak melihat situasi untuk melancarakan aksinya, mau sepi, mau ramai, mereka tetap nekat. Wah kalau udah kaya gini sih mending hati-hati yaa, dan selalu waspada jika melakukan perjalanan malam hari.

Satu lawan lima orang, untung reza berhasil ngebut dan melarikan diri! Mukanya sih sempat ketangkap kamera, harusnya bisa dilaporin.

Berkendara malam via www.royalenfieldriders.in

Dalam video tersebut terlihat Reza sedang melakukan perjalanan seorang diri yang kemudian didekati oleh para pelaku begal tadi. Tapi beruntung banget Reza berhasil ngebut. Dan nggak cuma itu, video singkat Reza tadi sempat merekam dengan jelas lo wajah-wajah para pelaku begalnya. kalau udah ada bukti yang jelas seperti itu harusnya bisa lo dilaporkan ke pihak berwajib dan dicari. Takutnya ada korban lain lagi kan ya.

Kejadian ini harusnya bikin kita lebih waspada guys, kalau bisa sih hindari jalanan yang sepi yaa buat meminimalisir tindak kejahatan.

Pilih jalanan yang masih ramai via www.jejakpiknik.com

Memilih jalanan yang masih ramai ketika malam hari adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan lo agar terhindar dari tindak kejahatan jalanan seperti begal tadi. Meskipun jika kalian punya jalan pintas yang bisa lebih cepat untuk sampai ke tempat tujuan, tapi kalau sepi sih mending lewat jalan utama yang ramai walaupun jaraknya lebih jauh. Yang penting lebih aman kan?

Atau jika kalian punya action cam, bisa lo dipasang di motor seperti Reza. Daripada ngga kepakai kan!?

Selalu waspada via www.himedik.com

Kita semua tahu, kejahatan seringkali datang karena adanya kesempatan. Selalu waspada ketika melakukan perjalanan juga menjadi salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Misalnya, berhati-hati ketika ada orang asing yang mencoba mendekati kita, sebab kejahatan pembegalan itu banyak banget lo modusnya.

Atau misalnya jika kalian ingin berhenti untuk mengecek sesuatu, usahakan berhenti pada tempat yang masih banyak orangnya dan tentu saja di tempat yang cukup terang dan tidak jauh dari badan jalan. Dan misalnya kalian punya action cam, daripada cuma dipakai untuk foto-foto nggak berfaedah, coba deh dipasang di kendaraan kalian seperti Reza. Siapa tahu berguna kan?

Nah, semoga dari video singkat yang dialami oleh Reza ini bisa dijadikan pelajaran ya untuk kita semua agar lebih waspada dalam berkendara, apalagi jika malam hari dan kalian sendirian. Tetap hati-hati di manapun kalian berada!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya