PermataBank Syariah Buka Branch Office Pertama dengan Konsep Kekinian di Kampus Al-Azhar Indonesia

Syariah Al-Azhar Branch Office

Dalam dunia keuangan, perbankan syariah atau kegiatan perbankan yang dilaksanakan berdasar hukum Islam bukanlah sesuatu yang baru. Meski begitu, ketertarikan masyarakat terhadap perbankan syariah belum begitu meriah. Hal tersebut dipengaruhi salah satunya oleh anggapan bahwa perbankan syariah punya layanan dan fasilitas terbatas.

Advertisement

Untuk menepis anggapan tersebut, beberapa bank syariah sebenarnya sudah berupaya meluncurkan ragam inovasi. Salah satunya PermataBank Syariah, yang telah menghadirkan berbagai inovasi perbankan syariah mencakup digitalisasi akses dan deretan pilihan produk. Nah, yang terbaru, PermataBank Syariah membuka branch office berbasis digital di lingkungan kampus Al-Azhar Indonesia lengkap dengan konsep kekinian khas generasi muda.

Buah kerjasama PermataBank Syariah dengan YPI Al-Azhar untuk meningkatkan penetrasi perbankan syariah di dunia pendidikan

Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank, Herwin Bustaman dalam pembukaan Syariah Al-Azhar Branch Office secara virtual, Kamis (22/10/2020) (dok. tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Direktur Unit Usaha Syariah PermataBank, Herwin Bustaman, mengatakan bahwa kehadiran Syariah Al-Azhar Branch Office selain untuk beradaptasi dengan perkembangan digital, juga merupakan wujud komitmen mereka dalam mendukung kegiatan pendidikan di YPI Al-Azhar. Sebelumnya, ia mengatakan PermataBank Syariah dan YPI Al-Azhar telah bekerjasama sejak 2017, dan beberapa waktu lalu baru menekan MOU untuk meningkatkan penetrasi perbankan syariah di dunia pendidikan. Nah, dalam MOU tersebut, salah satu poin yang disepakati adalah PermataBank Syariah memberikan layanan perbankan kepada YPI Al-Azhar.

“Salah satu komitmen dalam MOU yang disepakati itu kami akan memberikan layanan perbankan. Karena target kami adalah milenial, dan YPI Al-Azhar punya banyak siswa, maka di sini lah (kampus Al-Azhar Indonesia) kami buka cabang pertama kami di Indonesia,” kata Herwin dalam pembukaan Syariah Al-Azhar Branch Office secara virtual, Kamis (22/10/2020).

Advertisement

Selain itu, ia menjelaskan bahwa kehadiran branch office ini merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap kebutuhan nasabah, yang berdasarkan riset mereka mengatakan ingin perbankan syariah tapi dengan fasilitas menyerupai perbankan konvensional. Untuk itu Syariah Al-Azhar Branch Office mengusung konsep kekinian dengan dukungan teknologi digital, yang selaras dengan Permata Mobile Apps. Sebagai contoh, untuk sekadar nomor antrean, nasabah akan mendapatkannya via WhatsApp.

“Dengan pembukaan cabang ini kami berharap bisa mengubah persepsi masyarakat yang masih menganggap perbankan syariah itu terbatas dari segi produk dan fasilitas,” imbuh Herwin.

Kehadiran Syariah Al-Azhar Branch Office bisa mendekatkan inovasi perbankan syariah kepada civitas akademik Al-Azhar

Advertisement

Ketua Umum YPI Al-Azhar, Sobirin (dok. tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Sementara itu, Ketua Umum YPI Al-Azhar, Sobirin, mengatakan kerjasama yang terjalin sejak 2017 telah membawa banyak dampak baik pada YPI Al-Azhar. Sebagai mitra bank utama YPI Al-Azhar, ia mengatakan PermataBank Syariah telah membantu pemenuhan pendidikan dan dakwah sosial di YPI Al-Azhar, meliputi akses pembayaran uang sekolah siswa yang difasilitasi sejak 2017, payroll guru dan staf, hingga investasi untuk pembangunan gedung kampus, dan penyaluran infak serta zakat. Untuk itu, ia menyambut baik kehadiran Syariah Al-Azhar Branch Office, karena dengan ini bisa lebih mendekatkan inovasi-inovasi teknologi kepada segenap civitas akademik Al-Azhar.

“Kehadiran Syariah Al-Azhar Branch Office di lingkungan kampus tentunya kami sambut dengan baik. Karena kami juga sudah membayangkan sejak awal kerja sama di tahun 2017. Semoga ke depan, dengan kantor cabang yang kekinian ini akan semakin banyak inovasi yang dihadirkan,” ucap Sobirin.

Lebih lanjut Herwin menegaskan akan menjadikan Syariah Al-Azhar Branch Office sebagai rujukan untuk kantor cabang berikutnya, dengan misi membentuk persepsi baru di masyarakat khususnya generasi muda melek digital terkait perbankan syariah. PermataBank sebelumnya sudah meluncurkan super apps bernama Permata Mobile Apps yang bisa memfasilitasi segala akses perbankan nasabah sejak dari pembukaan rekening.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE