BRI Kembali Gelar ‘UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 ‘ untuk Dorong UMKM Bangkit Menembus Pasar Global

UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020

Terlepas dari kondisi pandemi Covid-19 yang bikin semua lini usaha lesu, harus diakui kalau UMKM Indonesia yang juga terdampak punya beragam produk mengagumkan. Hanya saja, kondisi hari ini telah menghambat semua hal. Termasuk upaya-upaya UMKM yang ingin menjajal pasar global dengan produk-produk unggulannya.

Advertisement

Sebagai solusi untuk itu, Bank BRI dalam rangkaian hari jadi ke-125 tahun untuk kedua kalinya menggelar acara puncak bertajuk ‘UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020′. Acara yang menjadi wujud nyata Bank BRI mendorong kebangkitan UMKM ini mengajak lebih dari 400 UMKM untuk memamerkan produk dengan orientasi ekspor, dengan harapan bertemu pembeli dan mendapat kontrak internasional.

Digelar dengan konsep pameran hybrid, UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 optimistis bisa hadirkan lebih banyak pengunjung

Konferensi pers virtual UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 via Zoom, Selasa (1/12/2020) (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

Berbeda dengan tahun lalu, UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 kali ini digelar dengan konsep pameran hybrid, yang diselenggarakan dalam bentuk UMKM Virtual Exhibition dan UMKM Showcase. Acara ini berlangsung mulai tanggal 1 hingga 15 Desember, dan puncaknya di tanggal 10 hingga 13 Desember 2020. Selama periode acara, pengunjung virtual exhibition maupun showcase bisa melihat dan membeli produk dari 400 UMKM yang terbagi dalam empat kategori: Home Decor & Craft, Accessories & Beauty, serta Food & Beverage. Semua UMKM yang terlibat sebelumnya telah melewati proses kurasi, oleh karenanya produk yang dipamerkan dipastikan berkualitas.

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso, mengatakan acara ini merupakan salah satu strategi Bank BRI dalam memberdayakan serta mempersiapkan UMKM memasuki pasar global melalui ekspor. Berkaca dari acara tahun lalu, ia berharap UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 bisa memfasilitasi lebih dari 23 kontrak dan mendatangkan pembeli dari lebih 16 negara, karena acara ini bisa diikuti secara virtual. Kendati demikian, Sunarso menegaskan bahwa yang terpenting bukanlah transaksi pada saat acara, melainkan keberlangsungannya setelah itu.

Advertisement

Direktur Utama Bank BRI, Sunarso (dok. Tangkapan layar/Zoom) via www.hipwee.com

“UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 merupakan salah satu strategi kami dalam memberdayakan mitra UMKM, dan mempersiapkan pelaku usaha memasuki pasar global. Kami siap membantu mereka dalam mengekspor produk. Tahun lalu ada 74 buyer (internasional) yang secara fisik hadir, dan lebih dari 23 kontrak terjadi. Tahun ini harapannya bisa lebih banyak dari itu, syukur-syukur nilainya melebihi 50 juta dolar,” kata Sunarso dalam konferensi pers virtual UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 via Zoom, Selasa (1/12/2020).

Optimisme Bank BRI bisa mendatangkan lebih banyak pengunjung dan menciptakan lebih banyak transaksi salah satunya telah diupayakan lewat promosi ke calon pembeli di berbagai negara. Selain itu, UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 juga menghadirkan platform 3D Virtual Expo yang akan menampilkan produk UMKM dalam kemasan digital nan menarik, sehingga calon pembeli bisa melihat produk secara saksama meski virtual.

Nggak cuma tampilkan 400 UMKM, UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 juga hadirkan lebih dari 60 pembicara andal

Advertisement

Produk UMKM ‘BRILian Preneur 2019 UMKM Export’ (Foto: Luthfi Rahmadian/Hipwee) via www.hipwee.com

Lebih lanjut mengenai acara, Sunarso menjelaskan UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 memiliki beragam kegiatan. Mulai dari Business Matching yang akan mempertemukan UMKM dengan para pembeli internasional secara virtual, Talkshow dengan 63 pembicara dalam 27 topik terkait akselerasi UMKM, Coaching Clinic dengan 10 pembicara dalam 7 topik, serta Bazar Online di Mall BRI yang menampilkan produk industri UMKM peserta yang dapat diakses melalui brilianpreneur.com. Selain itu juga akan ada UMKM Award Pengusaha Muda BRIlian dan UMKM Expo Terbaik. Rangkaian acara ini dipersiapkan dengan sangat matang agar memberikan pengalaman menarik bagi pengunjung.

Senada dengan itu, Kurator BRILianpreneur 2020 Kategori Home Decor and Craft, Diana Nazir, juga menjelaskan bahwa tim kurator tetap memeriksa produk-produk yang akan dipamerkan secara langsung, dengan meminta UMKM mengirimkan contoh produknya. Hal ini untuk memastikan kualitas produk setara internasional. Sejak awal pendaftaran dibuka, ia mengatakan menerima data dari lebih 1.400 pendaftar.

“Produk UMKM yang akan hadir di UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 kita coba semua. Bahkan produk seperti kursi juga kita minta datangkan untuk dicoba. Jadi, insyaallah hasil kurasi ini akan menghadirkan produk-produk UMKM yang sangat layak,” terang Diana.

Nah, untuk kamu yang ingin belanja produk UMKM, mulai tanggal 1 hingga 15 Desember sudah bisa menyaksikan acara UMKM Expo(rt) Brilianpreneur 2020 ini melalui Vidio, akun Instagram Bank BRI, atau kanal YouTube Bank BRI. Sementara untuk acara puncak di tanggal 10 hingga 13 Desember akan digelar secara offline di Jakarta Convention Center. Akan ada penampilan musik juga lo. Untuk jadwal rangkaian acara, diskon menarik bagi nasabah BRI serta para UMKM yang terlibat, lebih lengkapnya bisa dilihat di https://brilianpreneur.com.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE