Hipwee Masterclass X Prudential: Belajar Copywriting Buat Jualan, Biar Makin Cuan!

Seiring perkembangan zaman yang menciptakan tren marketing dan bisnis membuat siapa saja makin menyadari pentingnya copywriting atau tulisan yang memiliki tujuan bisnis dan penjualan. Bahkan, tidak hanya untuk bisnis saja, copywriting juga dibutuhkan bagi kamu yang ingin membangun personal branding di media sosial, lo.

Tidak heran jika ilmu copywriting saat ini seolah jadi kebutuhan, layaknya perlindungan bagi kesehatan. Oleh karena itu, Hipwee bersama Prudential baru saja menggelar Masterclass bertajuk “The Power of Copywriting: How to Write Copy That Sells” bersama Zarry Hendrik, secara daring pada Sabtu (25/6) kemarin. Buat kamu yang sedang belajar copywriting, simak yuk apa saja yang dibahas dalam Hipwee Masterclass ini.

Memahami copywriting dan perbedaannya dengan tulisan biasa

Founder Kapitulis Zarry Hendrik di Hipwee Masterclass X Prudential | Dok. Acara

Seperti yang disampaikan founder Kapitulis Zarry Hendrik pada Hipwee Masterclass, copywriting merupakan kata-kata yang dirangkai sedemikian rupa, menggunakan teknik tertentu untuk kebutuhan bisnis. Maka dari itu, copywriting memiliki trik tertentu dan kekuatan untuk menjual.

Sementara itu, pada tulisan biasa mungkin bisa saja memiliki diksi yang bagus, tapi nggak digunakan untuk kepentingan bisnis atau penjualan. Selain itu, copywriting juga harus memiliki tujuan tertentu mulai dari membangun brand awareness atau kesadaran calon konsumen terhadap suatu produk hingga penjualan.

Beberapa orang mungkin menganggap jika content writing dan copywriting berbeda, tapi menurut Zarry Hendrik keduanya bisa sama jika memiliki tujuan atau kepentingan bisnis. Sebab, adakalanya dalam menulis konten juga menggunakan teknik copywriting

“Menurut saya content writing atau menulis konten dan copywriting itu sama saja, asalkan sama-sama punya kepentingan bisnis,” ungkap Zarry pada Hipwee Masterclass pada Sabtu (25/6) kemarin.

8 teknik membuat copywriting yang powerful untuk jualan

Lebih lanjut, Zarry Hendrik menjelaskan teknik-teknik yang digunakan dalam membuat copywriting supaya tujuan bisnis yang diinginkan bisa tercapai. Berikut teknik-teknik copywriting yang harus kamu perhatikan:

  1. Rima, atau bunyi huruf yang memiliki kemiripan tapi bisa beda arti. Misalnya, “listening” dan “understanding” di mana keduanya memiliki bunyi mirip karena sama-sama diakhiri “ing”.
  2. Rule of three, merupakan kelugasan kalimat atau slogan yang terdiri dari tiga huruf. Misalnya, “I’m lovin’it” (McDonald’s) dan “just do it” (Nike).
  3. Majas atau gaya bahasa untuk menggambarkan sesuatu. Majas ini terdiri dari berbagai macam sesuai maknanya.
  4. Story-telling, merupakan gaya copywriting dengan bercerita sebelum menyampaikan maksud promosi.
  5. Humor, sering digunakan untuk membuat calon pembeli merasa penasaran dan ingin mencoba atau membuktikan.
  6. Puitis atau romantis, biasanya digunakan untuk copywriting yang ingin melibatkan emosi pembaca
  7. Diksi atau pemilihan kata yang tepat lebih mudah diingat, dipahami, dan bisa menggambarkan isi atau tujuan
  8. Motivasi, biasa digunakan untuk copywriting yang membutuhkan aksi dari pembaca

Nah, dengan teknik-teknik ini kamu bisa membuat copywriting sesuai kebutuhan. Misalnya slogan, caption media sosial, poster atau spanduk, dan sebagainya. Tentunya, tiap teknik juga harus disesuaikan dengan target pembaca atau pembeli, ya.

Tips dalam membuat copywriting supaya bisa mencapai tujuan

Hipwee x prudential

Prinsip kunci | Dok. kegiatan

Dalam menerapkan teknik-teknik di atas kamu harus mengingat prinsip-prinsip copywriting supaya tulisanmu bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Zarry Hendrik menyampaikan bahwa prinsip ini bisa disebut dengan 4C yakni (1) Clear atau jelas, sehingga tulisan mudah dimengerti. (2) Concise atau singkat dan ringkas supaya pesan tersampaikan dengan sedikit kata atau kalimat yang efektif. (3) Compelling atau menarik supaya bisa menarik perhatian pembaca yang fokus pada kebutuhan atau masalah. (4) Credible atau dapat dipercaya, harus dipastikan tulisan nggak overclaim dan overpromised dengan sumber terpercaya.

Nah, supaya bisa menerapkan 4C ini, kamu juga bisa melakukan tips-tips dari Zarry Hendrik berikut, ya.

  1. Jangan menyingkat kata
  2. Penulisan harus benar secara kaidah penulisan, kecuali untuk kepentingan ekspresif dan kebutuhan kalimat yang lebih kasual
  3. Kenali personamu atau brand-mu
  4. Kenali audiens untuk menyesuaikan bahasa
  5. Mengetahui target atau tujuan
  6. Posisikan diri sebagai pembeli dengan menggunakan empati
  7. Selipkan sentuhan humor atau romansa supaya bisa membekas di hati pembaca

Teknik-teknik, prinsip dan tips dari Zarry Hendrik ini bisa kamu terapkan dalam membuat copywriting. Apalagi jika kamu sedang dalam tahap belajar dan ingin menjadi copywriter profesional seperti Zarry Hendrik.

Ilmu copywriting sama pentingnya dengan memiliki proteksi kesehatan, salah satunya dengan PRUTect Care

Founder Kapitulis Zarry Hendrik di Hipwee Masterclass X Prudential | Dok. Acara

Di era saat ini, ilmu copywriting cukup penting untuk kebutuhan personal branding dan bisnis. Apalagi sejak pandemi kegiatan ekonomi sempat menurun. Di kondisi yang berangsur pulih saat ini, kelangsungan bisnis menjadi hal yang sangat penting.

Kebutuhan tersebut sama pentingnya dengan kebutuhan proteksi kesehatan. Belajar dari masa pandemi kemarin tentu membuat kita semakin menyadari pentingnya perlindungan kesehatan. Salah satu proteksi yang bisa kamu andalkan adalah PRUTect Care dari Prudential Syariah.

Kamu bisa mendapat berbagai manfaat perlindungan yang fleksibel mulai dari 1, 3, 6, dan 12 bulan yang bisa diperpanjang sesuai kebutuhan. Manfaat dalam 1 perlindungan ini meliputi santunan rawat inap harian, cacat total kecelakaan, perawatan ICU, dan meninggal dunia. Menariknya, kamu bisa ikut berkontribusi sekali bayar mulai dari Rp 8000/bulan untuk paket Silver 1 bulan, lo.

Selain mendapat manfaat yang beragam dalam 1 perlindungan, proses klaim pun cukup mudah melalui aplikasi Pulse dan sesuai prinsip-prinsip syariah. Jangan khawatir, PT Prudential Sharia Life Assurance berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, ya.

Nah, untuk informasi lengkapnya, sila kunjungi www.prudentialsyariah.co.id serta unduh aplikasi Pulse di Google play store atau App Store.

Hipwee x prudential

Downoad Pulse | Prudential

Yuk buruan manfaatkan kesempatan menang berbagai hadiah menarik dengan mengumpulkan tiket di aplikasi Pulse dan lakukan berbagai aktivasi mulai dari mendaftar PRUTect Care, mengajak teman bergabung di Pulse be active, hingga menyambungkan Fitnes Tracker ke perangkat wearable. Ada iPhone 13 Pro, Garmin Smartwatch, dan OVO points senilai jutaan rupiah menantimu!

Masterclass Premium Niko Julius

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.