Bekasi Jadi Kota dengan Internet Paling Cepat di Indonesia. Jakarta Selatan, Kalah!

Di zaman saat ini internet menjadi bagian dari kebutuhan pokok setiap aktivitas kita. Terutama di kawasan kota-kota besar yang menjadi pusat perkantoran dan industri. Nggak heran bila kecepatan internet menjadi hal yang cukup penting dan sangat diperhatikan. Omong-omong soal kecepatan internet, baru-baru ini sebuah situs pengujian internet besutan Ookla yakni Speedtest melaporkan kecepatan internet periode September 2022.

Advertisement

Dalam laporan bertajuk Speedtest Global Index ini berisi hasil pengukuran kecepatan internet baik mobile maupun fixed broadband atau internet kabel di ratusan kota besar di seluruh dunia. Menariknya, Kota Bekasi menjadi perwakilan Indonesia yang masuk daftar laporan tersebut dan menjadi kota dengan internet tercepat di Indonesia, loh.

Kecepatan internet di Bekasi kalahkan Jakarta Selatan

internet di Bekasi

Foto oleh George Milton dari Pexels

Dalam laporan terbaru Speedtest tersebut ada dua kota besar di Indonesia yang masuk dalam indeks internet tercepat di dunia, yakni Bekasi dan Jakarta Selatan. Menurut hasil pengujian Speedtest kecepatan unduh mobile di Bekasi per September 2022 mencapai 16,47 Mbps, sedikit lebih unggul dari Jakarta Selatan yang memiliki kecepatan 16,14 Mbps.

Sementara itu, kecepatan unggah di Bekasi bulan September 2022 juga lebih unggul dari Jakarta Selatan, yaitu mencapai 11,64 Mbps dengan latensi 23 Ms dibanding Jakarta Selatan dengan kecepatan 10,90 Mbps dan latensi atau jeda 24 Ms. Kecepatan internet tersebut membuat Bekasi menempati posisi ke-134 dunia dan Jakarta Selatan posisi ke-136 dari 170 kota di dunia yang masuk dalam laporan Speedtest ini.

Advertisement

Selain internet mobile, internet kabel di Bekasi juga lebih unggul daripada di Jakarta Selatan, loh. Kategori fixed boardband di Bekasi mencapai kecepatan unduhan 27,04 Mbps dan kecepatan unggahan 11,61 Mbps, dengan latensi 5 Ms. Sementara itu, Jakarta Selatan memiliki kecepatan unduh 27 Mbps dan unggah 17,32Mbps, dengan latensi 5 Ms. Indeks tersebut membuat Bekasi menempati posisi ke-136, dan bekasi di posisi ke-137 dari 193 kota di dunia.

Buat kamu yang penasaran dengan hasil laporan Speedtest ini, sila kunjungi speedtest.net

Perbandingan kecepatan internet di Bekasi dengan Shanghai dan Beijing sebagai kota dengan internet paling cepat di dunia

internet di Bekasi

Foto oleh Kampus Production

Advertisement

Sebagai kota dengan internet tercepat di Indonesia yang masuk laporan Speedtest, Bekasi tentu masih kalah jauh dengan dua kota besar di Cina, yakni Shanghai dan Beijing. Shanghai menempati posisi pertama kota dengan internet mobile tercepat dengan kecepatan 158,6 Mbps. Adapun kota dengan internet paling lambat adalah Havana, Kuba dengan kecepatan 5,51 Mbps.

Sementara itu, Beijing menjadi kota dengan internet fixed boardband tercepat dengan kecepatannya yang mencapai 238,86 Mbps. Sementara Havana masih sebagai kota dengan internet paling lambat dengan kecepatan 1,78 Mbps. Dalam laporan Speedtest ini, kota yang ikut masuk dalam indeks adalah dua kota besar dari suatu negara yang masing-masing memiliki lebih dari 500 penduduk dan memiliki internet paling cepat.

Laporan Speedtest ini sebenarnya dibuat setiap bulan untuk mengetahui perkembangan internet di seluruh kota sampel di dunia. Tujuan data ini untuk mengetahui progres kemajuan informasi dan komunikasi di suatu kota. Bagaimana dengan kecepatan internet di daerahmu, SoHip? Kasih testimoninya, dong~

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE