Di usia yang makin dewasa rasanya nggak lengkap kalau belum lancar bahasa Inggris. Tau nggak sih, jago bahasa Inggris nggak cuma memudahkanmu saat bekerja. Peluang kamu dapat beasiswa pendidikan juga terbuka lebar lho! Tapi belajar bahasa Inggris kadang terkendala karena semangat belajar kamu suka naik turun.

Entah karena bosan belajar grammar atau menghafalkan kosa kata di tempat les yang gitu-gitu saja, belajar bahasa Inggris jadi terasa kurang greget. Mau dari baca novel atau nonton film, lama-lama pun bosan. Asyiknya, kamu bisa coba belajar bahasa Inggris dengan cara baru di Filipina. Simak informasinya berikut ini.

Untuk pertama kali, Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) ikut pameran pendidikan World Education Expo Indonesia (WEEI) di Indonesia

Departemen Pariwisata Filipina (PDOT) ikut pameran pendidikan World Education Expo Indonesia (Foto:Dwita)

Advertisement

“Belum banyak orang Indonesia yang mengetahui bahwa sebagai negara berbahasa Inggris terbesar ke-5 di dunia, Filipina telah mengembangkan program pendidikan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua (ESL),” ujar General Manager PDOT Indonesia, Dewi Astuti, pada Jumat (27/9/2019) di Jakarta.

Pada gelaran pameran pendidikan WEEI 2019 yang terselenggara di tiga kota besar Indonesia, yaitu Medan, Jakarta, dan Denpasar (26-28 September dan 1-2 Oktober) PDOT hadir mengikuti untuk kali pertama. Di sini, PDOT sebagai satu-satunya NTO yang membawa lima sekolah bahasa Inggris ternama dari Cebu.

Ada Cebu Blue Ocean Academy (CBOA), Center for Premier International Language Studies (CPILS), EV Academy, IDEA Education, dan QQ English dalam tema “Study English, It’s More Fun in the Philippines”. Btw, ada delapan kota yang menjadi pusat belajar bahasa Inggris, yaitu Baguio, Clark, Subic, Manila, Iloilo, Bacolod, Cebu, dan Davao.

Masyarakat Filipina sendiri mayoritas sudah mahir berbahasa Inggris. Mereka terbiasa menggunakan bahasa Inggris sehari-harinya

Sekolah bahasa Inggris Cebu menawarkan program belajar yang menaik (Foto:Dwita)

Advertisement

Menjadi bahasa resmi negara yang dipakai baik di sekolah maupun untuk bisnis, 93.5% penduduk Filipina mahir dalam memahami, menulis, berbicara dan mengajar bahasa tersebut. Bahasa Inggris yang dituturkan oleh orang Filipina memiliki aksen netral dan mudah dipahami. Terlebih, Filipina merupakan salah satu dari sedikit negara yang menawarkan metode pengajaran bahasa Inggris one-on-one. Cara ini melalui praktik langsung dan dibawakan oleh guru-guru Filipina yang berkualifikasi tinggi, peduli, sabar, dan pengertian dalam situasi belajar yang kondusif.

Pelajar mendapatkan informasi seputar belajar bahasa Inggris di Filipina (Foto:dok.Dwita)

Selama pameran berlangsung, PDOT menghadirkan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari memberikan berbagai informasi sekolah, lokasi wisata yang seru, mencicipi makanan khas Filipina, photobooth, foto bareng maskot mangga, dan pembagian aneka merchandise. Jadi, nggak cuma bisa tanya langsung ke para perwakilan sekolah mengenai informasi, tapi juga bisa seru-seruan.

Belajar bahasa Inggris di Filipina akan membawa pengalaman yang menyenangkan

General Manager PDOT Indonesia, Dewi Astuti, membuka sesi presentasi sekolah bahasa Inggris ternama di Cebu (Foto. Luthfi) via www.hipwee.com

Filipina adalah negara berbahasa Inggris terbesar ke-5 di dunia. Untuk memperkenalkannya lebih jauh kepada masyarakat Indonesia, Departemen Pariwisata Filipina melalui kegiatan Pameran World Education Expo Indonesia memboyong 5 sekolah Bahasa Inggris ternama di Cebu.

Ruang presentasi dipenuhi oleh pengunjung yang didominasi siswa sekolah menengah yang tertarik dengan pembelajaran dan fasilitas di sekolah Bahasa Inggris ternama di Cebu. Masing-masing perwakilan sekolah bergantian menjelaskan keunggulan Filipina sebagai tujuan belajar Bahasa Inggris. Salah satu alasan mengapa Filipina sangat bagus untuk belajar Bahasa Inggris adalah, negara ini telah mengembangkan program pendidikan Bahasa Inggris sebagai bahasa keduanya (ESL).

Presentasi sekolah Cebu Blue Ocean Academy (foto. Luthfi) via www.hipwee.com

“Aksen bahasa Inggris penduduk Filipina yang cukup netral akan membantu para pelajar untuk berkomunikasi dan mengimplementasikan ilmu yang didapat di sekolah tanpa rasa malu. Filipina juga salah satu dari sedikit negara yang menawarkan metode pengajaran bahasa Inggris one-on-one, melalui praktek langsung,” ucap Dewi.

Filipina adalah negara tujuan belajar bahasa Inggris terbaik di Asia

Pengunjung di booth sekolah bahasa Inggris Cebu (foto. Luthfi) via www.hipwee.com

Merujuk laporan Yonhap News Agency pada 22 Juni 2018 yang juga disampaikan Dewi, skor rata-rata Filipina untuk tes bahasa Inggris untuk Komunikasi International (TOEIC) adalah 727. Pencapaian ini membawa Filipina kepada urutan ke-7 di dunia sebagai tujuan belajar bahasa Inggris, dan urutan pertama di antara negara-negara Asia. Untuk Sistem Pengujian Bahasa Inggris International (IELTS), Filipina menduduki peringkat ke-3 di seluruh dunia.

Sementara untuk kamu yang tertarik belajar bahasa Inggris di Filipina, program yang ditawarkan yaitu, ESL, Bahasa Inggris Dasar/Tingkat Lanjut/Menengah/Intensif, Business English, Academic English, Bahasa Inggris untuk Tujuan Spesifik (ESP) –seperti bahasa Inggris untuk perawat, praktisi medis, dan Ujian CELTA/TESOL/TOEIC/IELTS.

Peserta sesi presentasi sekolah bahasa Inggris Cebu (foto. Luthfi)[/

Nah, kamu nggak usah khawatir untuk belajar bahasa Inggris di Filipina. Selain jarak geografis yang nggak begitu jauh dari Indonesia, proses belajar yang melibatkan siswa multi-budaya dan fasilitas sekolah yang lengkap, tentunya akan bikin kamu nyaman seperti sedang berada di Indonesia dengan keberagaman budayanya. Nah, untuk info atau pertanyaan lainnya, kamu bisa menghubungi PDOT Indonesia via WhatsApp: +62812 9388 7796 dan e-mail: [email protected]

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya