Oscar adalah perhelatan terbesar dalam industri film. Siapapun yang berhasil meraih patung emas Academy Awards, sudah diakui sebagai sineas terbaik dalam dunia perfilman. Pada pergelaran Oscar tahun ini, sepertinya ada satu film yang siap membuat sejarah tersendiri. Film musikal yang dipenuhi lagu dan tarian romantis serta mimpi besar dari kedua karakter utamanya, La La Land berhasil menyedot perhatian dunia. Setelah ditenggelamkan genre populer seperti action dan drama, film ini disebut-sebut sebagai comeback-nya film musikal yang dulu sempat berjaya di Hollywood pada tahun 1950-an.

La La Land menyamai rekor film legendaris Titanic dan All About Eve dengan meraih 14 nominasi Oscar. Jumlah nominasi Oscar terbanyak sepanjang masa

Filmnya jauh berbeda dengan Titanic (1997) maupun All About Eve (1950) via businessinsider.com

Pastinya tidak bakal setiap tahun kita bisa menikmati film-film yang kualitasnya menyamai film legendaris semacam Titanic. Tahun 2017 ini, penikmat film sepertinya beruntung dapat menyaksikan La La Land. Panitia Oscar pun menorehkan tanda persetujuannya dengan mengganjar film yang dibintangi Emma Stone dan Ryan Gosling ini dengan 14 nominasi. Sama seperti rekor tertinggi peraih nominasi Oscar yang selama ini dipegang All About Eve dan Titanic. 

Pertanyaan berikutnya adalah, bisakah La La Land juga mengikuti atau bahkan mengungguli kesuksesan Titanic yang memenangkan 11 piala Oscar? Jika melihat bagaimana film arahan Damien Chazelle ini baru saja memecahkan rekor film yang paling banyak meraih tropi Golden Globes dengan 7 penghargaan, peluang La La Land untuk mengukir sejarah baru di Oscar cukup besar. Bukan berarti saingan La La Land tidak berat lho. Banyak film-film berkualitas yang dirilis tahun 2016-2017 ini. Buat kamu yang penasaran dengan daftar nominasi lengkapnya, kunjungi saja deh situsnya.

Pesona film ini mampu membuat penontonnya tersihir dan bernostalgia, dimana seakan-akan kita dibawa kembali ke zaman keemasan Hollywood pada tahun 1950-an

Pesona yang jarang ditemukan di film-film modern via www.indiewire.com

Advertisement

Dari adegan pertama, kamu akan tahu bahwa film ini berbeda dari kebanyakan film yang memenuhi box office sekarang. Mungkin yang dari awal tidak suka film musikal, tertarik menonton La La Land karena cerita romantisnya atau chemistry antara dua pemeran utama yang sebelumnya pernah bermain di Crazy, Stupid, Love dan Gangster Squad. Apapun alasannya, film ini memang patut ditonton.

Film dimana karakter utamanya selalu bernyanyi dan menari mungkin terasa janggal di kalangan penikmat film modern. Tapi konsep ini merajai film-film Hollywood lama di tahun 1950-an. Tema cerita yang berkisah tentang mimpi menaklukan dunia juga sebenarnya mirip dengan film-film klasik masa itu. Tapi arahan spektakuler dari sutradara yang sebelumnya menggarap Whiplash, berhasil membuat film ini seperti genre tersendiri. Sutradara yang satu ini memang terutama piawai menggunakan musik dan irama ke dalam arahan acting-nya. Itulah pesona unik La La Land yang ternyata juga sukses memukau penonton film masa kini.

Disamping melejitnya La La Land, Oscar tahun ini juga diapresiasi karena lebih ‘berwarna’. Berawal dari Moonlight, tahun ini ada 6 sineas non-kulit putih yang masuk daftar nominasi

Moonlight via i.onionstatic.com

Yang tak kalah unik di tahun ini adalah mulai bervariasinya nominasi Oscar. Jika di tahun-tahun sebelumnya yang masuk nominasi kebanyakan adalah sineas berkulit putih ala Hollywood, tahun ini agak sedikit berbeda. Moonlight karya Barry Jenkins adalah salah satu film fenomenal karya sineas non kulit putih.

Tercatat di tahun ini ada 6 sineas kulit hitam yang masuk ke dalam nominasi Oscar. Mulai dari Barry Jenkins, Denzel Washington hingga Viola Davis, ketiganya adalah sineas-sineas kulit hitam yang masuk nominasi Oscar. Yah, semoga saja di tahun-tahun mendatang nggak cuma sineas kulit putih dan kulit hitam saja yang masuk Oscar. Semoga ke depannya, ada sineas Asia juga yang masuk Oscar, ya.

Yang paling bikin penonton patah hati adalah nggak masuknya Deadpool dalam nominasi Oscar. Padahal filmnya kocak gila!

Kecewa neeeh! via metro.co.uk

Nah dari sekian banyak berita yang masuk Oscar, kabar bahwa Deadpool nggak masuk nominasi Oscar adalah yang paling mengagetkan banyak orang. Sepanjang 2016 kemarin, Deadpool termasuk salah satu film yang dielu-elukan oleh penontonnya. Bahkan yang nggak mengikuti komiknya pun juga ketawa dan terhibur saat nonton filmnya.

Bahkan Deadpool sudah membuat video promosi sendiri agar bisa masuk Oscar, tapi tetap saja gagal masuk nominasinya. Karena itu banyak yang bilang bahwa nggak lolosnya Deadpool ke Oscar adalah patah hati terbesar pecinta Deadpool. Tapi ya ini juga jadi bukti bahwa masuk Oscar itu nggak mudah! Tapi kok Suicide Squad masuk, ya??

Yah kita lihat saja nanti siapa saja yang berhasil membawa pulang piala Oscar. Semoga idolamu menang, ya! 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya