Buat kamu yang punya kerabat dan pengen masuk sekolah yang siap untuk kerja, menempuh pendidikan di SMK merupakan salah satu opsi. Terlebih, SMK yang memiliki fasilitas keren untuk menunjang program belajar siswa sesuai kejuruan yang diambil. Semisal beberapa SMK yang berlokasi di Kudus, Jawa Tengah, ini bikin kamu nggak percaya kalau ternyata sekolahnya ada di Indonesia.

Ya, SMK binaan Djarum Foundation ini telah memiliki berbagai fasilitas yang dapat membantu siswa-siswinya memahami ilmu kejuruan dan siap terjun di dunia kerja. Mulai dari fasilitas bidang maritim seperti teknika kapal niaga, bidang pariwisata kayak tata boga, dan ekonomi kreatif semisal desain komunikasi visual serta animasi. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Meningkatkan pendidikan di Indonesia merupakan salah satu misi Djarum Foundation sejak dulu. Berbagai fasilitas untuk sekolah pun diberikan

studio animasi di SMK Raden Umar Said

Advertisement

“Tujuan kami adalah meningkatkan kualitas tenaga kerja terampil di Indonesia dengan melakukan pembinaan kepada 18 sekolah menengah kejuruan, guna menjadi pilihan utama bagi lulusan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. Sehingga mereka lebih siap masuk ke dunia kerja,” – ujar Program Director Bakti Pendidikan Djarum Foundation, Primadi H. Serad, pada Selasa (25/9/2018) di Kudus, Jawa Tengah.

Upaya Djarum Foundation dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia telah lama dilakukan sejak 1963 dengan membangun sekolah di Kudus. Dan misi pendidikan ini dilanjutkan lewat peningkatkan kualitas SMK yang dimulai sejak 2011. Beberapa di antaranya yaitu SMK Wisudha Karya, SMK Raden Umar Said, dan SMK PGRI berupa pemberian fasilitas-fasilitas penunjang program belajar.

siswa sedang belajar di studio animasi di SMK Raden Umar Said

Berbagai kebutuhan para murid dalam menempuh pendidikan sesuai kejuruan yang diambil bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif. Fasilitas yang diberikan pun beragam, semisal untuk desain komunikasi visual dan animasi di SMK Raden Saleh yang studio animasinya nggak kalah sama tim produksi Hollywood.

bidang kemaritiman di SMK Wisudha Karya

Advertisement

Ada juga di SMK Wisudha Karya dengan fasilitas bidang kemaritimannya dan dunia perkapalan. Selain itu, ada juga fasilitas penunjang sektor pariwisata seperti perhotelan, tata boga, dan kecantikan, serta tata busana di SMK PGRI. Seluruh fasilitas yang diberikan ke SMK binaan Djarum Foundation ini diharapkan dapat meningkatkan bakat-bakat para generasi penerus bangsa untuk terjun di dunia kerja, baik nasional maupun internasional.

trunk show di SMA PGRI Kudus

Tak sekadar menyediakan fasilitas, tapi juga kompetensi terhadap guru dan kurikulum turut menjadi perhatian dari program ini

praktek bidang tata rias di SMA PGRI

“Langkah kami selanjutnya pada program peningkatan SMK ini adalah mengembangkan lebih banyak kompetensi keahlian untuk bidang pekerjaan yang dibutuhkan Indonesia pada masa mendatang,” – kata Primadi.

Program ini dimulai dengan menyelaraskan kurikulum sekolah dengan apa yang dibutuhkan dari industri. Djarum Foundation melibatkan tenaga profesional untuk menjamin keselarasan kurikulum sekolah dengan kebutuhan industri. Langkah selanjutnya adalah melatih para guru dan memberikan sertifikasi yang sesuai dengan standar dunia kerja.

teknik mesin di SMK Wisudha Karya

Proses pembelajaran yang berkualitas juga menuntut fasilitas berstandar industri, untuk meminimalkan kesenjangan antara apa yang dipelajari di sekolah dan apa yang akan dialami nantinya di tempat kerja. Sebagai langkah terakhir, teaching factory didirikan untuk melatih kesiapa siswa dalam memenuhi pekerjaan nyata yang diberikan oleh industri ke sekolah, Karena sejak di SMK ini, para murid telah dilatih untuk belajar sambil bekerja lewat proyek yang diberikan klien.

belajar animasi di SMK Raden Saleh

Melalui program pengembangan pendidikan, Djarum Foundation berpartisipasi dalam memajukan Indonesia untuk menjadi negara maju yang seutuhnya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya