Kalau membayangkan sebuah padang pasir, pastinya dalam bayanganmu nggak bakalan ada gunung es ‘kan? Tapi coba deh berkunjung ke wilayah gurun pasir kering bernama Ladakh yang terletak di India bagian utara, ada gunung es beneran! Bukan cuma gunung es biasa juga, gunung es yang ada di Ladakh ini bisa menyemburkan es layaknya air mancur. Ini bukan hoax, tapi juga bukan keajaiban alam yang tiba-tiba muncul dari dalam tanah.

Gunung es ini adalah buah karya dan pemikiran seorang insyinyur mekanik lokal bernama Sonam Wanchuk. Sebagaimana dilansir CNN, Wanchuk membuat kreasi menakjubkan ini khusus untuk memerangi krisis air yang semakin parah di Ladakh. Kok bisa ya gunung es ‘ditumbuhkan’ di tengah padang pasir?! Kok bisa juga gunung es itu membantu warga Ladakh yang kekurangan air di musim kemarau?! Buat yang penasaran, simak bareng deh ulasan spesial Hipwee News & Feature ini!

Ladakh adalah salah satu tempat paling ekstrem di dunia. Iklimnya sangat kering sehingga hampir nggak ada hujan, tapi suhunya bisa sampai beku

Mungkin satu-satunya tempat dimana kamu bisa merasakan terik matahari sambil menggigil via www.climatechangenews.com

Wilayah padang pasir ini diapit dua rangkaian pegunungan tertinggi di dunia, Himalaya dan Kunlun. Letak geografis itulah yang menyebabkan iklim Ladakh sangat kering dengan curah hujan yang sangat rendah, tapi suhunya di musim dingin bisa sampai membeku. Satu-satunya pasokan air bersih warga adalah lelehan es dan salju dari pegunungan sekitar.

Masalahnya, pemanasan global membuat wilayah ini semakin kering. Terutama di bulan-bulan penting untuk masa bercocok tanam di musim semi, sepanjang April dan Mei. Masalahnya, es dari pegunungan baru mulai mencair di musim panas. Makanya warga Ladakh sekarang sering sampai tidak memiliki air untuk irigasi lahan dan merawat ternak. Inilah yang memicu Sonam Wanchuk berpikir keras supaya warga di lingkungannya tetap bisa punya pasokan air sepanjang tahun. Nah dari sinilah gunung es yang Wanchuk sebut ‘ice stupa‘ lahir. Diberi nama stupa es karena bentuknya mirip dengan stupa-stupa Buddha yang ada di Ladakh.

Ternyata ilmu di balik terciptanya pemandangan menakjubkan padang pasir Ladakh, cukup sederhana lho!

Dengan membekukan kembali lelehan es alami yang biasanya terbuang di musim kemarau, ilmuwan ini berhasil menyediakan pasokan air yang stabil buat warga Ladakh

Advertisement

Ice stupa ini bisa mengalirkan air bersih ke warga jika dibutuhkan via indianexpress.com

Setelah Wanchuk membekukan kembali lelehan es dan salju yang melimpah di musim panas, gunung es buatan ini kemudian bisa disalurkan kembali dalam bentuk air bersih ke perumahan warga melalui pipa. Es di dalam gundukan ini mencair perlahan secara teratur dan airnya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan penduduk dan mengairi kebun-kebun lho. Bahkan selama musim dingin ketika es dan salju di gunung masih membeku, gunung es Wanchuk bisa dilelehkan dengan teknologi untuk menyediakan pasokan air bersih untuk warga. Hebat ya!

Bukan hanya untuk mengatasi krisis air, stupa-stupa es yang mulai bermunculan di Ladakh ini juga menarik perhatian banyak wisatawan. Turisme juga meningkat tajam!

Banyak yang berdatangan ingin melihat keajaiban dunia yang sebenarnya buatan manusia via cloudfront.net

Sonam Wanchuk sudah mulai merintis proyek ice stupa ini sejak tahun 2014. Awalnya Wanchuk mendapatkan pendanaan untuk membangun satu stupa es melalui crowdfunding. Karena terbukti berhasil dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, Wanchuk kini sudah memiliki sumbangan dana untuk membuat 20 ice stupa lagi. Wanchuk bahkan telah berencana untuk membangun stupa es di Peru dan mungkin mengaplikasikan penemuannya ini di berbagai wilayah ekstrem lain di dunia.

Selain penuh manfaat bagi warga sekitar, bermunculannya gunung-gunung es di padang pasir ternyata menarik perhatian pelancong dari mana-mana. Pariwisata Landakh langsung meningkat tajam begitu kabar tentang gunung-gunung es ini tersebar. Dengan konsep ilmu yang sebenarnya cukup sederhana, Wanchuk bisa mengubah hidup banyak warga di Landakh menjadi jauh lebih baik. Wah ilmu itu emang harus diaplikasikan ya, biar bisa bermanfaat.

Gimana guys pendapatmu soal adanya penemuan ini? Yang jelas, gunung es buatan ini mencatatkan sejarah baru di peradaban manusia ya. kita doakan saja semoga penemuan-penemuan yang seperti akan makin banyak bermunculan dan bisa membantu hajat hidup orang banyak. Apalagi kalau yang bentuknya semacam stupa es begini, wah ‘kan jadi bisa untuk destinasi liburan juga! 😀

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya