Penampakan tak biasa menyelimuti kota London pada Senin lalu (16/10). Tak ada langit biru dengan gumpalan awan putih yang biasanya menghiasi kota tersebut. Meskipun belum waktunya senja, langit ibukota Inggris ini seakan disulap menjadi warna oranye terang. Pemandangan yang tak lazim itu pun membuat warga London pada awalnya bertanya-tanya dan sedikit was-was. Tapi ya tidak sedikit juga yang langsung mengabadikan momen yang nggak biasa ini.

Warna kemerahan bercampur awan gelap yang terjadi di Lond0n kemarin bukanlah tanpa alasan. Ada penyebab mengapa langit tersebut bisa berubah warna. Dikutip dari CNN, fenomena alam yang cukup membingungkan ini ternyata terjadi karena dua fenomena alam lain yang sedang terjadi di dekat Inggris: badai Ophelia di Irlandia dan kebakaran hutan hebat di Portugal serta Spanyol yang berlangsung sejak minggu lalu. Kok bisa ya dua kejadian itu menyebabkan langit London jadi oranye?! Yuk simak info selengkapnya bareng Hipwee News & Feature!

Badai Ophelia yang sedang terjadi di Irlandia, membawa angin kencang ke arah London sambil membawa debu dan sisa-sisa kebakaran di Spanyol & Portugal

Matahari bahkan tampak lebih merah via www.dailymail.co.uk

Advertisement

Britania Raya menjadi salah satu wilayah yang terkena dampak dari Badai Ophelia. Badai langka yang terjadi di Irlandia dan Inggris Utara ini mengakibatkan 360.000 orang terputus dari aliran listrik. Tak hanya itu, lebih dari 140 penerbangan di Irlandia juga dibatalkan. Badai yang menerjang pada Senin lalu tersebut diyakini berisi debu dari Afrika Utara dan puing-puing kebakaran di Spanyol.

Hal ini lah yang mengakibatkan hembusan angin kencang membawa partikel tersebut hingga ke London. Setelah menerjang Irlandia, Badai Ophelia tiba di Irlandia Utara dengan kecepatan 128 kilometer per jam. Sekitar 18.000 rumah di Inggris bagian utara itu tak teraliri aliran listrik karena terputusnya jaringan akibat pohon tumbang. Setidaknya hingga saat ini ada 3 orang dilaporkan tewas.

Meskipun kelihatannya dramatis, ternyata risiko kesehatannya cukup rendah. Jadi warga London tetap menjalani aktivitas seperti biasa dan malah asyik mengabadikan momen langka tersebut

Penasaran sekaligus takjub, warga London ramai mengabadikan momen ini via nydailynews.com

Jejak asap terdeteksi membentang lebih dari 1.000 mil atau sama dengan 1.600 kilometer. Walau demikian, warga London tampaknya tak perlu khawatir dengan risiko kesehatan. Hal ini dikarenakan berubahanya langit tersebut diperkirakan tidak parah. Asapnya sebagian besar berada di ketinggian yang amat tinggi di atmosfer.

Advertisement

Warga London justru merasa takjub dengan perubahan warna langit yang terjadi. Banyak dari mereka mengabadikan fenomena tersebut dan membagikannya di dunia maya. Berikut foto-foto menakjubkan yang tertangkap kamera pada saat London diselimuti awan kelabu berwarna oranye.

Mirip warna oranye-nya matahari terbenam, ketika beneran senja ternyata pemandangannya tambah indah

Seperti lukisan via www.dailymail.co.uk

Big Ben London pun juga diselimuti warna oranye, jadi lebih terlihat seperti pada film-film jaman dulu ya

Ini foto asli tanpa editan via www.dailymail.co.uk

Ini tampak diambil dari atas gedung yang memperlihatkan langit London hari itu sungguh berbeda

Langit berubah oranye via www.dailymail.co.uk

Gedung pencakar langit dengan pesawat yang terbang di bawah matahari, jadi terlihat seperti lebih dramatis tanpa menggunakan efek filter apapun

Transportasi udara juga tetap berjalan seperti biasa via www.dailymail.co.uk

London Eye seakan jadi saksi bisu yang melihat perubahan warna langit menjadi seperti ini

Kok kayak pakai efek filter sephia ya? via www.dailymail.co.uk

Matahari yang tampak lebih merah diambil dari dekat oleh seorang fotografer profesional

Meski terjadi karena dua bencana, nggak bisa disangkal kalau pemandangannya indah… via www.dailymail.co.uk

Satu lagi, penampakan matahari yang diambil dari atas gedung ini bikin speechless

Berasa sedang dalam film-film, mataharinya merah via www.dailymail.co.uk

Alam itu benar-benar masih penuh misteri ya. Mau ilmu pengetahuan berkembang seperti apapun, kita masih sering dibuat kaget dengan fenomena langka kayak ini

Selalu dibuat kaget sama alam via www.hindustantimes.com

Meskipun misteri alam dan kehidupan emang nggak ada habisnya, paling nggak dengan ilmu pengetahuan yang ada sekarang kita bisa mencoba memahami fenomena seperti ini dengan lebih baik. Nggak cuma panik atau keburu menganggap ini sebagai tanda-tanda kiamat. Tapi miris juga sih kalau tahu penyebab fenomena yang cukup indah untuk dilihat ini, sebenarnya bencana dan kerusakan alam….

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya