Pemprov DKI akan Membuka Bioskop di Jakarta dalam Waktu Dekat, Begini Kriteria yang Harus Dipenuhi

Bioskop segera dibuka

Di tengah pandemi yang tingkat kasusnya tetap naik sejak beberapa waktu belakangan, Gubernur Jakarta Anies Baswedan rupanya memutuskan bakal segera membuka akses bioskop yang ada di kotanya. Keputusan tersebut diambil setelah dirinya melakukan diskusi bersama Satuan Tugas (Satgas) Covid skala nasional. Selain itu, Anies juga mengaku telah berkomunikasi dengan para pengelola bioskop terkait kesiapannya dalam hal ini.

Advertisement

Prof. Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dalam konferensi pers yang dimuat di Metro TV menjelaskan bahwa keberadaan dan dibukanya Bioskop ini menjadi hal penting karena dapat menjadi saran hiburan masyarakat dan dapat meningkatkan imunitas karena rasa bahagia. Adapun rencana pembukaan tersebut tentunya harus melalui beberapa syarat sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Antara lain seperti di bawah ini.

Pengunjung yang diperbolehkan hanya mereka yang berusia 12 tahun sampai 60 tahun. Penjualan tiketnya pun harus secara online

Pembukaan bioskop di tengah pandemi via www.youtube.com

Mengingat anak-anak menjadi pihak yang rentan terhadap situasi pandemi ini, pemerintah Jakarta memberlakukan peraturan umur bagi pengunjung bioskop. Mereka yang nantinya diizinkan untuk menonton bioskop adalah orang-orang dengan rentang usia 12 hingga 60 tahun saja. Selain itu, penjualan tiketnya pun memiliki regulasi harus dilakukan secara online karena untuk menghindari tumpukan dan antrian orang yang terlalu banyak. Seluruh area bioskop baik di bagian dalam dan luar pun juga harus dibersihkan secara rutin dan berkala serta mengatur lokasi tempat duduk dengan menerapkan social distancing, yaitu memberikan satu kursi kosong di antara kursi-kursi yang sedang dipakai.

Hal yang tak kalah penting, pengelola bioskop juga harus dengan sadar menerapkan protokol kesehatan secara ketat

Ilustrasi bioskop via depok.pikiran-rakyat.com

Selain dari pihak pengunjung, pihak pengelola pun sudah seharusnya melakukan beberapa hal wajib jika ingin membuka kembali bioskop untuk umum. Beberapa di antaranya adalah wajib menerapkan protokol kesehatan kepada semua karyawan, pegawai, dan juga seluruh pengunjung dengan menggunakan masker, menjaga jarak sesuai aturan yang berlaku, dan mencuci tangan saat masuk dan keluar dari bioskop.

Advertisement

Sebenarnya, Anies sendiri telah melakukan diskusi secara intens sejak bulan Juni lalu. Sejak saat itu juga para pengusaha dan pengelola bioskop di Jakarta mengaku sudah siap dan tinggal menunggu Pemprov DKI memberikan izin secara resmi agar bioskop dibuka kembali. Meski begitu, Anies juga menuturkan bahwa pelaksanaan tersebut juga melihat bagaimana perkembangan kondisi di Jakarta sendiri dan terlebih juga kesiapan para pengelola gedung bioskop. Melalui Disparekraf, Pemprov Jakarta sebelumnya telah memutuskan untuk memberikan izin kepada bioskop pada 14-27 Agustus 2020. Namun, ternyata keputusan tersebut akhirnya mengalami revisi.

Pemberian izin ini akan ditegakkan melalui regulasi ketat yang dikontrol oleh pemerintah setempat. Seluruh pihak wajib mentaatinya

Anies segera buka bioskop via www.youtube.com

Karena kabar ini mengundang banyak perhatian serta pro dan kontra dari berbagai lapisan masyarakat di luar sana, Anies menjelaskan bahwasannya perizinan ini tetap melalui aturan yang ketat dengan pengawasan dari pemerintah setempat dalam pelaksanannya. Artinya, Apabila terdapat kegiatan bioskop yang tidak menerapkan protokol kesehatan, Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tak segan-segan akan melakukan penutupan.

Advertisement

Soal pembukaan kembali bioskop saat pandemi ini tentunya harus menjadi persoalan yang benar-benar diperhatikan oleh pemerintah karena menyangkut keselamatan banyak orang. Seperti yang kita tahu, dalam beberapa hari belakangan saja muncul berbagai kluster baru dari lingkup perkantoran yang bisa dibilang jumlahnya pun juga nggak sedikit. Alasan untuk menghidupkan kembali sektor ekonomi plus argumen bahwa nonton film bikin bahagia sehingga imun meningkat sih boleh-boleh aja, namun tetap saja banyak yang menyangkan keputusan ini. Bioskop kan bukan sektor vital yang urgent-urgent banget, yak.

Nah menurutmu gimana? Saat bioskop mulai buka dalam waktu dekat ini, udah pada berani keluar dan nonton belum?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE