Banyak cewek yang pengen kelihatan cantik. Lantas berbagai cara mereka tempuh, mulai dari merias wajah sampai memilih baju yang sesuai bentuk tubuh. Perawatan ke salon pun seolah nggak boleh dilewatkan. Tentu semua itu harus dibayar dengan lembar demi lembar rupiah. Rasanya jadi penasaran deh, berapa ya total bujet yang dikeluarkan cewek buat menjadi cantik?

Nah, kali ini Hipwee mengadakan survei tentang bujet kecantikan. Kami menanyai 230 cewek yang kebanyakan berusia 20-an tahun. Ini nih pengakuan blak-blakan mereka soal biaya yang mereka rela keluarkan tiap bulannya untuk perawatan kecantikan. Yuk simak!

1. Karena wajah sering jadi sorotan utama, make-up adalah ‘senjata pamungkas’ para cewek buat tampil cantik. Secara bujet, prioritasnya tinggi nih

Hmm lumayan juga ya via unsplash.com

Advertisement

Berdasarkan hasil survei, jenis makeup yang paling sering dibeli: 1) lipstik, 2) bedak, 3) pensil alis. Produk favorit lainnya yaitu eyeliner, maskara, blush on, dan eyeshadow. Hampir semua narasumber mempertimbangkan harga saat membelinya. Nggak heran kalau merek make-up terpopuler adalah yang murah tapi tetap berkualitas seperti Wardah, Emina, dan Viva.

“Aku seneng beli makeup karena menurutku sama kayak membeli kebahagiaan buat diri sendiri gitu. Puas aja setelah bisa beli makeup apalagi pake duit hasil kerja sendiri. Dan berhubung aku udah punya suami, ya itung-itung nyenengin suami juga karena muka lebih fresh dan terawat,” kata Rani (26 tahun).

Ada yang beli setiap seminggu sekali, juga ada yang mengaku nggak pernah beli! Rata-rata sih mereka belanja makeup setiap 2,5 bulan karena produk kecantikan memang lama habisnya. Soal bujet makeup per bulan, yang paling tinggi adalah Rp500.000 sementara yang paling rendah adalah Rp0 alias nggak pernah beli. Mungkin udah cukup pakai air wudhu aja ya, hehehe. Kalau bujet rata-ratanya sih Rp127.000 per bulan.

2. Nah yang nggak kalah tinggi adalah pengeluaran untuk skincare. Apalagi skincare nggak bisa sekali pakai doang, harus rutin dan telaten~

Sedikit lebih tinggi dari budget makeup via meramuda.com

Advertisement

Make-up bisa bikin cantik dari luar, sedangkan skincare bikin cantik dari dalam kulit. Bahkan sebagian orang menganggap skincare lebih penting lo. Soalnya kalau kulit wajah nggak terawat, make-up jadi lebih sulit nempelnya. Nggak heran kalau budget buat beli skincare lebih tinggi. Bahkan ada yang keluar Rp600.000 per bulan! Sedangkan bujet rata-ratanya Rp135.000 per bulan. 

Skincare udah jadi kebutuhan buatku. Kadang kalau udah beli rasanya senang, tapi kalau lihat total harga, agak menyesal sih hihihi,” kata Vina (19 tahun).

Frekuensi belanja skincare juga sedikit lebih tinggi dibanding makeup. Rata-rata narasumber membelinya setiap dua bulan sekali. Yang paling sering sih beli tiap bulan. Di Indonesia, yang paling terkenal tuh skincare impor dari Korea seperti Nature Republic, Innisfree, Laneige, dan masih banyak lagi. Tapi produk merek lokal seperti Wardah dan Mustika Ratu juga bagus!

3. Nggak semua perawatan bisa dilakukan sendiri. Karena itulah cewek-cewek suka pergi ke salon buat merawat ujung kepala sampai ujung kaki

Lumayan ngirit nih via www.titicupon.com

Perawatan salon yang paling banyak diminati: 1) facial wajah, 2) potong rambut, 3) creambath. Servis lainnya yang populer adalah luluran, pijat, dan hair spa. Memang lebih praktis dan lengkap kalau dilakukan di salon. Bahkan ada yang ke sana seminggu sekali lo!

Terus berapa ya bujet yang dikeluarkan para cewek buat salon? Ternyata paling tinggi adalah Rp350.000 per bulan, sedangkan rata-ratanya Rp80.000.

“Perawatan di salon penting sih buat mendukung penampilan. Tapi biayanya perlu diatur. Kalau ada kebutuhan lain yang nggak terlalu mendesak, mending ditunda dulu. Jadi bisa buat bujet salon,” kata Shinta (24 tahun).

Namun sejumlah narasumber juga ada yang mengaku hampir nggak pernah pergi ke salon. Ada yang memang nggak butuh perawatan ekstra, ada juga yang bisa perawatan sendiri di rumah. Sekarang memang banyak dijual krim rambut untuk creambath dan hair spa, krim untuk facial, bahkan lulur.

4. Baju, rok, dan celana yang tepat juga berperan penting buat menonjolkan kecantikan. Berapa ya bujet para cewek buat ini?

Pengeluaranmu segini juga nggak? via insideretail.hk

Terkadang merawat wajah dan tubuh aja nggak cukup. Para cewek juga membeli baju, rok, dan celana tertentu supaya kelihatan lebih cantik. Bahkan ada yang belanja seminggu sekali! Kalau rata-rata cewek sih belanja setiap 3,5 bulan. Lantas berapa bujet yang dikeluarkan? 

Bujet paling tinggi adalah Rp750.000 per bulan dan rata-ratanya Rp125.000. Apakah pengeluaran segitu bisa bikin cewek senang?

“Selama belinya masih normal dan sesuai bujet, senang-senang aja sih. Karena menurutku itu bisa jadi salah satu bentuk apresiasi diri. Seenggaknya hasil kerja tiap hari bisa dinikmati dan kelihatan. Hahahaha,” kata Riris (27 tahun).

5. Supaya makin lengkap, para cewek juga suka membeli tas, sepatu, dan aksesoris lainnya. Bisa bikin tambah cantik lo~

Hati-hati boros via stumpblog.com

Penampilan cewek bisa juga ditunjang dengan tas, sepatu, dan berbagai aksesoris. Ternyata bujetnya lebih murah dibandingkan baju. Paling tinggi Rp500.000 per bulan, sedangkan rata-ratanya Rp135.000. 

“Kadang nyesek juga sih. Soalnya kalau ditotal itu bisa habis jutaan, dan kayaknya lebih baik buat beli emas yak buat tabungan. Tapi aku udah telanjur nyaman pakai barang-barang bermerek karena kualitasnya lebih bagus,” kata Friska (28 tahun).

Berdasarkan hasil survei, kesimpulan sederhananya :

Nah kalau kamu gimana Guys, sebulan habis berapa tuh untuk merawat kecantikan?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya