Sebelum Membeli Hardisk Eksternal, Perhatikan 4 Hal di Bawah Ini Biar Nggak Nyesel

Beli hardisk eksternal

Saat ini, terobosan teknologi terbaru berupa hardisk eksternal alias perangkat penyimpanan file yang bukan merupakan bawaan dari komputer atau laptop banyak diminati oleh masyarakat luas. Hal itu dikarenakan beberapa faktor, seperti misalnya bentuknya yang lebih praktis untuk dibawa ke mana-mana, ruang penyimpanannya yang lebih besar, dan berbagai keuntungan lainnya yang mungkin nggak didapat dari perangkat penyimpanan internal.

Advertisement

Mulai dari spek rendah hingga tinggi, benda yang satu ini banyak tersedia dalam berbagai merek dan pilihan. Namun, saking banyaknya variasi yang beredar di pasaran, kita sebagai calon pembeli malah terkadang dibikin bingung saat hendak memilihnya. Nah, biar kamu nggak salah beli dan berujung nyesel, inilah hal-hal yang perlu diperhatikan saat kamu mau beli hardisk eksternal.

1. Sesuaikan kapasitas penyimpanan dengan kebutuhan, nggak perlu yang gede-gede kalau cuma buat nyimpen file dengan ukuran kecil

Hardisk eksternal via situstekno.com

Sebelum membeli hardisk eksternal, hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah menyesuaikan kebutuhanmu sendiri dengan kapasitas penyimpanan yang mau dibeli. Misalnya nih, kalau kamu butuhnya buat nyimpen file besar kayak game-game berat, hasil editing video, atau mungkin aplikasi-aplikasi penunjang kerja lainnya, ya paling nggak beli yang berkapasitas 1 terabyte. Tapi kalau misalnya kebutuhanmu cuma sebatas buat nyimpen hasil kerjaan berupa file-file kecil, ya beli aja yang dibawahnya. Percuma kan beli yang gede kapasitasnya tapi malah nggak terpakai?

2. Usahakan pilih hardisk dengan kecepatan transfer data di atas 100mb/s biar nggak lelet

Kecepatan transfer data juga sangat penting via www.blibli.com

Setelah menyesuaikan kebutuhan dengan kapasitas penyimpanan hardisk eksternal itu sendiri, yang nggak boleh kamu lewatkan adalah mengecek keterangan berapa kecepatan hardisk tersebut saat digunakan untuk transfer data. Kalau boleh menyarankan sih pilih hardisk yang memiliki kecepatan transfer data di atas 100mb/s biar nggak lelet banget. Kecepatan ini berpengaruh banget saat digunakan untuk memindah data dari perangkat luar ke hardisk atau bahkan sebaliknya. Apalagi jika file yang hendak dipindah adalah file dengan ukuran besar.

3. Sekarang hardisk eksternal udah lebih keren, bagusnya sih pilih yang udah ada fitur shock resistance dan water resistant

Ilustrasi hardisk eksternal water resistant via www.bukalapak.com

Zaman semakin maju, teknologi pun semakin beragam, begitu juga dengan inovasi yang ada di dalam hardisk eksternal. Jika dulu saat pertama kali booming, yang paling diandalkan dari hardisk eksternal adalah keunggulannya yang lebih praktis, sekarang udah semakin beragam. Nggak cuma karena enak dibawa ke mana-mana, tapi juga punya fitur anti goncangan dan anti air. Tapi ingat, nggak semua produk dan merek hardisk eksternal memiliki dua fitur canggih ini. Makanya kamu perlu jeli memerhatikan keterangan yang ada dan tertulis di dalam kotaknya. Kalau nggak yakin pun juga bisa menanyakan dengan pihak penjualnya kok.

4. Paling vital dan nggak kalah penting, jangan lupa juga untuk cek garansi resminya!

Pastikan hardisk yang kamu beli memiliki garansi via www.bukalapak.com

Jika hal-hal di atas tadi udah kamu perhatikan dengan baik-baik dan teliti, langkah terakhir yang nggak boleh kelupaan adalah mengecek keterangan garansi resmi produk tersebut. Usahakan produk yang kamu beli memiliki dua garansi, yaitu garansi distributor dan juga garansi pabrik. Jadi semisal rusaknya nggak terlalu parah, kamu bisa mengajukan komplain ke garansi toko alias distributor. Kalau ada cacat yang lumayan berpengaruh, baru deh itu pakai garansi pabrik. Usahakan juga pilih yang menyediakan garansi minimal 1 tahun pemakaian.

Kalau kamu udah melakukan empat hal di atas tadi, yakin deh kamu nggak bakalan salah beli dan berujung nyesel di kemudian hari. Kan males banget tuh, udah beli mahal-mahal, pengennya mau digunakan untuk berbagai macam hal, tapi baru dipakai sebentar aja udah banyak nggak beresnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE