Buat Tim Cashless, Ini 4 Tips Aman untuk Belanja Ketika Liburan ke Luar Negeri

Dari tren dompet yang semakin mini sampai banyak yang sudah memilih tidak menggunakan dompet, kini jumlah orang yang memilih menjadi tim cashless makin banyak di Indonesia. Terutama di kalangan anak muda seperti Gen-Z dan millenials. Bahkan, banyak anak muda yang sekarang justru deg-deg an kalau melihat toko atau tempat jajanan yang hanya menyediakan pembayaran tunai karena sudah saking jarangnya membawa uang tunai.

Walaupun sudah sangat terbiasa dengan transaksi cashless alias non-tunai untuk berbagai pembayaran di dalam negeri, namun tampaknya masih banyak orang yang ragu-ragu belanja atau bertransaksi secara cashless di luar negeri.

Padahal di era digital yang serba terkoneksi ini, liburan ke luar negeri dengan mengandalkan pembayaran cashless lewat kartu maupun ponsel itu sangat mungkin dilakukan dan bahkan tergolong lebih aman karena tidak perlu bawa banyak uang tunia. Bukan hanya itu saja, tim cashless juga bisa mendapatkan banyak benefit dan promo yang menggiurkan saat berlibur dan berbelanja di luar negeri.

Nah, buat yang sudah penasaran, ini nih deretan tips untuk bisa bertransaksi cashless dengan aman, nyaman, dan makin cuan ketika berlibur di luar negeri!

ADVERTISEMENTS

1. Pastikan kamu familiar atau terbiasa dengan berbagai metode pembayaran cashless 

belanja cashless di luar negeri

Dengan teknologi contactless, pembayaran dengan kartu kini banyak yang hanya tinggal tap tanpa berpindah tangan | Photo by Clay Banks on Unsplash

Untuk menambah rasa percaya diri saat melakukan transaksi cashless di luar negeri, pastikan kamu sudah terbiasa bertransaksi dengan kartu kredit, kartu debit, atau metode pembayaran cashless lainnya. Kebanyakan mesin maupun platform pembayaran non-tunai di luar negeri pun akan mirip-mirip dengan apa yang kita temui di Indonesia.

Jika masih merasa belum cukup berpengalaman melakukan transaksi cashless, kamu bisa coba memesan penginapan, memesan turatau membeli berbagai perlengkapan liburanmu dengan pembayaran non-tunai. Jangan lupa juga update dan cari tahu inovasi-inovasi seperti pembayaran contactless atau minim sentuhan untuk lebih mempermudah liburanmu di luar negeri.

Jadi jangan langsung gugup ketika melihat mesin EDC (Electronic Data Capture) atau ATM yang mungkin sedikit berbeda dengan yang biasa kamu lihat ya. Asalkan kartu kredit atau debitmu memiliki jaringan global yang bisa diterima di mana-mana dan saldo atau limit kartumu juga cukup, pembayaranmu pasti aman! Oh ya, pastikan juga koneksi internetmu stabil selama berada di luar negeri untuk mendukung transaksi cashless ini, apabila membayar menggunakan selain kartu, misalnya dengan dompet digital.

ADVERTISEMENTS

ADVERTISEMENTS

2. Pilih kartu kredit atau kartu debit yang memiliki jaringan global dan bisa diterima di mana-mana

belanja cashless di luar negeri

Cari kartu kredit atau debit yang memiliki jaringan internasional dan diterima di banyak negara | Foto oleh form PxHere

Salah satu tips paling penting untuk bisa secara aman dan nyaman bertransaksi cashless di luar negeri adalah pilihan kartu kredit maupun debit yang mumpuni. ‘Persenjatai’ dirimu dengan kartu kredit dan debit yang memiliki jaringan global dan bisa diterima di mana saja. Jadi meskipun mau pindah-pindah negara atau berkunjung ke kota kecil, kamu tetap bisa melakukan pembayaran dengan aman dan nyaman.

Dengan jaringan lebih di 200 negara, puluhan juta mitra merchant dan pengalaman serta keamanan yang sudah teruji selama puluhan tahun, Visa adalah pilihan terbaik untuk mendampingi perjalananmu ke luar negeri. Jika ada logo Visa yang terpampang di toko, mesin pembayaran, atau mesin ATM, kartu kredit dan debit Visa-mu pasti bisa digunakan.

ADVERTISEMENTS

3. Gunakan fitur dan aplikasi yang ada di smartphone dengan maksimal

cara cashless di luar negeri

Sewa sepeda untuk berkeliling tanpa ribet dengan pembayaran cashless | Photo by CardMapr.nl on Unsplash

Selain kartu fisik, smartphone atau ponsel smart-mu akan menjadi teman terbaik untuk mendukung liburan cashless ke luar negeri. Selain fitur pembayaran contactless yang juga bisa dilakukan lewat smartphone, berbagai aplikasi seperti untuk pemesanan transportasi maupun tur juga sebaiknya kamu manfaatkan ketika liburan di luar negeri.

Daripada harus repot antri taksi atau tiket masuk destinasi wisata, cari saja aplikasi penyedia transportasi online atau tur online yang kini banyak tersedia. Di samping mudah dan menghemat waktu, pembayarannya pun dilakukan secara cashless sehingga kamu tidak perlu menyiapkan banyak uang tunai. Semua bukti pembayaran dan transaksi pun tersimpan secara digital sehingga lebih praktis dan aman.

ADVERTISEMENTS

4. Manfaatkan benefit dan promo yang ditawarkan kartu kredit atau debit. Jadi bukan hanya aman & nyaman saja, tim cashless juga bisa makin cuan

Liburan cashless luar negeri

Bisa dapat diskon atau promo cashback | Photo by Yoco Photography on Unsplash

Bukan hanya bisa berbelanja dengan aman dan nyaman, tim cashless juga bisa menjadi makin cuan ketika berlibur ke luar negeri lo! Sebelum berangkat ke luar negeri, jangan lupa cek situs atau media sosial resmi penyedia layanan kartu kredit atau debitmu terutama terkait berita promo atau benefit yang ditawarkan.

Jangan lewatkan penawaran promo seperti diskon atau cashback dari berbagai mitra yang kerja sama dengan kartu kredit dan debitmu. Misalkan Visa, cek saja laman https://www.visa.co.id/in_id/visa-offers-and-perks/. Dengan hanya menggunakan kartu kredit dan debit Visa, kamu bisa mendapatkan berbagai macam diskon dan promo di sederet restoran, mall, dan tempat belanja di seluruh dunia.

Itu tadi berbagai tips untuk bisa liburan dan belanja ke luar negeri bagi tim cashless. Mudah dan praktis banget ‘kan?! Bukan saja anti-repot dan lebih aman karena tidak perlu membawa uang tunai banyak-banyak, transaksi cashless di luar negeri pun kini juga memiliki banyak keuntungan dan benefits. Apalagi kalau kamu menggunakan kartu kredit dan debit dari jaringan global terpercaya seperti Visa, liburan cashless ke luar negeri dijamin lebih menyenangkan, aman, dan nyaman!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day