Dorong Bisnis E-commerce 4.0 yang Berkelanjutan, Ini Langkah Blibli Jalankan Inisiatif Ramah Lingkungan

#BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi

Buat kamu yang suka belanja di supermarket, pasti udah bawa tote bag sendiri dong buat membawa barang belanjaan? Nah tapi kalau belanja online, pasti kamu menyisakan plastik dan kardus. Nah, plastik dan kardusnya jangan langsung dibuang ya soalnya bisa dimanfaatkan kembali.

Advertisement

Kayak apa yang dilakukan oleh online superstore terkemuka di Indonesia, Blibli. Kabar baiknya, Blibli menjadi platform e-commerce pertama yang menggelar inisatif ramah lingkungan. Khususnya untuk mengurangi penggunaan plastik dalam operasional bisnisnya melalui kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi.

Program ini ditujukan buat mengedukasi karyawan dan mengajak pelanggan Blibli lebih peduli lingkungan

Lewat program kampanye #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi, Blibli mengajak karyawan dan pelanggannya untuk mengelola sampah plastik dan mengembalikan kardus bekas yang mereka miliki, bisa dari hasil berbelanja di Blibli ataupun dari tempat lain. Sampah plastik dan kardus bekas ini dapat diberikan ke Blibli melalui kurir BES pada saat mereka mengantar barang pesanan kepada pelanggan atau melalui  #BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersebar di berbagai titik lokasi Jabodetabek. Inisiatif ini menjadi salah satu upaya Blibli dalam mendukung pemerintah Indonesia mewujudkan Indonesia bebas polusi plastik pada tahun 2050.

Mirisnya, sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun!

Data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLAS) dan Badan Pusat Statistik (BPS) 2019 menunjukkan sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan sebanyak 3,2 juta ton merupakan sampah plastik yang dibuang ke laut. Hal ini membuat Indonesia sebagai negara dengan polusi plastik terbesar di dunia. Sayangnya, kesadaran masyarakat Indonesia, termasuk pelaku industri dalam menggurangi dan mengelola sampah plastik, membuang sampah pada tempatnya, serta melakukan daur ulang juga masih rendah dikarenakan minimnya edukasi, fasilitas, dan infrastruktur. Makanya bisa berdampak berkepanjangan bagi kelestarian lingkungan generasi masa depan.

Advertisement

“Kami senang dan bangga dapat menjadi e-commerce pertama yang aktif mengambil bagian dalam pelestarian lingkungan hidup khususnya untuk pengurangan plastik di dalam model bisnis kami. Komitmen Blibli tidak hanya sebatas dalam mendukung kemajuan industri e-commerce dan pertumbuhan ekonomi digital. Blibli juga ingin menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengajak masyarakat dan mendorong ekosistem untuk mengurangi sampah plastik dan mendaur ulang kardus bekas, sehingga tidak langsung menjadi sampah, tetapi diubah fungsi menjadi wrapping paper untuk membungkus barang pesanan yang akan dikirimkan ke pelanggan kami,” ujar Executive Vice President (EVP) of Operations Blibli, Lisa Widodo, dalam keterangan rilis yang diterima Hipwee, Jumat (6/3/2020).

Blibli punya banyak komitmen peduli lingkungan lewat program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi

Kardus bekas yang telah dikumpulkan, akan dipilih untuk jadi pengganti bubble wrap (Foto: dok. Blibli)

Program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi merupakan komitmen jangka panjang Blibli terhadap kepedulian lingkungan berkelanjutan yang terbagi dalam dua pilar utama. Berikut program-programnya.

1. Program 5 S dalam organisasi internal

  • Safe energy: meningkatkan kesadaran diri karyawan dalam hemat penggunaan listrik dan air.
  • Self-service: merapikan meja kerja pribadi, merapikan meja meeting setelah digunakan, membuang sampah pada tempatnya, mengosongkan isi kulkas di akhir pekan.
  • Say no to plastic cup: menyediakan dispenser air di setiap lantai dan mengajak karyawan untuk membawa botol air sendiri, serta menyediakan gelas dan cangkir untuk tamu di lingkungan kantor dan ruang
  • Safe the earth – get healthy, take the stairs: instagramable spot dan desain tematik di tangga setiap lantai Blibli. Inisiatif ini untuk mengajak karyawan menghemat energi, sekaligus menjaga kesehatan dengan memilih penggunaan tangga.
  • Serve indoor & outdoor plant: Blibli akan menyediakan taman indoor di area kerja dan ruang meeting, serta area balkon dan teras lobi.
Advertisement

2. #BlibliCintaBumi Collection Boxes

Sebagai tahap awal, Blibli menyediakan enam kotak pengumpulan kardus bekas di Gedung Sarana Jaya – Jakarta Pusat, KS Tubun – Jakarta Barat, Cawang – Jakarta Timur, WTC Mangga Dua – Jakarta Utara, dan Serpong. Blibli akan terus memperluas jumlah #BlibliCintaBumi Collection Boxes dan cakupan titik lokasinya ke berbagai wilayah di Indonesia. Nah, sampah plastik dan kardus bekas yang telah dikumpulkan, akan dipilih oleh Blibli untuk selanjutnya didaur ulang menjadi filler material yang dapat dijadikan sebagai bahan pengganti plastik bubble wrap di dalam kemasan Blibli.

Blibli juga membagikan tote bag ramah lingkungan bagi 1.000 orang pertama yang berkontribusi mengembalikan kardus bekas lewat kurir BES

Tote bag bisa digunakan pelanggan untuk menampung sampah plastik dan kardus bekas belanja (Foto: dok. Blibli)

Biar semakin meningkatkan antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi, Blibli memberikan tote bag ramah lingkungan bagi 1.000 orang pertama yang berkontribusi dalam pengembalian kardus bekas melalui kurir BES yang datang saat mengantar barang pesanan di wilayah Jabodetabek. Setiap tote bag bisa digunakan pelanggan untuk menampung sampah plastik dan kardus bekas belanja yang nantinya dikembalikan ke kurir BES agar dapat didaur ulang. Inisiatif ini sudah dimulai sejak 21 Februari 2020, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional dan akan terus berlanjut sepanjang 2020. Hingga saat ini sudah terdapat ratusan pelanggan yang telah mengembalikan kardus bekas ke BES.

“Kami senang melihat antusias masyarakat yang berpartisipasi dalam program #BlibliCintaBumi #AksiCintaBumi. Kami harap kesadaran diri akan kepedulian lingkungan, tindakan lebih bijak dalam mengurangi penggunaan plastik, dan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan dapat terus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari guna terciptanya lingkungan yang nyaman, bersih, dan lestari.” kata Lisa.

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE