Bilqis Prasista Kalahkan Pemain Nomor 1 Dunia Akane Yamaguchi di Uber Cup 2022

Indonesia kembali menoreh prestasi mengagumkan dalam bidang bulu tangkis lewat kejuaraan Uber Cup 2022. Pemain tunggal putri, Bilqis Prasista berhasil mengalahkan Akane Yamaguchi dari Jepang yang merupakan pebulu tangkis putri nomor 1 dunia. Tentu prestasi itu sangat sensasional mengingat posisi Bilqis Prasista yang masih dalam urutan ke-333 dunia.

Advertisement

Posisi Akane Yamaguchi tersebut nyatanya tidak mempengaruhi semangat Bilqis Prasista untuk terus maju membawa kemenangan Indonesia. Seperti apa proses pertandingan di antara keduanya? Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Bilqis-Yamaguchi bertanding untuk memperebutkan gelar juara grup sebelum berlaga di perempat final

Sebelumnya, Indonesia dan Jepang berhasil lolos ke perempat final Uber Cup 2022. Pertandingan yang berlangsung Rabu pagi (11/5) ini adalah babak penyisihan Grup A untuk memperebutkan gelar juara grup. Di sinilah Bilqis berhadapan dengan atlet unggulan Jepang sekaligus dunia, Akane Yamaguci untuk pertama kalinya.

Advertisement

Hasil pertandingan menunjukkan Bilqis berhasil menekuk Yamaguchi dengan skor 21-19, 21-19 dalam waktu 35 menit. Selama pertandingan, Bilqis menunjukkan performa terbaiknya meskipun beberapa kali terlihat harus berjuang lebih keras menyeimbangkan skor maupun mengejar ketertinggalan dari Yamaguchi.

Dilansir dari Indo Sport, Bilqis memimpin pertandingan di awal set 1 dengan skor sementara 6-3. Berlanjut ke set 2, Yamaguchi berhasil mengejar ketertinggalan dengan skor sementara 2-6. Bilqis semakin meningkatkan performanya dengan pukulan yang sulit diprediksi Yamaguchi. Set 2 berakhir dengan kemenangan Indonesia melalui skor 21-19.

Kemenangan tersebut menghasilkan poin pertama untuk Indonesia yang unggul 1-0 atas Jepang. Poin kedua untuk Indonesia akan ditentukan dari pertandingan berikutnya yakni pasangan ganda putri Melani Mamahit/Tryola Nadia menghadapi Nami Matsuyama/Chiharu Shida dari Jepang.

Advertisement

Profil Bilqis Prasista

Profil Bilqis Prasista

Profil Bilqis Prasista | Credit: Instagram @bwf.official

Menghadapi lawan berat yang berada di posisi satu dunia tentu bukan hal yang mudah. Namun atlet berusia 19 tahun itu berhasil menunjukkan kebolehannya dengan aksi nyata di lapangan.

Performa Bilqis yang berhasil menumbangkan Yamaguchi mendapat sorotan positif dari publik. Apalagi selama pertandingan, Bilqis mampu menghadapi persaingan sengit itu dengan sikap yang tenang.

Darah bulu tangkis dalam diri Bilqis tampaknya berasal dari kedua orang tuanya yang juga merupakan legenda olahraga serupa. Ayahnya yakni Joko Supriyanto adalah mantan atlet Pelatnas tahun 1985. Prestasinya tak perlu diragukan lagi. Ia berhasil menjuarai Swiss Open 1992 hingga juara dunia 1993 untuk tunggal putra. Sedangkan sang ibu, Zelin Resiana tergabung dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis berlatih di PB Djarum mulai tahun 2018. Sejak tahun 2020, Bilqis Prasista mulai berlatih di Pelatnas PBSI karena bakatnya berpotensi dikembangkan ke level internasional.

Pertandingan Uber Cup 2022 diselenggarakan di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Kejuaraan ini sudah berlangsung sejak 8-15 Mei 2022 nanti. Indonesia mengirim 24 atlet (12 atlet laki-laki dan 12 atlet perempuan) untuk berlaga selama kejuaraan bergengsi itu.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Pemerhati Tanda-Tanda Sesederhana Titik Dua Tutup Kurung

CLOSE